Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Simak Penggunaan Python untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 13-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2023-11-13-172939_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah suatu ilmu yang membahas tentang data terutama big data. Istilah big data ini tentunya tidak asing kedengaran bagi mayoritas orang yang biasa berurusan dengan data. Data science adalah ilmu yang perlu dimiliki oleh praktisi data.


Python merupakan suatu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk data science. Lalu bagaimana penggunaan python dalam data science? Apakah bisa diterapkan untuk berbagai bidang?


Bahasa python merupakan suatu bahasa pemrograman yang telah banyak digunakan oleh para praktisi data untuk menyelesaikan berbagai permasalahan data. Berbagai perusahaan besar dan para programmer berpengalaman jg menggunakan bahasa python.


Oleh karena itu pentingnya bagi pekerja masa kini menguasai bahasa pemrograman dikarenakan saat ini kita berada pada zaman kecanggihan teknologi yang membutuhkan keahlian-keahlian dalam menangani berbagai permasalahan.


1. Exploratory Data Analysis with Python for Beginner

Bahasa python memiliki berbagai peranan dalam data science, salah satunya adalah untuk eksplorasi data. Kamu bisa coba mengeksplorasi analisis data menggunakan bahasa python di DQLab. Dalam modul ini peserta kan pengenalan library python dan belajar mengeksplorasi data menggunakan Pandas.


Setelah itu peserta akan diberikan mini project yang berisi studi kasus untuk mengukur pemahaman terhadap materi yang diberikan.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Visualisasi Data menggunakan Matplotlib

Visualisasi data merupakan proses penting dalam kegiatan analisis data. Dalam menganalisis data proses visualisasi data ini disampaikan agar pembaca dapat memahami dengan jelas. Python bisa digunakan untuk visualisasi data, salah satunya dengan menggunakan library matplotlib.


Pada modul ini peserta akan mempelajari penggunaan matplotlib, cara kostumisasi grafik, dan akan mengerjakan mini project juga.


Python


3. Data Quality

Selain untuk eksplorasi data dan visualisasi data, bahasa python juga bisa digunakan untuk data quality. Lebih jelasnya kamu bisa coba modul berikut. Pada modul ini peserta akan mempelajari data profiling.


Data profiling merupakan cara untuk memprofile suatu data secara statistik sehingga nantinya data tersebut dapat dibersihkan. Selain itu peserta juga belajar cara importing data, penggunaan statistik deskriptif, sampai proses data cleansing hingga mini project.


Python


4. Machine Learning

Machine learning merupakan suatu teknik yang dapat mengekstraksi pola dari data kemudian dipelajari sehingga dapat memprediksi trend. Python sudah tidak asing digunakan untuk machine learning. Dalam machine learning sendiri  peserta bisa memilih teknik supervised learning dan unsupervised learning.


Selain itu peserta juga akan belajar mengenai eksplorasi data, data pre processing, dan pemodelan menggunakan scikit learn dan mengerjakan mni project.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa python dan data science dapat dikatakan sebagai dua hal yang sering ditemukan. Kamu bisa mempelajari keduanya sekaligus dengan mengerjakan berbagai modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login