Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Simak Peran Penting Python untuk Berkarir

Belajar Data Science di Rumah 12-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2023-11-10-191314_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa python adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan pemula sampai para developer. Bahasa python adalah suatu bahasa pemrograman yang high level programming, dan ditujukan untuk general purpose programming.


Hal ini artinya bahasa python ditujukan untuk berbagai macam permasalahan dan mudah dibaca dan dituliskan oleh manusia. Oleh karena itu kita perlu mengetahui pentingnya python untuk persiapan karir.


Pada proses berkarir seseorang akan memerlukan skill atau keahlian yang dapat menunjang karir. Salah satu keahlian yang perlu dimiliki adalah menguasai bahasa pemrograman yang mana salah satunya adalah bahasa python.


Terdapat beberapa kelebihan bahasa python yaitu bersifat open source, memiliki library yang lengkap, mudah dibaca dan dipahami, kompatibel dengan banyak sistem operasi, dan memiliki komunitas yang besar.


1. Bahasa Populer

Bahasa python adalah bahasa yang populer dan telah digunakan oleh banyak orang. Terdapat beberapa alasan mengapa bahasa python ini populer di berbagai kalangan.


Beberapa alasan tersebut antara lain bahasa python mudah dipelajari dan cocok untuk pemula, python berpeluang dalam meningkatkan prospek karir, bahasa python bersifat fleksibel di berbagai bidang serta memiliki banyak library dan framework yang lengkap sehingga membantu menyelesaikan tugas dengan cepat dan mudah.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Memiliki Komunitas Besar

Setiap bahasa pemrograman pada umumnya memiliki komunitas atau perkumpulan sesama pengguna bahasa pemrograman. Komunita pengguna python termasuk dalam komunitas yang besar dan aktif. Komunitas bahasa pemrograman python ni termasuk memiliki komunitas yang besar.


Oleh karena itu banyak orang yang memilih menggunakan bahasa pemrograman python karena dengan komunitas yang besar maka bisa memudahkan dalam proses diskusi.

Python


3. Bisa Digunakan Berbagai Keperluan

Seperti yang telah diketahui bahwa bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Dalam bidang bisnis, python memiliki peranan penting.


Beberapa contoh kegunaan python antara lain dapat digunakan untuk kegiatan penelitian, membangun situs atau web, membuat aplikasi, proses analisis data, web development, proses automasi dan sistem scripting, dan penggunaan machine learning.

Python


4. Bersifat Open Source

Bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source, artinya gratis dan bisa diakses oleh siapapun. Dengan dapat diakses oleh siapapun, bahasa python in menjadi pilihan bagi para pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman.


Selain bersifat open source, bahasa python ini juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi, sehingga tidak menjadi penghalang siapapun yang ingin belajar bahasa python di mana saja dan kapan saja. 


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Saat ini kamu bisa belajar python dari mana saja, salah satunya adalah dari DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login