MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 24 Menit 58 Detik 

Semangat Muda sebagai Data Engineer, Singgih Terus Update dan Upgrade Ilmu Data Science

Belajar Data Science di Rumah 18-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a0abbc08fdc57a902d254e8952136137_x_Thumbnail800.jpg

Berbicara ilmu pengetahuan memang tak pernah ada habisnya, terlebih seiring dengan segala perkembangan yang terus terjadi. Muhammad Singgih Prastio, namanya yang kini terdaftar sebagai data engineer di salah satu penyedia layanan jasa hukum, hukumonline.com, tak membuatnya puas akan pencapaian yang telah ia raih. Baginya, penting untuk terus menambah ilmu pengetahuan demi memenuhi kebutuhan.


“Walaupun saya sudah berprofesi sebagai data engineer saya tetap harus belajar karena dunia data sangat pesan dan saya harus selalu update dan upgrade ilmu untuk mengimbangi kebutuhan dunia data,” ungkapnya.


Guna memenuhi keinginannya, Singgih akhirnya bergabung ke dalam DQLab untuk mengeskplorasi kemampuannya di bidang data. Menurut Singgih, DQLab sangat membantunya untuk memperdalam pengetahuannya seputar data science. Tentu hal ini membantunya melakoni peran sebagai data engineer di tempat ia bekerja.


“Belajar di DQLab sangat terstruktur dan relate banget studi kasusnya dengan profesi saya sebagai data engineer,” kata Singgih.


Kali ini, Singgih ingin berbagi cerita dan pengalamannya belajar data science bersama DQLab.


1. Menjadi Peserta DTS, Salah Satu Strategi Singgih Dalami Kompetensi Data Engineer

Salah satu upaya yang dilakukan Singgih untuk bisa menambah ilmu pengetahuan data adalah dengan turut serta pada program pelatihan beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS) PROA yang diselenggarakan DQLab bersama Kominfo.

Menurut Singgih, keikutsertaannya kali ini sangat menyenangkan. Singgih merasa lebih mendalami profesinya sebagai data engineer setelah mengikuti program ini. Ia juga mengaku mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru yang belum pernah ia dapatkan sebelumnya.


“Saya banyak mendapatkan pembelajaran baru seperti teknik penulisan, coding dan alur untuk menyelesaikan study case secara terstruktur,” ujar Singgih.


Baca juga : 6 Bulan Lulus Kuliah, Raisa Berhasil Berkarir Menjadi Data Anaylst dengan Belajar SQL bersama DQLab


2. Kompetensi yang Perlu Disiapkan sebagai Data Engineer Versi Singgih

Singgih mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mempelajari data science. Pertama, penting untuk kamu pahami konsep struktur data dan pengetahuan dari struktur data tersebut. Kemudian, coba pelajari dan kuasai bahasa pemrograman R dan Python. Karena pada praktiknya, kamu akan sering bersinggungan dengan bahasa pemrograman. Yang terakhir adalah mengenal dan memahami betul tanggung jawab seorang data engineer. Hal ini akan membuatmu lebih maksimal dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

 

3. Tips Sukses Berkarir sebagai Data Engineer 

Tak mau merasakan sendiri, Singgih berbagi tips untuk bisa sukses berkarir sebagai data engineer. Menurutnya, kamu perlu menguasai peran dan tanggung jawab data engineer secara baik. Dengan begitu, kamu bisa memaknai dan dapat bekerja secara efektif dan efisien. Singgih juga mengatakan, alangkah baiknya untuk mencari kursus belajar guna memperdalam kompetensi data engineer. Dan jangan lupa untuk terus update dan upgrade skill datamu.

 

DQLab salah satu course yang tepat untuk kamu coba karena relate dan menggambarkan studi kasus nyata industri,” pungkasnya.

 

Baca juga : Belajar Data Science DQLab : Solusi Praktis Belajar #DiRumahAja

 

4. Bukan Cuma Singgih, Kamu juga Bisa Berkarir di Industri Data!

Pencapaian yang kini diraih Singgih membuktikan kesuksesan dapat diraih dengan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Baginya, semua orang dapat mempelajari data science secara mandiri, salah satunya dengan bergabung bersama DQLab. Di DQLab kamu akan mendapatkan materi pembelajaran dalam kemasan modul. Modul-modul ini bisa kamu akses secara gratis. Nantinya, akan ada fitur Live Code Editor yang akan mengarahkanmu dalam memahami modul. Yuk, saatnta belajar data science otodidak dan siap bersaing di era pandemi sebagai data engineer!

 

Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!