Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Simak Penerapan Data Science di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 25-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fbbc253f96fe73be90ae09744fda4217_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini kita sedang berada di jaman kecanggihan teknologi yang sedang berkembang bahkan bisa lebih berkembang lagi. Salah satu hal yang sebenarnya sudah mulai kita terapkan dalam keseharian adalah keberadaan data. Segala sesuatu yang kita akses di dalam smartphone atau gadget akan menghasilkan beribu-ribu bahkan berjuta-juta jumlah data dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu diperlukannya ilmu yang bisa menangani data, yaitu data science. Adapun contoh penerapan data science selain dalam bidang teknologi, dapat kita jumpai pula dalam bidang marketing, kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.


Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data, mulai dari cara mengumpulkan data, membersihkan data, mengintegrasi data, bahkan sampai mengenali jenis dan tipe data. Data science merupakan kemampuan dalam pengolahan data dengan bertujuan menciptakan strategi bisnis. Biasanya data science mengolah data yang berukuran besar (big data) namun tidak menutup kemungkinan juga untuk mengolah data berukuran tidak terlalu besar pula . Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa penerapan data science di era digital ini.


1. Mengetahui Perkembangan Covid

Seperti yang kita ketahui dan rasakan, saat ini kita berada dalam musim pandemi covid-19 yang sudah berjalan kurang lebih dua tahun lamanya. Sejak awal pandemi, data perkembangan covid selalu di update setiap hari mulai dari orang yang bergejala, terindikasi, terpapar virus, dan meninggal. Perkembangan data yang selalu update setiap harinya ini dianalisis dan dapat memprediksi puncak gelombang covid, virus covid melandai, dan sebagainya. Dengan mengetahui perkembangannya berdasarkan data, maka pihak yang berwajib akan dapat dengan mudah menentukan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan keadaan.


Baca juga: 4 Algoritma Data Science untuk Klasifikasi dan Clustering


2. Mengolah Data Penjualan

Setiap toko atau perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan tentunya memiliki data stok dan data penjualan. Data penjualan merupakan kumpulan informasi transaksi yang dapat digunakan sebagai bahan informasi. Keluar masuknya barang yang terjual, yang rusak, atau kadaluarsa perlu dicatat dengan rapi. Setelah pencatatan terkait data penjualan telah ada, maka perlu diolah untuk mengetahui beberapa gambaran umum maupun khusus. Gambaran umumnya antara lain dengan mengetahui maksimum penjualan, minimum penjualan, rata-penjualan, dll.

data science


3. Analisis Pinjaman Nasabah

Nasabah merupakan orang atau badan usaha yang memiliki simpanan atau pinjaman dalam suatu bank. Selain mempunya simpanan atau pinjaman, nasabah juga dapat melakukan transaksi lain seperti transfer, pembelian pulsa, top up e-money, dll. Data riwayat transaksi nasabah dan data pribadinya ini menjadi bahan pertimbangan ketika nasabah ingin melakukan pinjaman. 


Jika kriteria terkait pinjaman nasabah mencukupi, pihak bank akan dapat memberikan pinjaman sesuai kelayakan nasabah. Begitu pula sebaliknya, tidak jarang pula pengajuan peminjaman nasabah kepada bank disetujui oleh pihak bank dikarenakan terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang belum bisa dipenuhi oleh nasabah. Dengan demikian dapat kita lihat bahwa penerapan data science pun turut serta dalam perihal perbankan.

data science


4. Menentukan Strategi Promosi

Strategi promosi adalah lakah, tindakan atau taktik yang digunakan untuk meningkatkan promosi terhadap suatu produk baik berupa barang atau jasa. Strategi promosi ini merupakan suatu poin penting dalam pemasaran untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan meminimalisir kerugian. Data science pun memiliki peran dalam proses penentuan strategi promosi. 


Dengan mengetahui data penjualan serta diolah dengan penerapan ilmu data science, maka akan diketahui beberapa insight seperti produk yang paling diminati, yang jarang diminati, sasaran usia, dll. Dengan mengetahui beberapa hal terkait di atas, maka pengguna akan sangat terbantu dalam menentukan strategi promosi.

data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Mulai Belajar Data Science dari Sekarang

Penerapan ilmu data science saat ini sudah sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari belanja online, transaksi mobile banking, bahkan sampai bisa memprediksi atau mengira-ngira perhitungan data covid atau prediksi penyakit berdasarkan data. Dasar-dasar data science dapat dipelajari di DQLab


DQLab menyediakan berbagai macam modul yang dapat kita kerjakan kapanpun dan dimanapun. Selain itu terdapat pula fitur live code sehingga memudahkan pengguna dapat langsung belajar tanpa harus menginstall aplikasi.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!