DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 37 Menit 9 Detik 

Simak Jenjang Karir Data Scientist yang Pemula Harus Tahu

Belajar Data Science di Rumah 04-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a74cf3809697a1617b7c9dd15dd98348_x_Thumbnail800.jpg

Jika mendengar posisi data scientist, pasti dibenak kalian terbersit seorang ilmuwan data. Yap, dari penyebutannya memang sudah jelas kalau data scientist dia merupakan seorang ilmuwan dalam bidang data. Seorang data scientist paling tidak harus paham tentang metode yang digunakan untuk memahami dan melakukan analisis data. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan seorang data scientist juga harus menguasai programming.


Perumpamaannya Data Scientist itu seseorang yang paham mengenai programming lebih baik dari ahli statistik, dan memahami statistik lebih baik dari programmer. Jika kalian memutuskan untuk berkarir sebagai seorang data scientist maka perkuat untuk belajar statistik dan kemampuan programming. Cobalah untuk menguasai paling tidak satu ataupun dua jenis bahasa pemrograman.

Coba-coba untuk melakukan eksperimen terkait dataset-dataset yang dianalisis. Setelah itu aktif untuk membaca dan kalau senang bertanya, coba melakukan berbagai macam analisis data melalui Kaggle. Membuat portofolio project tidak akan merugikan sama sekali.


Mungkin secara umum Data Scientist selalu dikaitkan dengan pekerjaan yang selalu berkaitan dengan programming, mengolah data, dan Machine Learning/ Artificial Intelligence. Tentu itu pekerjaan Data Scientist yang bergerak di bidang bisnis, dan sebagian besar orang-orang ingin memasuki karir ini karena kegunaanya di bisnis. Jika ingin bekerja di bidang Data Scientist di dunia bisnis, sebagian pekerjaan Data Scientist akan terfokus kepada mencari data hingga menjelaskan tentang data kalian.

Machine Learning dan lain-lain itu hanya sebagian kecil setelah kalian membersihkan data yang kalian miliki. Saran saya yang lain untuk mengawali karir di bidang ini adalah memahami workflow dari pekerjaan Data Scientist serta paham bidang bisnis yang ingin kalian masuki. Jangan terjebak dahulu dengan keindahan dari nama Data Scientist itu sendiri. Padahal jenjang karir Data Scientist tidak melulu juga soal data bahkan bisa naik tingkat menjadi senior data scientist bahkan data engineer. Lalu, kira-kira apa saja ya jenjang karir dari posisi data scientist ini.


Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang jenjang karir posisi data scientist dan apa sajakah karirnya yang bisa dimasuki oleh seorang data scientist. Pastinya sahabat data DQLab penasaran kan apa saja jenjang karirnya. Cocok banget nih sebagai gambaran untuk kamu yang akan terjun di bidang data. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Senior Data Scientist

Mendapatkan promosi adalah pilihan yang paling tepat tetapi hal itu tidak perlu dipikirkan. Biasanya, ketika Anda memulai peran Anda sebagai data scientist di industri, Anda mendapatkan banyak pengalaman dalam 6-12 bulan pertama. Dalam periode ini, Anda mempelajari teknologi baru dengan cepat dan semakin dekat untuk menjadi data scientist yang lengkap.

Anda juga akan terbiasa dengan bagaimana hal-hal dilakukan di industri Anda, bagaimana lebih banyak orang senior mendekati pemecahan masalah atau mempresentasikan hasilnya. Ketika Anda memiliki lebih banyak pengalaman, wajar jika lebih banyak tanggung jawab diberikan untuk komunikasi pemangku kepentingan, menerjemahkan persyaratan ke dalam cerita pengembangan yang konkret, pemecahan masalah tingkat tinggi, atau bahkan mengawasi anggota baru di perusahaan Anda.

data scientist

Meskipun ada periode transisi antara tingkat junior dan senior di sebagian besar perusahaan, yang disebut tingkat menengah, dengan memperoleh pengalaman, Anda bersiap untuk pekerjaan senior-level data science job. Transisi biasanya terjadi dalam tiga cara:


(a) Anda secara eksplisit memintanya,

(b) manajer Anda akan mempromosikan Anda, atau

(c) Anda mengubah perusahaan dan menegosiasikan peran yang lebih baik.


Anda harus memiliki rencana yang jelas untuk transisi dari tingkat junior ke tingkat senior dengan cara yang paling efektif. Dengan memastikan Anda memahami persyaratan, baik yang khusus untuk perusahaan Anda, Anda dapat mempercepat proses Anda naik tangga karir.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Data Consultant

Konsultasi ilmu data juga merupakan jalur karir khas untuk diikuti oleh para data scientist junior yang memiliki hambatan masuk yang relatif rendah. Fungsi utama dari industri konsultasi adalah untuk memberikan bakat eksternal dan berkualitas kepada klien mereka, sebagian besar perusahaan global.

Perusahaan konsultan mengambil proyek dengan klien mereka dalam bentuk keterlibatan jangka pendek dan panjang. Proyek-proyek ini dapat memakan waktu dari bulan hingga beberapa tahun.


Bekerja di industri konsultasi biasanya merupakan pilihan yang bagus untuk membangun pengetahuan Anda tentang bisnis di berbagai domain; Anda dapat bekerja di berbagai proyek dengan klien besar, dan melalui proyek ini, Anda memahami pola pikir pembuat keputusan perusahaan dan apa yang mereka cari dalam solusi ilmu data. Selain itu, pengambilan keputusan berdasarkan data telah menjadi tren utama di semua perusahaan besar; Anda bahkan dapat berharap untuk berinteraksi dengan karyawan tingkat direktur pengelola klien Anda untuk memberikan mereka dasbor analitik mewah baru mereka.

Beberapa orang belajar master administrasi bisnis (MBA) sebelum bekerja di industri konsultasi. Sementara mempertimbangkan MBA berguna untuk ketajaman bisnis Anda, saat ini, bekerja di beberapa perusahaan konsultan besar adalah pengalaman yang setara dengan pergi ke sekolah bisnis. Bekerja di industri konsultasi membantu Anda untuk lebih memahami tentang proses bisnis dan mendapatkan pengetahuan praktis tentang praktik terbaik perusahaan besar juga.


Ada juga peluang untuk menjadi konsultan khusus domain. Misalnya, jika Anda telah melakukan proyek dalam analisis pemasaran dan tertarik dengan kemampuan ini, Anda dapat memilih jalur ahli dalam analisis pemasaran. Bekerja sebagai konsultan khusus domain biasanya dilakukan di beberapa perusahaan konsultan besar tetapi sebagian besar di tingkat manajemen senior, di mana mereka memiliki pakar atau pemimpin kemampuan. Pilihan lain adalah bekerja sebagai konsultan lepas atau memulai agen konsultasi Anda di domain tertentu yang menjadi keahlian Anda.


3. Machine Learning Engineer

Teknisi machine learning adalah bidang yang dekat dengan ilmu data, dan di beberapa perusahaan, hampir tidak ada perbedaan antara kedua jalur karier ini. Biasanya, teknisi machine learning lebih berfokus pada sisi rekayasa perangkat lunak dari ilmu data daripada sisi analitik, yang berarti bahwa Anda, sebagai insinyur pembelajaran mesin, akan melakukan sebagian besar pekerjaan pengembangan untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam solusi perangkat lunak. Di antara area paling menonjol yang saat ini dikerjakan oleh para machine learning engineers adalah autonomous driving dan cloud computing.

Transisi dari ilmu data ke teknisi machine learning agak mudah. Anda hanya perlu menunjukkan bahwa Anda memiliki pola pikir teknik dan dapat memberikan solusi perangkat lunak berkualitas tinggi dengan cara yang praktis dan andal. Anda juga perlu memiliki pengetahuan tentang domain yang sedang Anda kerjakan.

Tapi itu seharusnya tidak menjadi masalah besar. Beberapa bidang yang muncul telah tumbuh begitu menonjol dalam beberapa tahun terakhir sehingga mereka menjadi independen dari ilmu data dan bidang teknisi machine learning. Bidang-bidang ini adalah teknik visi komputer, teknik natural language, dan processing engineering.


4. User Experience

Siapa bilang kalau Data Scientist juga bisa untuk berkarir di user experience atau UX. Saat melakukan proyek di industri perangkat lunak, Anda mungkin menemukan beberapa peran baru yang berada di luar keahlian inti Anda tetapi sangat menarik bagi Anda. Dalam pengembangan perangkat lunak, salah satu opsi dapat berupa desain & penelitian pengalaman pengguna.

Desain pengalaman pengguna adalah proses yang diikuti untuk merancang aliran yang dilalui pengguna dalam perangkat lunak yang berfungsi. Ini bisa berupa situs web sederhana atau platform web yang lebih canggih seperti media sosial. Di sisi lain, penelitian pengalaman pengguna berfokus pada eksperimen dan menghasilkan praktik terbaik dalam pengalaman pengguna.


Orang yang lebih tertarik pada perilaku manusia atau sifat kepribadian ekstrovert dapat memilih desain pengalaman pengguna sebagai jalur karir mereka. Peran ini biasanya melibatkan lebih banyak komunikasi dengan pengguna atau pemangku kepentingan tanpa perlu menjadi manajer proyek. Ingatlah bahwa, seperti halnya transisi ke karier di luar keahlian inti Anda, Anda harus mempelajari begitu banyak keterampilan baru. Namun, jika Anda bersemangat tentang pengalaman pengguna, itu mungkin bermanfaat.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Ingin Jadi Data Scientist Idaman Perusahaan? Siapkan Langkahmu Bersama DQLab!

Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran yang telah dirancang khusus oleh data mentor yang pastinya berpengalaman di ranah industri data. Mulai dari Tech Company Industries maupun perusahaan-perusahaan lain.

Apalagi kalian juga bisa akses modul-modul lengkap kalau kamu sudah subscribe jadinya kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Scientist. Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor.

Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Banyak benefit yang tentunya bisa kalian dapetin kalau join belajar di DQLab. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data.


Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!