TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 15 Jam 53 Menit 55 Detik 

Skill Dasar Data Scientist yang Harus Kamu Kuasai di Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 24-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aee7a05529dfd79585032067f1cffe67_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu yang sedang naik daun belakangan ini. Hal ini karena pemanfaatan big data yang semakin signifikan menyebabkan perlunya ahli olah data yang bisa menghandle big data yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan data konvensional. Untuk mengolah big data, perlu skill mumpuni di bidang data science mengingat data yang akan diolah merupakan data berukuran besar, percepatan pertambahan data yang besar, dan sangat bervariasi. Ada berbagai skills data scientist yang diperlukan untuk mengolah big data. Semakin tinggi skill yang kita miliki, maka akan semakin mudah jalan kita untuk menjadi data scientist di tahun 2022.

Ada banyak skills yang diperlukan untuk menjadi data scientist profesional. Skill ini dibagi menjadi dua, yaitu skill teknik dan skill teoritis. Skill teknik merupakan kemampuan menggunakan berbagai tools data science untuk menunjang pekerjaan, sedangkan skills teoritis merupakan kemampuan menguasai teori data science yang bisa diaplikasikan dalam pekerjaan sehari-hari. Diantara berbagai skill data science yang dibutuhkan oleh data scientist, ada skill dasar yang harus dikuasai setiap data scientist. Apa saja skill dasar tersebut? Let’s get started!


1. Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman paling populer dan paling mudah diaplikasikan di industri data science saat ini. Python dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan mulai dari data mining hingga web development. Library python yang paling banyak digunakan oleh user adalah Pandas. Library ini digunakan untuk segala hal mulai dari mengimpor data dari excel hingga memvisualisasikan data. Library python dirancang agar bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti manipulasi data, fungsi agregasi, hingga analisis data tingkat tinggi.


Baca juga : Kenali Tugas Data Scientist untuk Bekal Berkarir di Tahun 2022


2. Platform Hadoop

Hadoop adalah kumpulan utilitas software open source yang memungkinan data scientist untuk memproses kumpulan big data menggunakan model pemrograman sederhana. Platform ini digunakan saat volume data melebihi memori sistem, misalnya saat seorang data scientist harus mengumpulkan data berukuran besar dari banyak sumber namun memori laptop atau PC sudah penuh. Platform ini dirancang untuk meningkatkan skala dari server tunggal menjadi ribuan mesin.


3. Machine Learning

Machine learning adalah skill yang paling diperlukan bagi data scientist. Machine learning membantu data scientist untuk menganalisis big data menggunakan algoritma. Dalam limu machine learning, ada dua algoritma yang dikenal yaitu algoritma supervised learning dan algoritma unsupervised learning. Kedua algoritma ini digunakan untuk mengolah data berukuran besar karena memiliki berbagai metode yang powerful. Beberapa metode yang sering digunakan adalah metode pohon keputusan, regresi, clustering, klasifikasi, dan lain sebagainya.


4. Komunikasi

Selain skill teknis mengenai tools data science, ada satu skill dasar yang sangat penting. Skill tersebut adalah komunikasi. Seorang data scientist tidak hanya bertugas mengolah data menggunakan algoritma dan bahasa pemrograman, tetapi juga harus mengkomunikasikan hasil analisis kepada tim lain bahkan kepada tim direksi. Dengan komunikasi yang baik, audience khususnya yang awam dengan data akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh data scientist.


Baca juga : Intip Cara Menjadi Data Scientist Karir Cemerlang 2022


5. Belajar Skills Data Science Bersama DQLab

Skills teknis data science tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca buku atau materi. Perlu banyak latihan agar mahir menggunakan berbagai tools data science, terutama skills memahami algoritma yang memiliki berbagai fungsi. Yuk latih skill teknis menggunakan berbagai tools data science bersama DQLab! DQLab memiliki modul yang dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa berlatih menulis dan menggunakan berbagai algoritma tanpa perlu menginstall software tambahan. Klik button di bawah ini untuk sign up dan nikmati modul perkenalan ‘Introduce to Data Science’ yang dapat diakses secara gratis sebagai awalan untuk mengembangkan skills data science kita.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!