PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 56 Menit 44 Detik

Simak Berbagai Job Description Data Engineer 2023

Belajar Data Science di Rumah 24-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e93ce32fcd9f8d1239901d87c0695793_x_Thumbnail800.jpeg

Perkembangan data pada masa kini semakin hari semakin pesat. Hal ini salah satunya adalah dampak dari kemajuan internet. Profesi yang berkaitan dengan data pun semakin banyak diminati dan dicari oleh banyak orang, salah satunya adalah profesi data engineer. Namun perlu diketahui pula untuk menjadi seorang data engineer profesional kita juga perlu mengetahui beberapa job description data engineer agar bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.


Data engineer merupakan suatu profesi yang memiliki peranan penting dalam dunia data. Profesi ini berkaitan penting dengan profesi data lainnya seperti data analyst dan data scientist. Seorang data engineer umumnya bertanggung jawab terhadap database perusahaan untuk mengelola dan mempersiapkan data agar bisa dianalisis. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa job description data engineer. Yuk, simak bersama-sama!


1. Mengembangkan Data Warehouse

Data warehouse adalah suatu tempat penyimpanan data yang digunakan untuk mengarsipkan data perusahaan. Data warehouse ini berperan penting dan perlu dikelola dan dikembangkan dengan baik. Data warehouse memiliki berbagai fungsi seperti mempermudah dalam mengambil keputusan, memberikan akses data yang cepat, memberikan data yang konsisten, membantu mengoptimalkan return on investment,  dan memberikan insight seputar historical data.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Melakukan Eksperimen

Tugas lainnya dari seorang data engineer adalah melakukan eksperimen atau penelitian. Data yang terdapat dalam perusahaan biasanya terdiri dari berbagai macam dan jenis. Ada yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Adakalanya data tersebut perlu digunakan sebagai materi untuk melakukan eksperimen maupun penelitian yang berguna untuk mendukung perkembangan bisnis. Dengan demikian perusahaan juga bisa mengevaluasi dan membuat inovasi baru.  


Data Engineer


3. Mengumpulkan dan Mengolah Data

Data engineer pada umumnya bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mengolah data. Data yang tersedia dalam perusahaan biasanya belum dapat disimpulkan atau kurang bisa dimengerti oleh banyak orang. Oleh karena itu perlu dilakukannya proses pengolahan data agar menghasilkan suatu informasi yang dapat dikembangkan menjadi bahan pertimbangan untuk membuat keputusan. Hasil pengolahan data tersebut juga dapat dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Data Engineer


4. Menyiapkan Tools

Seperti yang telah diketahui bahwa seorang praktisi data bertanggung jawab terhadap sesuatu hal yang berkaitan dengan big data. Dalam mengolah big data, diperlukan bantuan tools yang bisa mempermudah proses pengolahan data. Saat ini sudah banyak tersedia tools data engineer yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap tools tentunya memiliki karakteristik, fungsi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, tools yang sekiranya akan digunakan perlu dipersiapkan dengan benar.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Data engineer memiliki peranan penting dalam dunia data. Beberapa skill pun harus dikuasai dan calon data engineer perlu mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya. Kalian dapat mulai mengasah skill data engineer di DQLab kamu bisa mempelajari beberapa tools data science yang biasa digunakan para praktisi data. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login