PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 29 Menit 22 Detik 

Simak Tips Gampang Cara Implementasi Teknik Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/422284cfc486bf310b8c24ec36d28e90_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat melakukan kegiatan penelitian, kita melalui beberapa proses mulai dari menentukan topik penelitian, menentukan rumusan masalah, mengumpulkan data, menyajikan data, sampai proses analisis data. Sesuai dengan jenis penelitian yang bermacam-macam, kita perlu mengetahui pula bagaimanakah memilih teknik analisis data yang tepat, cara implementasi teknik analisis data, sampai membuat kesimpulan dari hasil analisis data yang telah dilakukan.


Proses implementasi teknik analisis data memiliki berbagai macam cara, tergantung dari jenis penelitian, jenis data yang digunakan, rumusan masalah yang akan diselesaikan, dan teknik analisis data yang dipilih. Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa hal terkait teknik analisis data seperti jenisnya, tujuannya, tahapan teknik analisis data, cara mengimplementasikannya, dan lainnya.


Yuk, simak bersama-sama artikel di bawah ini!


1. Apa Itu Teknik Analisis Data

Sebelum melanjutkan terkait definisi dari teknik analisis data, sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertian analisis data. Analisis data merupakan suatu tahapan yang mengubah data yang dikumpulkan sehingga menghasilkan informasi dapat dengan cara mengolah atau menganalisis data itu sendiri.


Adapun teknik analisis data merupakan suatu proses mencari data, mengumpulkan data, menyusun secara sistematis dan sampai dapat mengambil kesimpulan dari hasil analisis data. 

teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Tujuan Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang dilakukan dalam proses penelitian tentunya memiliki tujuan. Tujuan dari teknik analisis data secara umum yaitu untuk mendapatkan kesimpulan secara keseluruhan dari data yang telah dianalisis.


Teknik analisis data juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait data penelitian. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah teknik analisis data ini dapat diterapkan ketika data sudah benar-benar siap dan poin-poin penelitian sudah terpenuhi.

teknik analisis data


3. Jenis Teknik Analisis Data

Seperti yang telah kita ketahui bahwa data yang ada saat ini sangat beragam jenisnya, ada yang terstruktur dan ada yang tidak. Oleh karena itu, tidak hanya satu jenis teknik analisis data saja yang digunakan. Secara umum terdapat beberapa jenis teknik analisis data, yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.


Beberapa contoh teknik analisis data kualitatif yaitu analisis konten, analisis wacana, dan analisis naratif. Adapun contoh teknik analisis data kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

teknik analisis data


4. Cara Implementasi Teknik Analisis Data

Pada saat melakukan penelitian tentunya kita mengharapkan hasil yang terbaik. Salah satu upaya untuk memperoleh hasil yang baik adalah dengan menerapkan teknik analisis data dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang ada.


Terdapat beberapa tahapan teknik analisis data, yaitu:

  • pengumpulan data, data perlu dikumpulkan dengan benar melalui beberapa metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi langsung, focus group discussion (fgd), analisis dokumen, dll.

  • pembersihan data, data yang telah selesai dikumpulkan perlu dibersihkan dan dilengkapi terlebih dahulu.

  • analisis data, merupakan tahapan inti yang dapat dilakukan dengan menyederhanakan data dan menemukan pola dalam data sehingga mudah ditafsirkan.

  • penyajian data, setelah tahapan analisis data, hasil analisis yang telah diperoleh dapat disajikan dan dikemas dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.

teknik analisis data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data merupakan salah satu skill yang perlu dimiliki oleh para praktisi data. Hal ini dikarenakan dalam proses analisis data harus menerapkan teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data yang digunakan. Kalian bisa mulai coba mengenali dan mempraktekkan beberapa jenis teknik analisis data di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :