FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 11 Menit 36 Detik 

Simak Langkah, Tujuan Hingga Contoh Teknik Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 06-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/15c63edfd51594d9aaabc61a5a9cdbfb_x_Thumbnail800.jpg

Sebelum mengetahui langkah, tujuan hingga contoh teknik analisis data, analisis data sendiri adalah proses pengumpulan, pemodelan, dan menganalisis data untuk mengekstraksi wawasan yang mendukung pengambilan keputusan. Ada beberapa metode dan teknik untuk melakukan analisis tergantung pada industri dan tujuan analisis datanya. Data mining merupakan salah satu cabang ilmu yang akan mempelajari tentang seluk beluk analisis data dan teknik-tekniknya dengan menerapkan berbagai algoritma pada kumpulan data kompleks untuk mengungkap pola yang kemudian digunakan untuk mengutip data yang dapat digunakan dari kumpulan data tersebut.


Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana ilmu data telah mengubah dunia saat ini. Kita akan melihat bagaimana hal itu telah merevolusi cara kita memandang data. Mari kita belajar bersama-sama mulai dari tujuan, langkah hingga contoh teknik analisis data bersama DQLab!


1. Tujuan Analisis Data

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data tentu memiliki tujuan yang akan dicapai dalam penggunaannya pada suatu penelitian. Analisis data merupakan tahapan yang penting dalam penelitian. Teknik analisis data ini sangat erat kaitannya atau tergantung dengan desain penelitian dan masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Dapat dikatakan bahwa teknik analisis data hanya dapat dilakukan ketika poin-poin penelitian sudah terpenuhi, misalnya pengumpulan data yang tepat yang disesuaikan dengan permasalahan pada penelitian tertentu.


Tujuan teknik analisis data adalah untuk menentukan atau mendapatkan simpulan secara keseluruhan yang berasal dari data-data penelitian yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Selain itu, teknik analisis data bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai data-data penelitian, sehingga dapat dipahami oleh orang lain.


Baca juga : Cara Implementasi Teknik Analisis Data dengan Metode NLP 


2. Langkah Analisis Data

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data dalam penerapannya harus memperhatikan langkah-langkah. Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam teknik analisis data ialah, pengolahan data, penganalisisan data, dan penafsiran data. Dimana pada tahap pengolahan data terdiri dari beberapa komponen antara lain, editing, pengkodean, dan tabulasi. Kemudian terdapat langkah untuk menganalisis data bertujuan untuk menyederhanakan, mengklasifikasikan dan memudahkan data tersebut dipahami. Langkah terakhir yaitu penafsiran hasil analisis yaitu, penarikan kesimpulan dengan menyesuaikan antara hipotesis dengan hasil penelitian yang telah ditemukan.


3. Model Analisis Data

Teknik Analisis Data

Terdapat dua model dalam teknik analisis data suatu penelitian antara lain sebagai berikut:

  1. Model Induktif : analisis data yang prosesnya berlangsung dari fakta-fakta (data) ke teori. Penggunaan analisis dengan cara induktif ini karena untuk menghindari manipulasi data-data penelitian.

  2. Model Deduktif : analisis data yang berkebalikan dengan model induktif, yaitu prosesnya berlangsung dari teori-teori baru ke fakta-fakta (data penelitian)


4. Web Crawling Sebagai Contoh Teknik Analisis Data

Salah satu contoh teknik analisis data yang bisa kamu gunakan dalam penelitian kamu adalah web crawling. Web crawling adalah teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengindeks informasi pada halaman menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan menyertakan API (Application Programming Interface) untuk melakukan penambangan dataset yang lebih besar. Data yang dapat kamu kumpulkan dapat berupa text, audio, video, dan gambar. Kamu dapat memulai dengan melakukan penambangan data pada API yang bersifat open source seperti yang disediakan oleh Twitter. Untuk melakukan crawling data di Twitter kamu dapat menggunakan library scrapy ataupun tweepy pada python.


Baca juga : Serba-serbi Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif 


5. Upgrade Skill Analisis Data di Tahun 2022 Bersama DQLab, Yuk!

Teknik Analisis Data


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data analyst mulai dari tools-tools pengolahan data dasar hingga advanced seperti Python, SQL, R, bahkan Excel juga ada, lho. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :