PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 34 Menit 36 Detik 

Seputar Algoritma Data Science di Search Engine Pemula Ingin Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 10-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/980c30c502505a58d5c285c5222ec2e7_x_Thumbnail800.jpg

Data Science salah satu bidang ilmu yang banyak diminati oleh berbagai kalangan saat ini. Pesatnya perkembangan teknologi memunculkan banyak bidang ilmu dan profesi baru yang berkaitan dengan data, salah satunya adalah Data Science. Sejumlah perusahaan maupun industri di Indonesia saat ini sudah banyak menggunakan tenaga kerja praktisi data, guna meningkatkan performa bisnisnya. Data Science dianggap penting oleh perusahaan, karena dengan mengacu pada data perusahaan dapat menentukan bagaimana kebutuhan pasar. 

Data science adalah topik diskusi yang sangat luas dan subyektif. Memahami definisi Data Science penting untuk dilakukan sebelum memulai belajar Data Science. Karena ketika kita sudah memahami dengan benar apa itu Data Science, maka akan lebih mudah untuk kita mempelajari hal lainnya. Di zaman serba internet ini, orang-orang sudah tidak kesulitan lagi harus bertanya kemana jika sedang kebingungan atau sekedar ingin tahu. Yap! Benar banget! Google lah jawabannya. Ternyata ini dia pertanyaan-pertanyaan seputar Data Science yang sering orang googling di internet, loh! 


1. Apa Itu Data Science?

Data Science merupakan gabungan ilmu statistik, kecerdasan buatan (AI) dan analisis data untuk mengekstrak nilai dari sebuah data. Mereka yang mempraktekkan ilmu ini biasa disebut sebagai Data Scientist. Data science mencakup penyiapan data untuk analisis, mulai dari pembersihan, penggabungan, hingga presentasi data melalui visualisasi. Tujuan utama dari proses ini adalah untuk mengubah data mentah yang tadinya tidak mempunyai makna menjadi informasi yang bermanfaat. 

Memang jika dilihat secara sekilas, sebuah data hanyalah sebuah kumpulan angka dan tulisan. Namun sebetulnya, ada banyak hal yang bisa kita manfaatkan. Beberapa contoh penerapan Data Science seperti ketika menganalisis data histori penjualan, perusahaan/bisnis dapat memprediksi mana produk yang laku pada musim-musim tertentu. Atau dalam industri manufaktur, perusahaan dapat melihat data produk gagal untuk meningkatkan kualitas produk kedepannya. Contoh lainnya dalam divisi Human Resource, implementasi Data Science yaitu meningkatkan kualitas kerja karyawan dari hasil evaluasi data feedback karyawan. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Profesi di Bidang Data Science

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa orang yang mempraktekkan ilmu Data Science itu disebut Data Scientist. Beberapa tahun belakang ini, profesi Data Scientist menjadi populer karena dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Seorang Data Scientist bertugas untuk memberikan informasi rekomendasi perencanaan atau sebagai alat pembuat keputusan untuk mengembangkan sistem di perusahaan. Siapapun kamu yang tertarik berkarir menjadi seorang Data Scientist, selain pastinya harus menguasai ilmu Data Science, kamu juga perlu menguasai Matematika, Statistika, Bahasa Pemrograman dan setidaknya memahami dunia bisnis.


3. Berapa Gaji Data Scientist?

Selain dua pertanyaan di atas, pertanyaan yang ketiga ini juga sering ditanyakan oleh orang-orang. Melihat pesatnya pertumbuhan e-commerce di seluruh dunia memberikan peluang profesi Data Scientist yang cukup menjanjikan. Dilansir dari Glassdoor, gaji Data Scientist di Indonesia diperkirakan berada di kisaran 7 hingga 25 juta rupiah dengan rata-rata upah 12 juta rupiah/bulan. Namun ada banyak faktor yang mempengaruhi besarnya gaji seorang Data Scientist, loh. Pertama pastinya adalah pengalaman kerja. Pengalaman menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi besar gaji, dimana umumnya pengalaman kerja seseorang dibedakan menjadi tiga level yaitu Entry Level, Mid-Level dan Senior Level.


4. Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Data Science

Jika kamu sedang mempersiapkan pendidikan di jenjang kuliah dan masih bingung mau kuliah di jurusan apa, jurusan berikut ini sangat direkomendasikan bagi kamu. Kenapa rekomendasi? Karena beberapa jurusan ini dapat menjadi motivasi dan bekal ilmu untuk kamu mempersiapkan diri berkarir di bidang Data Science.

  • Teknik Informatika

    Bidang ilmu yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika sangat erat kaitannya dengan Data Science dimana dalam ilmu ini dibutuhkan penggunaan teknologi komputer beserta pengolahan data memakai ilmu logika. Di jurusan ini, kamu akan terbiasa untuk mengoperasikan beberapa Bahasa Pemrograman dan mempelajari pengembangan software dimana ini menjadi pendukung dalam salah satu prospek kerja lulusan Teknik Informatika yaitu Data Scientist.

  • Statistika

    Berdasarkan definisinya, Data Science dan ilmu Statistik adalah dua hal yang saling berkesinambungan. Tidak heran jika jurusan ini fokus pada ilmu pengolahan data sebagai sesuatu yang besar dan perlu dianalisis agar menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Dalam jurusan Statistika, kita akan diajarkan bagaimana mengumpulkan, mengelola, menganalisis, menyajikan, hingga menarik kesimpulan data. 

  • Matematika

    Seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan Matematika umumnya lebih siap menghadapi industri data dan berpeluang besar untuk terjun ke dunia data. Berkuliah di jurusan ini akan membuat kamu memiliki kemampuan untuk menerapkan algoritma Statistika dalam konteks bisnis untuk melakukan pemodelan Data Exploratory, Predictive, dan Prescriptive guna menghasilkan rekomendasi dengan tingkat akurasi yang tinggi menjadi bekal penting dan sangat dicari perusahaan.

  • Ilmu Komputer

    Jangan salah kaprah, di jurusan ini kamu tidak belajar merakit laptop atau komputer. Melainkan kamu akan belajar mengenai pemrograman komputer seperti penyusunan algoritma, pengembangan software hingga pemecahan masalah. Maka jurusan Ilmu komputer ini sangat mendukung kinerjamu sebagai Data Scientist.

  • Sistem Informasi

    Jurusan ini merupakan integrasi antara ilmu komputer dengan manajemen dan bisnis. Secara umum, kamu harus menganalisis keperluan dan proses berjalannya bisnis suatu perusahaan berdasarkan data-data yang sudah dimiliki. Tentunya disini kamu juga akan belajar mengenai struktur data, algoritma, basis data dan dasar-dasar pemrograman. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Dapatkan Kesempatan Belajar Data Science Bersama DQLab

Data science merupakan ilmu yang mengkombinasikan pengetahuan teoritis dan praktis. Oleh karena itu, untuk menjadi Data Scientist andal tidak bisa hanya mengandalkan materi dari buku. Perlu banyak latihan untuk memperkaya pengalaman mengaplikasikan Data Science dalam berbagai case. Meskipun kamu tidak memiliki background pendidikan STEM, jangan khawatir. Karena, siapapun bisa berkesempatan untuk bisa menjadi seorang calon Data Scientist yang handal untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang dan buat akunmu di DQLab.id untuk mulai mengerjakan modul gratis "Introduction to Data Science" sekarang juga!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :