FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 54 Menit 15 Detik 

Serba-serbi Contoh Teknik Analisis Data di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 21-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/57dd453bedc10ad3349b1531629776dc_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini kegiatan penelitian bukanlah hal yang asing lagi dan bisa dilakukan oleh siapa saja sesuai dengan prosedur yang ada. Kegiatan penelitian tidak hanya dilakukan oleh profesor atau peneliti tingkat tinggi saja, bahkan bisa dilakukan mulai dari pelajar maupun mahasiswa. Terdapat satu hal yang menarik dalam kegiatan penelitian, yaitu teknik analisis data. Apa itu teknik analisis data dan apakah perannya sangat penting dalam kegiatan penelitian?


Jika berbicara mengenai hal-hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan penelitian, teknik analisis data lah salah satunya. Teknik analisis data merupakan metode atau teknik yang berisi suatu proses dalam kegiatan penelitian untuk menghasilkan informasi baru. Namun perlu diketahui juga bahwa pemilihan teknik analisis data yang tepat juga akan berpengaruh dalam hasil analisis. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui jenis data apa yang digunakan dengan teknik-teknik yang sesuai.


1. Pengertian Data

Data merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan penelitian yang berarti kumpulan fakta atau fenomena. Data terdiri dari bermacam-macam jenis. Menurut sifatnya, data terbagi menjadi dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Menurut waktu pengumpulannya, data terbagi menjadi dua jenis yaitu data cross section dan data berkala atau time series. Menurut skala pengukuran, data terbagi menjadi empat yaitu data interval, data rasio, data ordinal dan data nominal. Menurut sumbernya, data terbagi menjadi data primer dan data sekunder.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Jenis Teknik Analisis Data

Setelah mengetahui pengertian terkait data, khususnya terkait dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Terdapat dua jenis teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif digunakan untuk proses pengolahan data yang bersifat numerik atau berupa angka yang diterapkan menggunakan rumus-rumus statistik. Adapun teknik analisis data kualitatif digunakan untuk proses pengolahan data yang tidak melibatkan angka dan umumnya bersifat subjektif.


3. Contoh Teknik Analisis Data

Pada bagian sebelumnya telah diberi pengertian secara singkat mengenai dua jenis teknik analisis data. Selanjutnya kita akan mengenali beberapa contoh teknik analisis data yang dapat digunakan. Contoh teknik analisis data kualitatif antara lain seperti analisis domain, analisis taksonomi, analisis narasi, analisis wacana, analisis konten, analisis semiotika, analisis komponensial, analisis tema kultural, dan lainnya. Adapun contoh teknik analisis data kuantitatif secara kelompok besar terbagi menjadi analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Teknik Analisis Data


4. Cara Implementasi Teknik Analisis Data

beberapa hal seperti pengertian teknik analisis data, jenis dan contoh teknik analisis data telah kita ketahui. Selanjutnya, bagaimana cara mengimplementasi teknik analisis data dalam kegiatan penelitian? Terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan, yaitu:

  • pengumpulan data, dapat dilakukan dengan cara wawancara, observasi lapangan , studi literatur, FGD, dll.

  • pembersihan data, bertujuan untuk menghapus informasi yang tidak relevan, data duplikat, atau data yang berformat salah.

  • penganalisisan data, menyederhanakan data dan menemukan pola sehingga mudah ditafsirkan.

  • penafsiran dan penyajian hasil analisis.

Teknik Analisis Data

Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Mempelajari data bagi orang awam merupakan salah satu hal yang cukup menantang.  Banyak hal yang perlu kita ketahui terkait data dan pengaplikasiannya sesuai dengan kebutuhan. Namun jangan khawatir, di DQLab kalian bisa mempelajari data secara mendasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :