FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 30 Menit 48 Detik 

Serba Serbi Jenjang Karir Data Analyst, Pemula Catat

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d3d791b8c6de9de4d255c52aeb12e9ea_x_Thumbnail800.jpeg

Dunia berjalan di atas teknologi, tetapi juga berjalan di atas data. Analisis data adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat dalam bisnis dan kehidupan. Kamu menggunakannya untuk membuktikan bahwa dengan jumlah nutrisi, olahraga, dan komitmen yang tepat, kamu dapat mencapai tujuan kesehatan kamu. Amazon menggunakannya untuk merekomendasikan produk yang benar-benar akan kamu gunakan. Google menggunakannya untuk membantu kamu tiba di kantor tepat waktu. Karena informasi pengguna ada di sekitar kita, ini adalah waktu yang ideal untuk menjadi Data Analyst.


Saat kami memperhatikan data, kami dapat membuat keputusan tepat yang menyelesaikan masalah dan meningkatkan pertumbuhan positif. Di bawah, kamu dapat mempelajari dengan tepat apa yang dilakukan oleh Analis Data, dan seperti apa lintasan kariernya sehingga kamu dapat memutuskan apakah itu tepat untuk kamu.


Jalur karir Analis Data biasanya dimulai dengan posisi Analis 1, dan kemudian berlanjut ke Analis II, Analis Senior, dan kemudian Ilmuwan Data atau bahkan Chief Technology Officer. Jadi, jika kamu mengejar karir dalam analisis data, kamu memiliki masa depan yang panjang dengan pertumbuhan pekerjaan yang stabil. Berikut ini adalah dua lintasan karir yang paling umum bagi para analis.


1. Karir Data Analyst

Data Analyst


Terdapat dua lintasan karir yang paling umum sebagai role data analyst. Yang pertama adalah Freelancer hingga Konsultan. Di era new normal kebanyakan orang mendambakan pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel, kemampuan bekerja dari rumah dan kemampuan untuk memilih proyek kamu sendiri, maka kamu akan berkembang sebagai seorang pekerja lepas. 


Setelah kamu membangun basis klien dan mendapatkan pengalaman beberapa tahun, perusahaan mungkin mulai mempekerjakan kamu sebagai konsultan. kamu akan bekerja dengan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dan membantu mereka meningkatkan operasi bisnis mereka dan menemukan efisiensi baru. Konsultan menikmati fleksibilitas kerja maksimum yang dipasangkan dengan gaji yang besar.


Yang kedua adalah Manajer ke CTO. 

Jika kamu lebih suka struktur dan stabilitas bekerja sebagai karyawan bergaji, maka kamu mungkin akan beralih dari analis level awal ke manajer. Jika kamu membuat kesan dengan atasan dan bekerja untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan kamu, pada akhirnya kamu bisa mendapatkan peran sebagai Chief Technology Officer. Dengan keterampilan analisis data yang tepat, kamu dapat membentuk karir yang ideal untuk kepribadian dan tujuan keuangan kamu. Semuanya dimulai dengan menjadi Analis Data.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Job Title Bidang Data Analytics

Data Analyst

Jika kamu mengejar jalur karir analis data, penting untuk mengetahui bahwa jabatan pekerjaan berbeda-beda di setiap industri. kamu dapat menganalisis tren penggembalaan hewan, kumpulan data asuransi kesehatan, atau mengukur tren mode global. Ada berbagai macam pekerjaan analitik data (termasuk di beberapa perusahaan paling keren di dunia). 


Berikut adalah jabatan pekerjaan paling umum yang akan memenuhi syarat untuk kamu setelah kamu menyelesaikan kursus bersama DQLab; Data analyst, business analyst, financial analyst, operation analyst, risk analyst, research analyst, data journalist, business intelligence analyst, dan marketing analyst. 


Beberapa job title ini seperti Analis Data, Analis Bisnis, dan Analis Operasi, cukup stkamur. Lainnya, seperti Analis Keuangan, Jurnalis Data, dan Analis Pemasaran, khusus untuk industri tertentu. Meskipun jabatan pekerjaan berbeda-beda, komponen inti dari peran tersebut tetap ada: menerjemahkan data menjadi wawasan bisnis yang berharga.


3. Tanggung Jawab Data Analyst

Data Analyst

Data analyst mengambil informasi mentah – angka atau kumpulan data kualitatif – untuk menceritakan narasi yang membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Tujuan utama kamu dalam karir analis data adalah mengambil data kompleks dalam volume besar, mengekstrak wawasan, dan membantu memecahkan masalah.


Keterampilan yang kamu perlukan untuk berkembang dalam karir analitik data adalah, tetapi tidak terbatas pada, SQL, Microsoft Excel, pemikiran kritis, dan pengetahuan pemrograman dasar. Sulit bagi perusahaan untuk mengelola penjualan, pemasaran, operasi, keuangan, dan lainnya sambil juga memiliki fokus yang kuat pada analisis dan pelaporan data. Analis data yang terampil akan membantu menunjukkan gambaran besar tentang cara melakukan peningkatan pada fungsi bisnis utama.


Either way, analisis kamu akan membantu memberikan wawasan tentang area perawatan apa yang harus lebih diperhatikan dan area mana yang bekerja dengan baik. Analis data di Major League Baseball Association (MLB) dapat berfokus pada menjalankan analisis pada konsumen dan keterlibatan penggemar. Dengan menggunakan data, kamu akan terus mengetahui performa merek MLB di seluruh saluran media seperti ESPN+ dan YouTube TV. kamu juga dapat meninjau kumpulan data dan memberikan analisis tentang kinerja merek dengan mitra lain seperti merek pakaian olahraga.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar 


4. Cara Mengembangkan Karir Data Analyst Kamu

Data Analyst

Setiap kali kamu mencari jalur karier baru, selalu merupakan ide bagus untuk mengambil langkah ekstra untuk memahami apa yang kamu hadapi. Berikut adalah beberapa tip saat mempertimbangkan karir di bidang analitik data.


Jangkau jaringan kamu atau cari kontak Linkedin kamu untuk mengetahui apakah kamu mengenal seorang analis data. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka menyukai pekerjaan mereka. Apakah mereka menikmati kehidupan sehari-hari sebagai analis data?


Lakukan pencarian Google untuk judul pekerjaan analis data paling umum yang tercantum di atas. Apakah deskripsi pekerjaan membuat kamu ingin melamar? Bisakah kamu melihat diri kamu melakukan tugas-tugas yang tercantum? Lihat iklan pekerjaan di berbagai industri dan catat mana yang kamu sukai. 


Bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab: 

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Jangan lupa untuk mampir ke fitur job connector DQLab juga untuk mengetahui peluang-peluang job data analyst impianmu


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :