TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 20 Menit 20 Detik

Serba Serbi SQL Group By Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 04-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f4d8daae4e7fcf92f59e2d1b4b8dcc96_x_Thumbnail800.jpeg

SQL atau bisa disebut dengan Structured Query Language adalah salah satu bahasa query yang sering digunakan untuk mengambil sebuah informasi dari sebuah database. SQL ini juga dapat digunakan untuk mengakses database, dapat mengubah databasenya dan juga memanipulasi database yang ada di dalamnya. Nah, SQL ini sudah mengikuti standar American National Standard Institute (ANSI) yang digunakan dalam sistem manajemen database nasional. Di dalam SQL juga terdapat beberapa statement, nah salah satu statement yang ingin kita bahas kali ini adalah SQL Group By. Jadi SQL Group By ini digunakan untuk mengelompokkan baris-baris yang memiliki nilai yang sama.


Dalam melakukan sebuah penelitian pastinya kita akan mendapati banyak sekali dataset yang isinya pasti tidak sedikit, bisa-bisa dataset yang kalian jumpai sampai ribuan bahkan lebih. Maka dari itu kita perlu mempelajari berbagai fungsi ataupun statement yang ada di dalam bahasa pemrograman untuk memudahkan kita dalam memproses analisis data. Nah pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas pengertian dari SQL dan juga statement di dalamnya.


1. Pengertian SQL

Sebelumnya sudah kita singgung apa itu SQL. Jadi SQL atau Standard Query Language adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam mengakses, mengubah, dan juga memanipulasi data di dalamnya dengan basis relasional. Sampai dengan saat ini sudah banyak server dalam sebuah database maupun software yang sudah mampu mengartikan bahasa yang ada di dalam SQL. Dalam SQL terdapat beberapa jenis bahasa yang pertama ada DDL atau Data Definition language, kedua ada DML atau Data Manipulation Language, Ketiga ada DCL atau Data Control Language. Banyak sekali profesi menggunakan bahasa ini contohnya seperti data engineer, data scientist, database administrator, dan lain sebagainya.


SQL




Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi SQL

Kita sudah mengetahui pengertian dari SQL itu. Sekarang kita akan membahas fungsi dari SQL, Jadi SQL ini dapat mengelola sebuah database memberikan fungsinya tersendiri. Misal seorang admin dapat mengakses database dan juga mengubahnya dengan leluasa. Kalian juga dapat menjalankan sebuah query maupun mengambil data yang dibutuhkan. Termasuk juga memperbaruinya ataupun menyisipkan data di dalam database. Fungsi lainnya adalah membuat sebuah prosedur baru yang akan tersimpan dalam database.


3. GROUP BY SINGLE COLUMN

Di dalam SQL ini terdapat statement yang diberi nama group by. Nah salah satu statement Group By yang sering dipakai adalah Group By Single Column. Group By Single Column ini artinya adalah kalian ingin menempatkan semua baris dengan nilai atau variabel yang sama hanya dalam kolom tertentu dalam satu grup. Untuk sintaksnya adalah seperti berikut ini:


SELECT column1, function_name(column2) 

FROM tabel_name

GROUP BY column1;


Untuk lebih jelasnya lagi kalian dapat melihat contoh berikut ini:

SQL

Jadi pada hasil output diatas, baris dengan kolom nama duplikat dikelompokkan dibawah nama yang sama dan untuk kolom salary adalah jumlah dari salary baris duplikat. Untuk fungsi SUM() disini digunakan untuk menghitung jumlahnya.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. GROUP BY Multiple Column

GROUP BY Multiple Column sendiri adalah fungsi yang bisa digunakan untuk mengelompokkan data dengan menggunakan kriteria dari dua kolom ataupun lebih, ini berarti kalian menempatkan semua baris dengan nilai yang sama dari column1 sampai seterusnya dalam satu group, untuk sintaksnya adalah seperti berikut ini:


SELECT column1, column2, … , column_n

FROM table

GROUP BY column1, column2, … , column_n


Untuk lebih jelasnya lagi kalian dapat melihat contoh dibawah ini:

SQL


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :