SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 10 Jam 10 Menit 29 Detik

Simak Yuk Roadmap Singkat Menjadi Data Engineer!

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9a7433cb1351b2d2c39c56b3b0aad1fc_x_Thumbnail800.jpeg

Jika berbicara tentang data, pada umumnya kita sudah tidak asing lagi dengan profesi apa saja yang terkait. Beberapa diantaranya seperti data engineer, data scientist, data analyst, data entry, dan lainnya. Untuk menggapai impian meraih profesi yang diinginkan tentu kita perlu mengetahui apa saja yang harus kita lakukan. Sebagai contoh jika ingin menjadi data engineer maka kita perlu tahu roadmap data engineer, skill yang perlu dikuasai, apa saja tugasnya, dan lainnya.


Berbagai profesi dalam bidang data umumnya memiliki tugas dan tanggung jawab yang saling terkait. Walaupun masing-masing memiliki tugasnya masing-masing, namun dapat dikatakan bahwa profesi tersebut saling kerja sama. Sebagai contoh mudahnya, seorang data engineer bertugas menyiapkan database yang diperlukan dan yang akan dianalisis. Setelah datanya siap maka data tersebut diserahkan kepada bagian data analyst. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenali roadmap singkat data engineer yang dapat menjadi referensi. Yuk, simak bersama-sama!


1. Pahami Database

Database adalah suatu kumpulan data yang dikelola berdasarkan ketentuan tertentu yang biasanya disimpan secara elektronik. Database ini merupakan bagian penting dalam perusahaan maupun kegiatan umum lainnya. Database ini juga terdiri dari berbagai macam jenis. Dalam perusahaan, profesi yang bertanggung jawab terhadap database adalah data engineer. Oleh karena itu jika berminat untuk menjadi data engineer perlu memahami dengan benar terkait database dan seluk beluknya.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Kuasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal dengan bahasa komputer merupakan kumpulan kode atau instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan perintah tertentu. Salah satu jalan mudah untuk menjadi data engineer adalah dapat menguasai skill bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan data engineer cenderung berurusan dengan database yang dikelola dengan bantuan bahasa pemrograman.

Data Engineer


3. Cloud Computing

Seperti yang telah diketahui bahwa database adalah bagian penting dalam perusahaan. Penyimpanan maupun pengolahan database ini perlu diatur sebaik mungkin dan efektif untuk meminimalisir kesalahan. Oleh karena itu data engineer perlu pula menguasai dan tahu cara mengoperasikan cloud computing. Cloud computing merupakan metode penyimpanan berbagai layanan melalui internet. Dengan demikian database dapat diakses lebih fleksibel selama perangkatnya terhubung ke internet.

Data Engineer


4. Penggunaan Tools Data Engineer

Database saat ini umumnya tidak berjumlah kecil, melainkan dalam ukurang yang sangat besar. Untuk proses pengelolaan database tersebut perlu menggunakan tools data engineer. Saat ini sudah banyak tersedia tools data engineer yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa diantaranya seperti MongoDB, Python, SQL, Tools ETL, AWS Cloud Service, Spark, Kafka, Tableau, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Menjadi seorang praktisi data kini menjadi impian bagi sebagian besar orang. Untuk lebih mudah mencapai hal itu, kita perlu memahami bagaimana perjalanan dan apa saja yang perlu dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kursus online di. DQLab DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login