FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 32 Menit 57 Detik 

Serba Serbi Karakteristik Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 26-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/610f8035e5c521af179c07c71fd463cd_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah salah satu teknik atau metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan memerlukan insting yang tajam dari peneliti.


Penelitian kualitatif biasanya mempelajari hubungan atau interaksi antara beberapa variabel penelitian dengan tujuan untuk memahami peristiwa yang sedang diteliti serta biasanya meneliti studi kasus dengan dasar teori tertentu.


Setiap penelitian memiliki karakteristik masing-masing baik itu penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. Karakteristik pada penelitian kualitatif antara lain instrumen yang digunakan adalah manusia, menggunakan Teknik analisis data secara induktif, penelitian lebih ke arah penyusunan teori substantif, data yang dikumpulkan berupa data deskriptif baik dalam bentuk kata-kata atau gambar, lebih mementingkan proses penelitian dibandingkan hasil penelitian, menghindari adanya batas dalam penelitian, menyusun desain yang secara terus menerus yang disesuaikan dengan kenyataan lapangan, dan masih banyak karakteristik penelitian kualitatif lainnya.


Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa masing-masing teknik memiliki metode analisis yang dapat digunakan. Dan masing-masing Teknik analisis data memiliki karakteristiknya sendiri. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan kupas tuntas seperti apa karakteristik dari teknik analisis data deskriptif kualitatif.


Yuk kita kulik bersama!


1. Karakteristik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

teknik analisis data

Tingginya tingkat objektivitas dan netralitas para peneliti adalah salah satu keunggulan utama analisis deskriptif. Alasan mengapa peneliti harus ekstra waspada adalah karena analisis deskriptif menunjukkan karakteristik yang berbeda dari data yang diekstraksi dan jika data tidak cocok dengan tren maka akan menyebabkan dumping utama data. 


Analisis deskriptif dianggap lebih luas daripada metode kuantitatif lainnya, lebih baik terutama untuk mengumpulkan informasi yang menggambarkan suatu relasi, selain itu juga kelebihan dari pengolahan data deskriptif dianggap lebih berguna untuk mengidentifikasi variabel dan hipotesis yang baru yang dapat dianalisis lebih lanjut melalui studi eksperimental dan inferensial sehingga memberi peneliti fleksibilitas untuk menggunakan data kuantitatif dan kualitatif untuk menemukan sifat-sifat populasi.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Berhubungan dengan Fenomena Sosial

teknik analisis data

Analisis deskriptif kualitatif sangat erat kaitannya dengan fenomena-fenomena sosial. Menariknya, fenomena sosial ini tidak akan bisa diukur hanya menggunakan angka, sehingga data yang dihasilkan akan berbentuk non angka. Semakin dalam data yang bisa digali, maka semakin bagus pula hasilnya.


Untuk metode analisis deskriptif kualitatif sendiri akan menghasilkan informasi yang bersifat empiris dan juga faktual. Dengan menggunakan metode ini, kita bisa menguraikan informasi kualitatif sekaligus menggambarkan hal yang sedang diteliti dengan jelas


3. Memanfaatkan Situasi Sosial Bukan Populasi

Pada penelitian yang menggunakan data kuantitatif, untuk menentukan data mana yang akan diambil, biasanya kita akan menentukan populasi mana yang sesuai dengan masalah yang ingin diangkat. Namun untuk data kualitatif, kita tidak akan memperhatikan populasinya melainkan lebih berfokus pada situasi sosial yang terjadi.


Pada dasarnya, situasi sosial ini terbagi lagi menjadi beberapa komponen dasar, seperti aktivitas, pelaku, serta tempat yang terkoneksi secara integral.


4. Bertujuan untuk Memvisualkan Kejadian yang Ada

teknik analisis data

source: lydiahooper.com


Metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk menceritakan serta memberikan gambaran visual keadaan yang sedang terjadi. Metode deskriptif kualitatif juga digunakan untuk mencerminkan situasi yang sebenarnya tanpa menambahkan atau merekayasa variabel data.


Pada penelitian ini, kita bisa menemukan hubungan dari suatu kejadian, pertentangan, kelakukan, hingga pandangan narasumber. Meskipun pada proses pengambilan datanya akan bersifat subjektif karena berdasarkan sudut pandang narasumber, namun penelitian kualitatif tetap menekankan pada kualitas, sifat, serta koneksi antar aktivitas.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data merupakan salah satu bagian penting dalam proses pengolahan data. Kemampuan mengolah data adalah kunci untuk menjadi praktisi data seperti Data Engineer, Data Scientist, atau Data Analyst.


Terdapat berbagai macam teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Beragam teknik analisis data tersebut dapat dipelajari secara mendalam di DQLab.


DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project.


Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati modul gratis DQLab. Jangan takut untuk mulai belajar, karena DQLab menyediakan forum diskusi DQLab untuk sharing proses pembelajaran atau kesulitan dalam penyelesaian modul. 


Yuk, tunggu apalagi, buruan daftar di DQLab!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :