Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Serba- Serbi Sistem Operasi SQL untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 25-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-06-2024-03-25-203328_x_Thumbnail800.jpg

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh para praktisi data. Hal ini karena, SQL berguna bagi mereka untuk mengelola database menjadi lebih mudah dan akurat. Nah, untuk menjalankannya membutuhkan kemampuan untuk menyusun query dengan berdasarkan perintah-perintah yang sesuai dengan kebutuhan database tersebut.


Fungsi utama dari SQL ini adalah untuk mengelola koneksi, eksekusi query, pengelolaan transaksi, dan juga keamanan akan database sebuah organisasi. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sistem operasi SQL ini untuk mengelola sebuah database. Tunggu apalagi yuk kita simak artikelnya!


1. Apa Itu Sistem Operasi SQL?

SQL atau singkatan dari Structured Query Language adalah bahasa pemrograman khusus yang biasa digunakan untuk mengelola dan juga mengakses sebuah data ke dalam database relasional. SQL ini juga bisa digunakan untuk membuat, mengubah, dan juga menghapus struktur database.


Sistem operasi SQL sendiri adalah software yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola database relasional dan juga memfasilitasi interaksi antar pengguna, database, dan juga aplikasi yang menggunakan database itu sendiri. 


SQL

Credit by Wikimedia Commons


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Sifat Khusus SQL

SQL ini memiliki beberapa sifat khusus yaitu:

  • Memiliki sifat case sensitive dan tidak peka terhadap huruf besar maupun kecil, tetapi pada umumnya command SQL ini ditulis dengan menggunakan huruf besar

  • Suatu statement yang ada di dalam SQL ini bergantung kepada baris teks

  • Statement dalam SQL yang biasa digunakan akan mempengaruhi sebagian besar database

  • SQL juga memiliki hubungan dengan ilmu matematika seperti kalkulus dan juga aljabar

Ketika seorang user atau pengguna mengetikkan suatu perintah SQL untuk bisa dijalankan pada sistem RDBMS, SQL akan menentukan cara terbaik untuk melakukan suatu permintaan. 


3. Keuntungan Menggunakan SQL

Seperti yang kita ketahui SQL ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan praktisi data maupun programmer yang tentunya memiliki beberapa macam keuntungan bagi para penggunanya seperti memiliki kecepatan yang tinggi dalam memproses perintah, memiliki standar yang sudah terdefinisi dengan baik, bahasa yang cukup interaktif, bersifat multiple data view, dan masih banyak lagi keuntungan bagi para penggunanya dalam menggunakan sistem operasi SQL ini. 


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Macam-macam Sistem Operasi SQL

Sistem operasi SQL ini memiliki banyak sekali jenis dan macamnya, apa sajakah itu?

  • MySQL, MySQL adalah salah satu sistem operasi SQL yang cukup banyak penggunanya karena sistem operasi ini memiliki sifat yang open source dan masih banyak digunakan oleh industri.

  • PostgreSQL, PostgreSQL ini adalah sistem operasi SQL yang open source juga sama seperti MySQL, tetapi untuk sistem operasi ini memiliki fitur-fitur tingkat lanjut yang biasanya digunakan oleh praktisi data dan juga programmer profesional .

  • Oracle Database, Oracle Database adalah sistem operasi SQL yang sangat umum dan juga tidak kalah populernya dengan sistem operasi SQL lainnya. Oracle Database ini juga sangat kuat untuk mengelola database yang besar dan juga kompleks, jadi cocok untuk industri yang sudah cukup besar lingkupnya.

SQL

Credit by Nile Bits


Belajar konsep fundamental SQL menarik  DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login