Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Serba-serbi SQL Injection Terupdate 2023

Belajar Data Science di Rumah 09-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-06-1-2023-08-09-235811_x_Thumbnail800.jpg

Structured Query language (SQL) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk memproses database. Penguasaan bahasa pemrograman ini termasuk salah satu hal yang perlu dikuasai oleh data analyst. Penggunaan bahasa pemrograman selain untuk mempermudah proses analisis data juga memiliki resiko gangguan atau kejahatan cyber yang tentunya merugikan pengguna. Dalam bahasa SQL, kejahatan cyber ini disebut dengan SQL injection. 


SQL injection adalah suatu bentuk kejahatan cyber yang dilakukan oleh para hacker untuk memanipulasi query SQL. SQL injection ini termasuk ke dalam salah satu teknik peretasan yang mana tujuan utamanya adalah mendapatkan data user. Dengan memiliki data user, hacker berpeluang untuk menyalahgunakan data tersebut. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal terkait SQL injection seperti cara kerja, dampak, cara pencegahan, dan tools yang digunakan untuk menangani SQL injection. Yuk, simak bersama-sama!


1. Cara Kerja SQL Injection

Jika kita pernah melihat kejahatan yang dilakukan secara langsung (offline) akan ada beberapa tahapan atau langkah yang dilakukan oleh pelaku. Hal serupa juga terjadi dalam kejahatan online seperti SQL injection. SQL injection memiliki cara kerja sebagai berikut: 1) hacker mengincar celah keamanan database terlebih dahulu pada aplikasi atau website yang diincar; 2) proses validasi atas SQL query yang digunakan; 3) hacker berhasil mengakses database tanpa proses verifikasi.

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Dampak SQL Injection

Seperti yang telah diketahui bahwa SQL injection ini termasuk ke dalam salah satu hal yang merugikan pengguna, baik itu pemilik website maupun orang-orang yang databasenya termasuk di dalam website tersebut. Beberapa dampak dari SQL injection adalah: 1) peretas dapat menggunakannya untuk mendapatkan akses tidak sah ke data sensitif; 2) peretas dapat menemukan kredensial pengguna lain dalam database; 3) peretas dapat mengubah, menghapus dan menambah data baru di dalam database.

SQL


3. Cara Mencegah SQL Injection

Beberapa kejahatan offline maupun online memiliki tipe serangan maupun cara kerja yang berbeda-beda. Dengan perbedaan tersebut, tentunya cara mengatasi maupun cara mencegahnya juga berbeda pula. SQL injection dapat dicegah dengan cara 1) mengatur input validation; 2) menggunakan parameterized queries, yaitu sarana untuk melakukan pra kompilasi statement SQL; 3) memisahkan database username dan password; 4) memasang filter untuk input metakarakter; dan 5) memasang WAF dan IPS.

SQL




4. Tools Penanganan SQL Injection

Seperti yang telah diketahui bahwa serangan SQL injection ini memiliki beberapa tahapan atau cara kerja yang merugikan pengguna. Untuk menangani SQL injection agar tidak merebah secara luas, terdapat beberapa tools yang dapat digunakan antara lain seperti 1) SQLMap, bisa digunakan untuk mendeteksi otomatis terhadap kerentanan SQL injection pada aplikasi web; 2) Havij, tools yang kuat populer dan kuat yang digunakan untuk melakukan serangan SQL injection; 3) SQL Ninja, tools yang digunakan dalam konteks SQL injection; 4) NoSQLMap, tools yang digunakan untuk mendeteksi dan mengeksploitasi kerentanan SQL injection pada basis data NoSQL.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL injection termasuk salah satu serangan yang kini populer digunakan oleh para hacker untuk mengambil database pengguna di suatu website atau aplikasi. Selain mengenali beberapa hal terkait SQL injection kita juga perlu mengerti tentang SQL walaupun secara singkat. Hal ini dapat dipelajari di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login