FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 14 Menit 18 Detik 

Simak Tugas & Tanggung Jawab Data Analyst Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/337f96811b8d0beced96f95dd7851928_x_Thumbnail800.jpg

Halo semuanya, tahukah kalian saat ini profesi dalam bidang data merupakan salah satu profesi yang cukup didambakan oleh banyak orang? Bahkan tidak sedikit orang yang rela ‘banting setir’ untuk beralih profesi menjadi praktisi data. Salah satu profesi dalam bidang data itu adalah data analyst.


Data analyst secara umum bertugas menganalisis data terutama big data. Kira-kira apa tugas data analyst lainnya?. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenali berbagai tugas data analyst.


Profesi data analyst dapat dikatakan sebagai profesi yang mengasyikkan dan menantang. Mempelajari materi dasar data analyst membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan ketelitian apalagi bagi orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan terkait. Namun latar belakang pendidikan bukanlah masalah. Saat ini banyak media penyedia belajar data analyst yang dapat membantu dalam proses belajar secara otodidak mulai dari dasar.


1. Mengumpulkan Data

Pada kegiatan penelitian proses pengumpulan data merupakan bagian penting yang tidak bisa diabaikan. Data yang dikumpulkan dapat berupa data primer maupun data sekunder. Proses pengumpulan data pun dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode yang sesuai. Salah satu tugas data analyst adalah mengumpulkan data penelitian yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penelitian.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Mengekstrak Data

Data merupakan kumpulan informasi yang biasanya digunakan dalam penelitian. Setiap penelitian memiliki jenis data yang berbeda serta cara penanganan yang berbeda pula. Data yang diperoleh dari pihak pengumpul data perlu dipersiapkan terlebih dahulu dan mengambil data yang akan diproses lebih lanjut dalam penyimpanan data.


Pada saat mengekstrak data pengguna dapat mengeksplorasi dataset dan meningkatkan performa laporan serta menggabungkan data dari berbagai sumber dan disimpan ke dalam data warehouse.

data analyst


3. Menganalisis Data

Menganalisis data merupakan tugas utama bagi seorang data analyst yang penting untuk dilakukan. Proses analisis data merupakan proses mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


Proses analisis data ini biasanya menggunakan teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian. Pada proses analisis data ini perlu menerapkan prosedur-prosedur yang sesuai agar hasilnya lebih maksimal.

data analyst


4. Visualisasi Data

Jika proses analisis data telah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah proses visualisasi data. Visualisasi data merupakan suatu proses menyampaikan hasil analisis data yang dikemas dalam bentuk visual yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.


Proses visualisasi data ini sangat berguna bagi orang yang tidak terlalu mengerti tentang data namun ingin mengetahui hasil analisis. Oleh karena itu penting bagi data analyst dalam memahami cara memvisualisasikan data dengan benar menggunakan bantuan tools analisis data.

data analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Seorang data analyst memiliki tugas dan tanggung jawab yang beragam. Untuk menjalankan tugasnya, data analyst pun perlu menguasai skill yang dibutuhkan. Untuk mengenali dan mempelajari dasar-dasar tugas dari data analyst, kalian dapat langsung saja mengunjungi DQLab lalu sign up dan belajar data analyst dari dasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :