PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 11 Menit 50 Detik 

Simak 4 Hal yang Membuat Data Science Penting di Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8579f201e68942c54caa3618e704cb85_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan ilmu baru yang disebut-sebut sebagai solusi dari berbagai permasalahan yang dihasilkan dari perkembangan teknologi digital. Perkembangan teknologi digital membuat hampir semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari menghasilkan data.


Tentu jika diakumulasikan untuk semua orang, jumlah data yang ada akan sangat banyak, sudah bukan berukuran gigabyte lagi, namun sudah mencapai zetta byte, dimana zettabyte ini sama dengan satu miliar terabyte.


Lahirnya Internet of Thing (IoT) mengubah banyak aspek dalam kehidupan manusia. Tidak hanya di kota-kota besar, bahkan di pedesaan juga mulai merasakan dampak dari adanya IoT ini. Hal ini juga menjadi pendukung lahirnya data yang berukuran besar dan beragam atau yang dikenal dengan big data.


Data-data yang ada ini, tidak bisa lagi diolah dengan cara yang sama, melainkan membutuhkan Data Science. Dalam artikel ini akan dijelaskan hal-hal yang membuat Data Science menjadi sangat penting di tahun ini. Apa saja si? Yuk, simak pembahasannya!


1. Dibutuhkan Hampir di Semua Tempat

data science

Kebutuhan akan ilmu Data Science ini tidak hanya dirasakan oleh perusahaan rintisan (start up) karena bergelut dengan teknologi, namun juga oleh perusahaan-perusahaan besar, mengingat hampir semua perusahaan mulai menggunakan teknologi digital juga.


Perusahaan-perusahaan ini mulai menyadari betapa pentingnya data untuk dijadikan landasan dalam pembuatan keputusan yang bisa meningkatkan performanya. Namun sayangnya big data yang dihasilkan dari penggunaan teknologi digital, harus diolah dengan menggunakan Data Science. Sehingga ketika kita memutuskan untuk beralih ke teknologi digital, sudah pasti ilmu Data Science akan banyak digunakan.


Baca juga: Bidang Pemerintahan Juga Butuh Skill Data Science, Untuk Apa Ya?


2. Mengatasi Big Data

data science

Ketika kita berbicara tentang big data, itu tidak hanya tentang data yang berukuran besar saja. Setidaknya ada 5 karakteristik big data, yaitu data tersebut memiliki ukuran yang sangat besar (Volume), memiliki lebih dari satu ragam (Variety), memiliki kecepatan (Velocity), teruji validitasnya (Veracity), dan data yang ada memiliki makna atau mengandung informasi (Value).


Data dengan karakteristik tersebut akan sangat sulit untuk diolah jika bukan dengan Data Science, sekalipun bisa pasti akan memakan waktu yang lama sehingga pekerjaan yang ada tidak lagi efektif.


3. Peluang Kerja yang Terbuka Lebar

data science

Di saat gelombang PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) mulai rame dilakukan oleh start up, kita harus mulai memutar otak untuk mencari skill yang akan dibutuhkan dan setidaknya aman dari PHK sampai 5 tahun ke depan. Ilmu Data Science merupakan salah satu ilmu baru yang pertama kali booming di beberapa tahun terakhir ini.


Hingga saat ini, kebutuhan akan orang yang menguasai ilmu Data Science semakin meningkat, mengingat untuk proses pengolahan big data pasti akan melibatkan praktisi data seperti Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, serta praktisi data dengan nama lain. Banyak startup yang meskipun melakukan PHK namun tetap melakukan recruitment untuk posisi praktisi data.


4. Menentukan Arah Kebijakan Selanjutnya

data science

Dalam proses pembuatan keputusan atau penentuan kebijakan yang akan diambil, para stakeholder pasti akan membutuhkan hasil analisis yang dilakukan para praktisi data dengan menggunakan Data Science sebagai dasar pengambilan keputusan.


Analisis data sangatlah penting dan dibutuhkan dalam perusahaan. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan prediksi yang akan terjadi di masa depan dengan tepat. Hasil prediksi tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan para stakeholder.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

 

Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab.


Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :