3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 9 Menit 55 Detik

Simak Contoh Penggunaan SQL Group By

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-06-2023-12-09-101937_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini telah banyak profesi yang membutuhkan berbagai bahasa pemrograman, seperti bahasa SQL, bahasa python, dan lainnya .Bahasa SQL termasuk bahasa query yang sangat diperlukan oleh profesi masa kini, salah satunya adalah praktisi data. Dalam bahasa SQL memiliki berbagai fungsi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti SQL join, SQL group by, dan masih banyak fungsi lainnya.


Perkembangan teknologi masa kini memberikan banyak dampak ke berbagai bidang. Seiring perkembangan teknologi tersebut kita perlu mengimbangi dengan berbagai kompetensi yang sesuai. Sebagai contoh dalam proses penelitian kita perlu menggunakan bahasa pemrograman yang bisa membantu dalam proses analisis data.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali salah satu bahasa pemrograman khususnya bahasa query yaitu SQL beserta salah satu statement yang sering digunakan.


1. Pengertian SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa query yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. SQL memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai unsur penting dalam pembuatan aplikasi, memudahkan dalam pengaksesan data, dapat memanipulasi data, membuat persiapan pengolahan data lebih baik, dan lainnya.


Bahasa SQL ini biasa digunakan untuk pengolahan sistem basis data relasional. Banyak profesi yang menggunakan bahasa SQL, antara lain seperti data scientist, business and data analyst, database administrator, SEO analyst, software engineer, dan masih banyak lainnya. 

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Fungsi Group By

Group by SQL merupakan salah satu fungsi SQL yang digunakan untuk mengelompokkan data dilihat dari yang bernilai sama ke dalam satu grup.


Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu 1) group by digunakan dengan select, yang artinya kolom yang digunakan di GROUP BY statement juga perlu ditempatkan di SELECT; 2) GROUP BY ditempatkan setelah WHERE, jika tidak menggunakan WHERE maka langsung ditempatkan setelah FROM; 3) jika menggunakan ORDER BY maka GROUP BY ditempatkan sebelum ORDER BY. Berikut ini syntax penggunaan GROUP BY

SQL


3. Group By Single Column

Group by single column berfungsi untuk memastikan data dapat dikelompokkan menggunakan kriteria dari satu kolom saja, misalnya mengelompokkan data berdasarkan provinsi saja.


Sebagai contoh kita akan mencoba menghitung jumlah baris dalam kolom order_id dengan menghilangkan duplikatnya dengan DISTINCT sebagai total_order, kemudian menghitung jumlah total dari kolom item_price sebagai total_price dari tabel sales_retail_2019. Perhatikan gambar berikut ini

SQL


4. Group By Multiple Column

Group by multiple column merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk mengelompokkan data menggunakan kriteria dari dua kolom atau lebih, misalnya mengelompokkan data berdasarkan province dan brand. Hampir sama seperti contoh sebelumnya, hanya saja output yang dihasilkan pada kolom province tiap kota yang ditampilkan lebih dari satu baris.


Hal ini dikarenakan data tersebut tidak hanya dikelompokkan berdasarkan province saja, melainkan berdasarkan brand juga. Perhatikan gambar berikut ini.

SQL




Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Bahasa SQL merupakan suatu bahasa pemrograman yang perlu banyak dipelajari oleh calon praktisi data. Kamu bisa belajar dasar-dasar SQL di DQLab


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :