SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 29 Menit 27 Detik

Serba-serbi Machine Learning yang Perlu Diketahui

Belajar Data Science di Rumah 18-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-07-2023-12-15-190951_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning merupakan suatu jenis kecanggihan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Kecanggihan teknologi saat ini telah memberikan berbagai dampak terhadap beberapa bidang. Machine learning merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan.


Untuk mengetahui lebih lanjut terkait apa itu machine learning, sejarah machine learning, tipe machine learning apa saja, contoh penerapan machine learning dan beberapa algoritma machine learning.


Machine learning merupakan suatu mesin pembelajar yang dilatih agar dapat bekerja sendiri tanpa arahan dari manusia. Machine learning ini lebih berfokus pada bidang keilmuan terkait algoritma komputer yang berguna untuk meningkatkan kinerja program komputer secara otomatis berdasarkan data.


Machine learning berperan penting dalam mengimbangi kecanggihan teknologi yang semakin berkembang. Machine learning ini pun memiliki potensi yang besar pula untuk meningkatkan perekonomian masa depan yang tentunya semakin canggih dan berkembang.


1. Sejarah Machine Learning

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan suatu bentuk kecanggihan teknologi yang perlu dipelajari sampai saat ini. Machine learning sebenarnya memiliki sejarah panjang. Machine learning sebenarnya sudah lama diimpikan oleh manusia sejak tahun 1952.


Sampai muncullah komputer dan terus dikembangakn untuk dapat mempelajari gerakan manusia. Seiring perkembangan teknologi sampai muncul teknologi kecerdasan buatan, sampai muncullah machine learning yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu. 

Machine Learning

 

Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Tipe Machine Learning

Machine learning merupakan suatu mesin yang dirancang agar dapat bekerja sendiri tanpa arahan dari manusia. Machine learning ini memiliki beberapa tipe yang dapat digunakan sesuai dengan keperluan yaitu 

  • supervised learning, tipe machine learning ini data dibagi menjadi dua yaitu data latih dan data uji, biasanya tipe ini digunakan untuk proses klasifikasi.

  • unsupervised learning,  unsupervised learning ini berbeda dengan tipe supervised learning, pada tipe ini data tidak dibagi menjadi dua melainkan unsupervised learning akan mengenali pola dan mengidentifikasinya.

  • semi supervised learning, adalah salah satu tipe machine learning yang melibatkan data dalam jumlah kecil maupun sangat besar

  • reinforcement learning, model dibuat untuk dapat belajar sendiri dari lingkungan (environment) melalui sebuah agent dengan mendapatkan imbalan positif maupun negatif


3. Algoritma Machine Learning

Seperti yang telah diketahui bahwa machine learning merupakan salah satu bagian penting dalam proses analisis data. Machine learning ini memiliki berbagai algoritma yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa macam algoritma yang sering digunakan oleh para praktisi data.


Beberapa diantaranya adalah algoritma Naive Bayes Classifier, Support Vector Machine, K-Means, K-NN, Decision Tree, Artificial Neural Network, Random Forest, Fuzzy C-Means, regresi linier,  dan masih banyak lainnya. 

Machine Learning


4. Contoh Penerapan Machine Learning

Penerapan machine learning sudah sering kita rasakan di berbagai keperluan. Secara sadar atau tidak bahkan kita sudah menggunakan aplikasi dari machine learning dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh penerapan machine learning antara lain seperti penggunaan media sosial, pengenalan wajah, virtual assistant, rekomendasi barang di marketplace, search engine. kategorisasi email, google translate, chatbot, google maps, mobile banking, dan lainnya.


Machine Learning


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Machine learning adalah suatu kecanggihan teknologi yang perlu dipelajari. Dengan menguasai machine learning ini bisa melakukan apa saja yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. Kamu bisa belajar dasar-dasar machine learning di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login