SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 39 Menit 58 Detik

Serba Serbi Fungsi Python pada String Split

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-01-1-2023-08-10-220854_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan bahasa pemrograman yang memiliki kemampuan untuk melakukan banyak sekali pekerjaan, salah satunya adalah memanipulasi suatu data. Pada saat pengolahan data berlangsung, akan sangat jarang sekali seorang praktisi data akan menemukan data yang sudah siap untuk lanjut ke proses selanjutnya. Hal ini dikarenakan data diambil dari database yang mengharuskan praktisi data menyaring variabel-variabel apa saja yang harus dimasukkan ke dalam data. 


Jenis data yang dapat diolah oleh python ini adalah data dengan jenis string atau data yang memiliki bentuk teks. Fungsi string split di dalam python sendiri adalah fungsi yang sering digunakan, yang dimana kita akan bisa membagi string yang panjang menjadi string yang lebih kecil lagi. Pada artikel kali ini kita akan membahas fungsi string yang cukup sering dipakai yaitu fungsi split(). Penasaran bagaimana penjelasannya? Yuk kita simak artikel di bawah ini!


1. Alasan Menggunakan Fungsi Split

Fungsi split ini dapat mengembalikan daftar kata setelah memisahkan string maupun baris dengan bantuan string pembatas seperti karakter koma (,). Ada alasan mengapa kita menggunakan fungsi split python ini. Alasannya seperti berikut ini:

  • Jika tidak ada pemisah dalam fungsi split, maka spasi putih akan dianggap sebagai pemisahnya.

  • Metode yang cukup berguna dalam situasi yang dimana kalian perlu memecah string besar menjadi string yang lebih kecil.

  • Split yang ada pada python ini juga memiliki kegunaan untuk decoding string dienkripsi dalam beberapa cara.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Separator

Setelah melihat beberapa alasan menggunakan fungsi split. Poin kali ini kita akan membahas parameternya. Pertama ada separator. Separator ini dapat menginstruksikan python untuk memutuskan string. Hal ini berfungsi sebagai pembatas dan juga string dipisahkan tergantung pada pemisahnya yang sudah ditentukan sebelumnya. Parameter juga opsional yang berarti jika pemisah dalam split tidak ditentukan maka fungsi tersebut akan menggunakan spasi putih untuk memisahkan defaultnya. Namun, ketika pemisah sudah ditentukan sebagai nilai string, maka untuk outputnya akan berupa string kosong saja. Kalian bisa melihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Python


3. Maxsplit

Parameter selanjutnya adalah maxsplit. Parameter ini digunakan untuk menentukan berapa kali string dapat diputus. Parameter maxsplit ini juga sama seperti separator yaitu bersifat opsional dan untuk nilai defaultnya adalah -1 yang menunjukkan bahwa tidak ada batasan dalam berapa kali string ini dipisah. Jika maxsplit ini tidak didefinisikan di dalam fungsi split, maka seluruh string akan dipindai dan python akan memisahkannya setiap kali pembatas sudah ditemukan.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Regex

Selanjut ada regex. Regex ini adalah singkatan dari regular expression. Regex merupakan alat yang cukup kuat untuk berbagai jenis manipulasi string. Regex ini berisikan DSL atau domain specific language yang hampir semua bahasa pemrograman memiliki fungsi ini. Fungsi ini bisa diakses dengan menggunakan modul re. Untuk kali ini fungsi regex digunakan untuk melakukan kegiatan split. Fungsi split ini akan mengembalikan semua daftar yang dimana string sudah dipisahkan di masing-masing match. Untuk lebih jelasnya lagi kali bisa melihat contoh coding dengan menggunakan regex.


Salah satu skill yang bisa kamu mulai perlajari adalah bahasa python. Karena python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 

Python

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login