FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 20 Menit 44 Detik 

Siapkan Dirimu, Ini Pentingnya Data Science di 2023

Belajar Data Science di Rumah 21-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d3a973a4f28f07067428725bb86562bb_x_Thumbnail800.jpeg

Data adalah ‘tambang emas’ yang sangat berharga dan dimiliki oleh hampir semua perusahaan di berbagai bidang industri. Data akan membantu perusahaan untuk memahami dan meningkatkan kinerja mereka sehingga bisa menghemat waktu, tenaga, dan pengeluaran. Hal ini karena data bisa membantu perusahaan untuk menghalau pengambilan keputusan bisnis yang salah dan memakan banyak kerugian. Data mentah tidak ada artinya hingga diubah menjadi informasi yang berharga. Salah satu ilmu yang bisa digunakan untuk mengekstrak informasi berharga yang tersimpan di dalam data adalah data science. Data science bekerja menggunakan berbagai jenis data, mulai dari data terstruktur hingga tidak terstruktur. 


Data science adalah salah satu bidang baru yang paling populer dan memiliki peluang karir yang tinggi. Menurut report LinkedIn, data science mendominasi pekerjaan yang muncul dan mengalami peningkatan perekrutan sebesar 37% dalam tiga tahun terakhir. Data science berperan di hampir semua industri dan popularitasnya semakin meningkat seiring bertambahnya waktu. 


Meningkatnya demand data scientist menjadi bukti bahwa data science sangat penting di berbagai dunia industri. Stakeholders perusahaan di berbagai bidang mulai menyadari bahwa data adalah senjata ampuh untuk ‘menaklukan’ pasar. Apa saja yang bisa dilakukan oleh data science dan bagaimana peluang kerja di bidang data? Yuk kita simak bersama!


1. Data Science di Industri IT

Di era digital, pembuatan dan penerapan informasi di berbagai sektor ekonomi berkembang cukup pesat. Data science berperan dalam perkembangan tersebut dengan cara mengekstrak informasi dari data yang bervolume besar yang sangat sulit diolah karena sebagian besar tidak terstruktur. Teknologi informasi membuat hidup manusia lebih mudah dengan cara mengumpulkan dan memproses lebih banyak data secara cepat dan efisien untuk mendapatkan hasilnya dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Data Science


Baca juga : Implementasi Teknik Analisis Data Paling Dibutuhkan


2. Data Science di Bidang Bisnis

Ada berbagai alasan mengapa data science berperan penting dalam perkembangan bisnis. Data science membantu perusahaan untuk mengukur, melacak, dan merekam matriks performance untuk membantu stakeholders dalam mengambil keputusan. Selain itu, stakeholders dapat menganalisis trend untuk membuat keputusan penting mengenai konsumen, peningkatan kinerja perusahaan, dan peningkatan profitabilitas. Model data science dapat menggambarkan beberapa tindakan sehingga stakeholders bisa merancang rencana dengan lebih baik.


Data Science


3. Data Science di Bidang Transportasi

Pada bidang transportasi, data science dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya adalah Driverless Cars. Dengan bantuan Mobil Tanpa Pengemudi, jumlah Kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa dapat diminimalisir. Pada Mobil Tanpa Pengemudi, data training dimasukkan ke dalam algoritma data science dan menghasilkan beberapa output, misalnya berapa batas kecepatan di jalan raya, waktu saat jalanan padat, mendeteksi gang atau jalan sempit, dan sebagainya.


Data Science


4. Peluang Karir di Bidang Data

Di era digital, tak sedikit perusahaan yang memiliki kumpulan data yang sangat besar akibat dari dokumentasi setiap aspek interaksi dengan pelanggan namun belum dimanfaatkan secara optimal. Peran data science sangat penting untuk menganalisis dan membuat model machine learning berdasarkan data-data ini. Oleh karena itu, dalam beberapa waktu kedepan data science diprediksi akan terus berkembang dan dibutuhkan di semua sektor. 


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Besarnya perkembangan data science sebanding dengan tingginya peluang karir di bidang data. Oleh karena itu, kebutuhan data science diprediksi akan meningkat tajam pada beberapa tahun kedepan. 


Tertarik untuk berkarir di dunia data? Yuk belajar dengan modul dari DQLab. Platform belajar DQLab memiliki berbagai program sesuai kebutuhan kita dan dilengkapi dengan live code editor untuk menulis script code berbagai bahasa pemrograman secara langsung. Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODULE ‘Introduction to Data Science’ with R dan Python dan mulai berkenalan dengan live code editor dari DQLab.

Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :