DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 7 Menit 12 Detik 

Simak Cara Implementasi Teknik Analisis Data Secara Umum

Belajar Data Science di Rumah 21-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/60e5dd5b33c6d885d6d134a6b45bee54_x_Thumbnail800.jpg

Kegiatan penelitian saat ini bukanlah hal asing bagi sebagian besar orang. Baik itu penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. Pada proses penelitian, terdapat satu step yang penting yaitu proses analisis data. Dalam menganalisis data ini memerlukan teknik yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian. Namun, masih banyak pula orang yang bingung bagaimana cara implementasi teknik analisis data. Apakah selalu sama dalam setiap penelitian? Yuk, simak langkah-langkahnya pada artikel berikut ini!


Sebelum mengenali lebih lanjut terkait langkah cara implementasi teknik analisis data, sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertian dari teknik analisis data serta jenis-jenis yang sering digunakan. Teknik analisis data merupakan suatu cara atau metode yang digunakan untuk menganalisis data penelitian agar menghasilkan informasi atau suatu kesimpulan. Secara umum, teknik analisis data ini terbagi menjadi teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.


1. Pengumpulan Data

Pada saat melakukan penelitian, tentu saja kita memerlukan data penelitian yang harus dikumpulkan terlebih dahulu. Pengumpulan data ini tentunya dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Proses pengumpulan data ini juga merupakan bagian yang penting. Kita perlu memastikan bahwa data yang kita kumpulkan itu memang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan yaitu observasi atau pengamatan, kuesioner atau angket, interview atau wawancara, dan studi literatur atau dokumen.


teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Reduksi Data

Langkah selanjutnya setelah proses pengumpulan data adalah reduksi data. Reduksi data merupakan suatu proses menyeleksi, memilih, menyederhanakan, dan memusatkan data. Dari semua data yang telah dikumpulkan, tidak semuanya akan dipilih untuk dianalisis. Akan tetapi data tersebut perlu difokuskan atau dipusatkan dan dipilih yang benar-benar digunakan dalam proses analisis data. Menurut Agusta (2003), reduksi data meliputi empat hal, yaitu: meringkas data, mengkode, menelusuri tema, dan membuat gugus-gugus.

teknik analisis data


3. Penyajian Data

Penyajian data merupakan suatu upaya untuk menampilkan data dalam bentuk visual. Adakalanya, data yang kita peroleh itu masih dalam berupa susunan kalimat yang panjang atau dalam artian tidak mudah untuk dipahami. Nah, untuk memudahkan dalam membaca data, perlu dilakukan proses penyajian data. Penyajian data ini dapat disajikan dalam bentuk tabel (tabel baris dan kolom, tabel kontingensi, tabel distribusi frekuensi); bentuk diagram (diagram lingkaran, diagram batang); atau dalam bentuk grafik.

teknik analisis data


4. Penarikan Kesimpulan

Setelah tiga langkah di atas telah dilaksanakan, selanjutnya adalah proses penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan ini merupakan bagian penting dalam proses penelitian. Proses ini bertujuan untuk mencari makan dari data yang telah selesai dianalisis. terdapat beberapa cara untuk menarik kesimpulan, yaitu: 1) mengemukakan ulang topik penelitian, 2) meringkas poin-poin penting, 3) memaparkan implikasi dan saran untuk penelitian selanjutnya.

teknik analisis data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data adalah suatu langkah penting dalam proses analisis data yang tidak boleh terlewatkan, terdapat beberapa teknik analisis data yang dapat digunakan. Untuk mengetahui beberapa teknik tersebut serta mempelajarinya dari awal, kita dapat mulai belajar di DQLab.


DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!