Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Simak Pentingnya Data Science di Era Modern Ini

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-05-2023-11-16-144424_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini perkembangan data di era kecanggihan teknologi ini semakin pesat yang mana salah satunya menghasilkan  data yang sangat banyak atau biasa disebut dengan big data.


Big data ini perlu ditindaklanjuti dengan data science, yaitu ilmu yang merupakan kombinasi dari berbagai bidang seperti matematika, sistem informasi, dan lainnya. Data science merupakan hal penting yang perlu dipelajari. Lalu apa saja ragam manfaat data science dan mengapa data science penting untuk dipelajari?


Saat ini data science merupakan ilmu yang kekinian dan banyak dibutuhkan oleh banyak bidang. Untuk mempelajari data science kita perlu untuk selalu update dengan perkembangan teknologi yang berada di sekitar kita. Ragam manfaat data science ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan.


Data science adalah ilmu yang penting untuk dipelajari agar bisa mengimbani berbagai keperluan yang saat ini bisa dilaksanakan secara digital. Yuk, simak artikel berikut ini untuk tahu apa saja manfaat data science!


1. Dibutuhkan Perusahaan

Saat ini berbagai perusahaan yang bergerak di bidang apapun telah memerlukan penerapan kecanggihan teknologi. Data science ini merupakan ilmu yang sangat perlu untuk dipelajari. Mayoritas perusahaan tentu memiliki database yang besar dan perlu ditindaklanjuti.


Pengolahan database itu perlu dianalisis menggunakan data science oleh seseorang yang memiliki keahlian menganalisis data. Dengan menerapkan data science maka perusahaan akan dapat membuat keputusan bisnis dengan mudah.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Analisis Data Lebih Mudah

Proses analisis data merupakan suatu hal yang penting dalam untuk dilaksanakan dalam kepentingan industri. Saat ini keberadaan big data sudah tidak asing lagi di kalangan kita semua. Big data merupakan kumpulan data yang besar dan terkumpul dalam waktu cepat.


Proses analisis big data ini tentu akan sangat sulit jika dilakukan dengan cara manual. Oleh karena itu perlu dilakukannya penerapan data science untuk proses analisis data yang lebih mudah. 

Data Science


3. Jenjang Karir Menjanjikan

Berbicara mengenai profesi kekinian, praktisi data menjadi salah satunya loh. Praktisis data di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Profesi praktisi data merupakan suatu profesi yang banyak diinginkan dan diminati oleh para generasi milenial.


Bahkan banyak juga orang yang rela untuk alih profesi menjadi praktisi data. Hal ini tentunya memiliki berbagai alasan, salah satunya adalah jenjang karir yang menjanjikan. Praktisi data dapat memiliki jenjang karir dengan keahlian dan pengalaman yang dimilikinya.

Data Science


4. Kombinasi Berbagai Ilmu

Data science bukanlah sebuah bidang ilmu yang berdiri sendiri, melainkan kombinasi atau gabungan dari berbagai bidang ilmu. Data science ini gabungan dari beberapa ilmu seperti matematika, statistika, sistem informasi, bahasa pemrograman, manajemen bisnis, dan berbagai ilmu lainnya.


Profesi yang berhubungan dengan data science ini juga nantinya akan bekerja sama dengan profesi lainnya. Selain itu perlu diketahui pula bahwa data science ini tidak hanya diterapkan pada permasalahan eksak saja, akan tetapi dapat diterapkan oleh berbagai permasalahan yang memerlukan ilmu ini.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science merupakan ilmu yang perlu dipelajari dan diaplikasikan oleh berbagai bidang. Kamu bisa pelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan data science di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login