PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 43 Menit 14 Detik

Seru Banget! Mengenal SQL Group By untuk Analisis Teks

Belajar Data Science di Rumah 03-Juli-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-06-2024-07-05-210925_x_Thumbnail800.jpg

SQL, atau Structured Query Language, adalah bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan database. Jika kamu pernah mendengar tentang SQL, mungkin kamu berpikir bahwa itu hanya untuk para programmer atau ahli data. Tapi sebenarnya, SQL sangat berguna dan bisa dipelajari oleh siapa saja, termasuk pemula! Salah satu fitur keren dari SQL adalah "Group By".


Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana SQL Group By bisa digunakan untuk analisis teks, seperti menghitung frekuensi kata atau mengelompokkan data teks berdasarkan kategori tertentu. Siap? Yuk, kita mulai!


Pernah nggak sih kamu penasaran seberapa sering sebuah kata muncul dalam kumpulan teks? Atau mungkin kamu ingin mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu? SQL Group By adalah jawabannya! Fitur ini bisa bikin hidupmu lebih mudah dalam menganalisis data teks. Kita akan jelajahi cara kerja SQL Group By dengan contoh-contoh sederhana yang pastinya bikin kamu semakin tertarik belajar SQL. Jadi, simak terus ya!


1. Mengenal SQL Group By: Dasar-dasarnya

SQL Group By digunakan untuk mengelompokkan data dalam database berdasarkan satu atau lebih kolom. Misalnya, jika kamu punya daftar buku dan ingin tahu berapa banyak buku dari setiap genre, kamu bisa gunakan SQL Group By. Caranya cukup mudah, tinggal tambahkan klausa GROUP BY di query SQL kamu, dan voila! Data akan dikelompokkan sesuai dengan kolom yang kamu tentukan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menghitung Frekuensi Kata dengan SQL Group By

SQL

Bayangkan kamu punya data teks yang besar, seperti kumpulan ulasan produk atau komentar di media sosial. Kamu bisa gunakan SQL Group By untuk menghitung frekuensi munculnya kata-kata tertentu. Misalnya, ingin tahu kata "bagus" muncul berapa kali di ulasan produk? Dengan query yang tepat, SQL bisa menghitungnya untukmu!


3. Mengelompokkan Data Teks Berdasarkan Kategori

SQL

SQL Group By juga berguna untuk mengelompokkan data teks berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, kamu punya data ulasan yang mengandung kategori "positif", "negatif", dan "netral". Kamu bisa gunakan SQL Group By untuk melihat berapa banyak ulasan yang masuk ke masing-masing kategori.


4. Analisis Lebih Lanjut dengan HAVING

Setelah mengelompokkan data dengan SQL Group By, kamu mungkin ingin melakukan analisis lebih lanjut, seperti hanya menampilkan grup dengan frekuensi tertentu. Di sinilah klausa HAVING berguna. HAVING mirip dengan WHERE, tapi digunakan untuk filter setelah pengelompokan.


5. Visualisasi Data dengan SQL Group By

Hasil analisis SQL Group By bisa lebih menarik jika divisualisasikan. Kamu bisa gunakan alat seperti Google Data Studio atau Tableau untuk membuat grafik dari data yang sudah dikelompokkan. Dengan visualisasi, pola dalam data akan lebih mudah terlihat dan dipahami.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL GROUP BY adalah alat yang sangat kuat untuk menganalisis data dalam basis data relasional. Dengan memahami dan menguasai berbagai cara penggunaannya seperti pengelompokkan berdasarkan kolom tunggal atau multiple, penggunaan klausa HAVING untuk menyaring hasil grup, dan penerapan GROUP BY dalam subquery, kita dapat mengoptimalkan analisis data untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan akurat. Manfaatkan fitur ini untuk memahami tren, membuat laporan yang informatif, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang tersedia.


Yuk pahami berbagai cara menulis klausa dan kombinasi di SQL bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login