FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 41 Menit 10 Detik 

Simak Gampang Bikin Portofolio Data Science Menarik

Belajar Data Science di Rumah 24-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/17b853019656d476c1baf00c96935203_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era digitalisasi ini, perkembangan profesi pun semakin beragam dan menyesuaikan dengan keadaan serta kebutuhan perusahaan. Salah satu profesi yang sedang naik daun saat ini adalah profesi yang berkaitan dengan penerapan data science. Untuk menunjang kemudahan dalam profesi ini, diperlukan sebuah portofolio data serta kita harus mengetahui bagaimana cara bikin portofolio data science yang menarik dan informatif.


Portofolio data science merupakan salah satu berkas penting yang diperlukan ketika seseorang melamar pekerjaan yang berkaitan dengan data. Dengan adanya portofolio data science seseorang dapat menaikkan nilai dirinya dengan menunjukkan kemampuannya dalam menganalisis data. Portofolio data science ini perlu dibuat semenarik mungkin dan hasil yang disampaikan dibuat secara komunikatif dan dipahami oleh pembaca. Kira-kira bagaimana ya cara membuat portofolio data science yang menarik dan informatif? Yuk, simak bersama-sama!


1. Tingkatkan Skill

Skill atau kemampuan merupakan jalan utama untuk membuat portofolio data science. Pada portofolio kita akan menunjukkan kemampuan kita dalam menganalisis data atau menyelesaikan suatu project. Oleh karena itu sebegitu pentingnya seseorang untuk terus meningkatkan skill data science. Dengan skill yang semakin meningkat, maka peserta dapat mengeksplorasi lebih dalam atau lebih detail dalam menganalisis data sehingga portofolio data yang dihasilkan pun akan dilihat lebih berkualitas.

Data Science


Baca juga : Kenapa Data Science Penting? Ini Dia Manfaatnya di Era Digital


2. Perhatikan Elemen Portofolio

Jika sebagian besar dari kalian pernah melihat Curriculum Vitae (CV), tentu kalian melihat apa saja yang ditampilkan di dalamnya. Pada portofolio data, elemen yang ditampilkan kurang lebih seperti yang ada di CV yaitu meliputi nama lengkap, kontak, riwayat pekerjaan, akun linkedin dan email, dan yang paling penting adalah project atau studi kasus yang pernah dikerjakan. Dengan elemen portofolio yang lengkap maka akan memudahkan recruiter dalam menindaklanjuti hasil portofolio data kita.


Data Science


3. Update Portofolio

Seperti yang telah diketahui bahwa portofolio data merupakan ringkasan singkat atau gambaran terkait hasil project analisis data yang telah dikerjakan. Adakalanya semakin hari skill data science peserta semakin bertambah dan semakin banyak project yang dikerjakan. Oleh karena itu kita perlu mengupdate portofolio data dengan isi yang lebih berkualitas, menarik, serta informatif. Dengan portofolio yang semakin update, recruiter akan semakin mengetahui bahwa peserta terus berusaha mengasah kemampuan menganalisis data.


Data Science


4. Buat Portofolio Semenarik Mungkin

Saat ini istilah portofolio data bukanlah hal yang asing lagi, telah banyak orang yang membagikan portofolio datanya ke berbagai perusahaan atau dibagikan melalui akun sosial media. Dengan kata lain, untuk membuat recruiter melirik pada portofolio data kita, portofolio data tersebut perlu dibuat dengan semenraik mungkin namun tidak berlebihan. Kita bisa menambahkan visualisasi data, bahasa yang komunikatif dan membuat daftar proyek apa saja yang telah dikerjakan. Penampilan portofolio yang menarik akan membuat recruiter lebih nyaman dalam membaca portofolio milik kita.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Portofolio data merupakan salah satu komponen penting bagi para praktisi data. Kita bisa membangun portofolio data sedini mungkin, dan kamu bisa mulai mempelajarinya di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :