JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 55 Menit 0 Detik

Simak Cara Mudah Penggunaan Bahasa Python

Belajar Data Science di Rumah 22-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-01-2024-01-22-213941_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, tahukah kalian bahwa saat ini kita sedang berada di zaman yang mayoritas bisa dilakukan dengan cara digital. Era digitalisasi ini membuat kita agar bisa belajar dan menguasai beberapa skill yang bisa digunakan untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Salah satu hal yang perlu dikuasai adalah bahasa pemrograman. Salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan adalah bahasa python. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa panduan pemrograman python.


Bahasa python adalah suatu bahasa pemrograman yang kini banyak digunakan oleh perusahaan dan untuk berbagai keperluan. Bahasa python ini memiliki beberapa karakteristik, kelebihan dan kekurangan. Dengan berbagai karakteristik itu menjadikan python menjadi bahasa pemrograman yang unik. Bahasa python ini merupakan bahasa yang mudah dipelajari, bersifat open source, dan masih banyak lainnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel berikut ini!


1. Sejarah Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang didirikan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990-an yang berada di Belanda. Pada tahun 1995 , Guido menulis beberapa versi dari Python. Pada tahun 2000, Guido menciptakan tim BeOpen PythonLabs. Pada tahun 20221 dibentuk organisasi yang bernama Python Software Foundation (PSF). Lalu pada tahun 2019, Python baru saja merilis versi Python 3.7.4. Python bersifat open source sehingga banyak yang menggunakan bahasa python. 

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kelebihan Python

Bahasa python memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai karakteristiknya. Adapun beberapa kelebihan python adalah kode atau sintaks di dalamnya mudah dibaca, bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh siapapun, memiliki banyak library , pengembangan program python dapat dilakukan dengan cepat, dan telah digunakan oleh banyak perusahaan. Dengan berbagai kelebihan tersebut itulah yang menjadikan alasan mengapa python banyak dibutuhkan dan digunakan oleh perusahaan.


3. Cara Menggunakan Python

Sebagai pemula yang baru belajar python, tentunya akan mencari tahu bagaimana cara mendownload dan menginstall python. Python dapat didownload disini dan disana akan tersedia berbagai versi. Kalian bisa mendownload python sesuai dengan versi yang diinginkan atau memilih versi terupdate. Cara menginstallnya pun mudah,setelah proses download selesai maka klik “INSTALL NOW” dan akhiri prosesnya sampai klik Close. Dengan begitu python yang kamu miliki bisa langsung digunakan.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Contoh Penerapan Python

Seperti yang telah diketahui saat ini telah banyak penggunaan bahasa python yang bisa dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa contoh penerapan python ini tentu bisa membantu kita dalam memudahkan kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh penerapan python itu adalah penggunaan sosial media, rekomendasi produk di marketplace, pengembangan digital marketing, pembuatan aplikasi, dan masih banyak lainnya.

Python


Bahasa python adalah bahasa pemrograman yang sedang naik daun dan banyak dibutuhkan di perkembangan teknologi masa kini. Oleh karena itu kita perlu mempelajari dasar-dasar python di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login