PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 42 Menit 8 Detik

Simak Contoh Singkat Penggunaan String Split Python

Belajar Data Science di Rumah 12-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b82000dc1d059b6148fb28b54a801bc8_x_Thumbnail800.jpeg

Jika mendengar istilah python saat ini bukanlah sesuatu yang asing. Namun bagi seseorang yang baru beberapa kali mendengarnya mungkin masih bingung apa fungsi python dan kelebihannya dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Python secara umum sama dengan bahasa pemrograman lainnya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam bahasa python pun terdapat berbagai operasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah operasi string split python.


Seperti namanya, operasi string split python digunakan untuk tipe data string. Operasi ini khususnya berfungsi untuk memecah atau memecah string dengan menggunakan pemisah yang telah ditentukan pemisah. Operasi split python ini termasuk ke dalam string manipulation, yaitu teknik yang digunakan dalam memanipulasi data yang disimpan dalam tipe data str. Fitur string split python ini tentunya akan sangat membantu pengguna sehingga tidak perlu membuat list baru secara manual.


1. String Split Python

Pada saat melakukan penelitian dengan tipe data string, adakalanya peneliti ingin memisahkan string. Dalam bahasa python terdapat fitur yang dapat digunakan untuk hal tersebut. Fitur split() merupakan salah satu cara atau metode yang digunakan untuk memisahkan string dalam bahasa python. Pada penggunaannya, biasanya fungsi split ini dipisahkan menggunakan karakter tertentu atau biasa disebut juga dengan separator. Bentuk umum dari penggunaan fungsi split antara lain

Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Parameter Split Python

Pada saat membuat program python dengan menggunakan fungsi split, terdapat tiga parameter yang dapat digunakan agar proses eksekusi program lebih optimal, yaitu:

  • separator, merupakan parameter yang berfungsi sebagai pemisah yang mana separator ini telah ditentukan sebelumnya. Jika pemisah tidak ditentukan dalam fungsi split, maka otomatis spasi putih yang akan digunakan sebagai pemisah

  • maxsplit, merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan berapa kali string dapat diputus

  • return, parameter ini berguna untuk mengembalikan daftar string setelah fungsi split memecah string dengan pemisah yang ditentukan


3. Macam-macam Operasi String

String split python memiliki berbagai macam operasi yang dapat dipilih untuk digunakan. Beberapa diantaranya adalah

  • operasi string dalam bahasa pemrograman python

  • operasi string split dengan menggunakan delimiter

  • operasi string split dengan karakter, fungsi ini dapat mengidentifikasi karakter yang diaplikasikan di bagian code

  • operasi string split dengan list. tujuannya untuk membagi string dalam bentuk list atau daftar

  • operasi string split dengan operator max split.


4. Contoh Penggunaan Split Python

Setelah mengenali bentuk umum split python, mengenali beberapa parameternya serta manfaatnya, alangkah lebih baiknya kita mengenali contoh penerapan split python. Pada contoh ini kita akan menggunakan frasa menggunakan beberapa nama dan akan dipisah dengan menggunakan separator “dan”. Perhatikan contoh dibawah ini.

Python

Adapun outputnya adalah sebagai berikut

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa pemrograman python dikenal memiliki banyak fitur, operasi maupun library. Fitur-fitur yang tersedia dalam python tentunya bertujuan untuk memudahkan pengguna agar program dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efektif.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login