FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 25 Menit 39 Detik 

Simak Data Science Roadmap untuk Para Pemula

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5fa341939ea56f912ce9437f5d518dc1_x_Thumbnail800.jpg

Jika kita sering mencari informasi terkait lowongan pekerjaan, umumnya profesi data scientist muncul dalam pencarian. Profesi data scientist ini memerlukan pengetahuan terkait data science. Data science ini menjadi ilmu yang dibutuhkan di masa kini, termasuk berbagai perusahaan besar. Seiring dengan kebutuhan yang meningkat, banyak orang yang mencari tahu data science roadmap pemula. Hal ini dikarenakan peminat data science tidak hanya di kalangan orang yang memiliki latar belakang pendidikan IT saja, akan tetapi banyak pula peminat dari kalangan non-IT.


Data science ini merupakan ilmu yang penting, terutama dalam era big data ini. Data yang terkumpul sangat banyak dalam waktu yang singkat ini perlu dilakukan proses analisis data agar menghasilkan informasi yang relevan. Nah, untuk menganalisis data agar menjadi informasi yang baik inilah memerlukan data science. Hasil dari analisis data tersebut dapat dijadikan menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan, atau bisa juga digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan.


1. Memahami Ilmu Dasar

Ketika ingin menguasai suatu bidang ilmu, tentunya kita perlu mengetahui ilmu dasar apa saja yang harus kita pelajari. Dalam data science, tidak hanya belajar atau membahas mengenai data, akan tetapi membahas ilmu dasar lainnya seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman, pengetahuan bisnis, dan masih banyak lainnya. Dengan memahami ilmu dasarnya, maka akan memudahkan proses belajar data science seperti menganalisis data untuk memecahkan suatu permasalahan.

data science


Baca juga: Kenali Empat Algoritma Data Science yang Populer


2. Mengikuti Kursus

Bagi para pemula, pada saat mulai belajar data science kemungkinan sebagian besar akan sedikit kebingungan, harus melakukan langkah-langkah seperti apa. Nah, salah satu solusinya adalah mengikuti kursus atau pelatihan baik secara online maupun offline. Dengan mengikuti kursus biasanya peserta diberi modul atau materi sebagai bahan belajar.


Selain itu akan diajarkan melalui sesi praktek analisis data mulai dari data kecil lalu bertahap sampai data yang besar. selain itu dengan mengikuti kursus peserta juga akan dibimbing oleh mentor serta memiliki komunitas yang banyak sesama peserta maupun alumni yang dapat digunakan sebagai bahan diskusi.

data science


3. Memahami Bahasa Pemrograman Fundamental

Bahasa pemrograman adalah salah satu kemampuan yang tentunya harus dimiliki oleh calon data scientist. Bahasa pemrograman yang digunakan pun sangat beragam, salah satunya yang populer adalah bahasa Python. Bagi pemula yang belum mengerti sama sekali terkait bahasa pemrograman mungkin akan sedikit kebingungan. Oleh karena itu kita bisa mencoba mulai belajar di DQLab melalui career track. Di DQLabini akan desiakan berbagai modul berisi materi serta dapat langsung dipraktekkan secara live code.


data science


4. Memahami Sistem Database

Seperti yang telah diketahui bahwa data science terdiri dari gabungan berbagai ilmu, yang mana salah satunya adalah bahasa pemrograman. Selain bahasa pemrograman seperti python, terdapat pula bahasa pemrograman yang berguna untuk mengakses database, terutama sistem database relasional yaitu SQL (Structured Query Language). Dalam modul DQLab, peserta dapat mempelajari SQL mulai dari dasar serta mengenali dan mempraktekkan fungsi-fungsi yang memang sudah sering digunakan oleh praktisi data dalam mengakses database.


data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Perjalanan menjadi seorang data scientist yang profesional dapat dimulai oleh siapapun. Salah satu tips dan triknya adalah mengikuti pelatihan atau kursus data science agar lebih memudahkan dalam proses belajar terutama untuk para pemula.


Salah satu tempat untuk belajar data science secara online adalah DQLab. DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :