PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 11 Menit 50 Detik 

Simak Ragam Operator Manipulasi Data pada SQL

Belajar Data Science di Rumah 20-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2d8ef4cfe26dc7c133fb73ba165c8c78_x_Thumbnail800.jpeg

Saat bekerja dengan database, kita menggunakan kueri SQL untuk memanipulasi data dan mengambil hasil yang kita inginkan. Untuk memanipulasi data pada SQL, kita membutuhkan tools yang kita sebut dengan operator. Operator adalah kata kunci dalam SQL yang membantu kita untuk mengakses data dan mengembalikan hasil berdasarkan fungsionalitas operator. 


Operator adalah kata atau karakter yang dicadangkan yang digunakan untuk menanyakan database dalam ekspresi SQL. Untuk query database menggunakan operator, kita menggunakan klausa WHERE. Operator diperlukan untuk mendefinisikan suatu kondisi dalam SQL karena akan bertindak sebagai penghubung antara dua atau lebih kondisi. Operator berfungsi untuk manipulasi data dan memberikan hasil berdasarkan fungsinya. SQL memiliki banyak simbol berbeda untuk fungsi yang berbeda pula. Apa saja jenis-jenis operator tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Operator Aritmatika

Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Operator ini biasanya menerima operan numerik. Berikut adalah jenis-jenis operator aritmatika dan simbolnya.


SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Operator Perbandingan 

Operator perbandingan dalam SQL digunakan untuk memeriksa kesetaraan dua ekspresi. Operator ini memeriksa apakah satu ekspresi identik dengan yang lain. Operator perbandingan umumnya digunakan dalam klausa WHERE dari kueri SQL. Hasil dari operasi perbandingan mungkin TRUE, FALSE atau UNKNOWN. Ketika salah satu atau kedua ekspresi adalah NULL, maka operator mengembalikan hasilnya dengan UNKNOWN. Operator ini dapat digunakan pada semua jenis ekspresi kecuali ekspresi yang berisi teks, ntext atau gambar.


SQL


3. Operator Logika

Operator logika adalah operator yang mengambil dua ekspresi sebagai operands dan mengembalikan TRUE atau False sebagai output. Saat bekerja dengan pernyataan dan kueri SQL yang kompleks, operator perbandingan akan sangat berguna dan operator ini bekerja dengan cara yang sama seperti gerbang logika.


SQL


4. Operator Bitwise

Operator Bitwise digunakan untuk melakukan operasi bit pada operands nilai integer dari tabel database. Berikut adalah simbol dari operator bitwise


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Yuk asah skill SQL kamu bersama DQLab! Dengan modul DQLab kamu bisa praktik langsung menulis script SQL dan mengaplikasikan berbagai operator SQL yang dikombinasikan dengan statement SQL lainnya tanpa tools tambahan karena model DQLab dilengkapi dengan live code editor.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ dengan bahasa pemrograman R atau Python untuk mencoba live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :