Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Skill Data Engineer dalam Menjaga Keamanan Data

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-2023-11-16-152748_x_Thumbnail800.jpg

Posisi Data Engineer termasuk salah satu posisi yang memegang peranan penting dalam perusahaan. Data Engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengubah data mentah hingga siap digunakan untuk analisis lebih mendalam, sehingga insight dari data bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Untuk bisa menjadi seorang Data Engineer, tentunya akan dibutuhkan skill-skill tertentu yang bisa mendukung pekerjaannya.


Dalam era dimana data menjadi salah satu aset berharga milik perusahaan, peran seorang Data Engineer tidak hanya sebatas merancang dan mengelola infrastruktur data, tetapi juga mencakup tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan informasi.


Keamanan data menjadi prioritas utama, mengingat serangkaian tantangan dan ancaman siber yang semakin kompleks. Dalam artikel ini, kita akan melihat skill-skill apa saja yang diperlukan oleh Data Engineer agar bisa berperan dalam menjaga keamanan data. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengetahuan Mendalam tentang Data Encryption

Data Engineer

Untuk bisa menjaga keamanan data, seorang Data Engineer akan memerlukan pemahaman yang kuat tentang teknologi enkripsi. Setidaknya, mereka harus mengetahui bagaimana caranya untuk mengimplementasikan enkripsi data dalam berbagai tahapan, mulai dari saat data berada dalam perjalanan (data transit) hingga saat data disimpan (data at rest).


Keahlian dalam menggunakan algoritma enkripsi yang tepat, mengelola kunci enkripsi, dan memahami konteks di mana enkripsi diperlukan, menjadi skill yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa data tetap aman dari ancaman yang mungkin muncul.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Implementasi Sistem Kontrol Akses yang Efektif

Data Engineer

Skill lain yang harus dimiliki oleh Data Engineer untuk menjaga keamanan data adalah kemampuan untuk mengelola dan mengimplementasikan sistem kontrol akses. Mereka harus bisa memastikan bahwa hanya user yang diberi kewenangan saja yang memiliki akses ke data yang sensitif.


Selain itu, Data Engineer juga harus bisa mengelola izin yang diberikan dengan cermat. Dengan menerapkan prinsip-prinsip least privilege, seorang Data Engineer dapat meminimalkan risiko akses yang tidak sah dan mengamankan data dari ancaman internal maupun eksternal.


3. Keahlian dalam Mendeteksi dan Menangani Ancaman Keamanan

Data Engineer

Selain dua skill yang telah dibahas sebelumnya, Data Engineer juga perlu memiliki kemampuan untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau ancaman keamanan yang mungkin terjadi. Mereka bisa melibatkan penggunaan alat-alat monitoring dan deteksi perintah untuk melakukan monitoring dan mendeteksi pola perilaku yang tidak biasa. 


Selain itu, skill untuk bertindak cepat dan tanggap akan insiden yang terjadi juga menjadi skill yang sangat krusial. Seorang Data Engineer harus dapat merespons cepat terhadap ancaman, mengisolasi masalah, dan mengamankan data secepat mungkin untuk menghindari kerugian lebih lanjut.


4. Pengetahuan Tentang Kepatuhan dan Regulasi Data

Data Engineer

Seorang Data Engineer juga harus memahami kebijakan dan regulasi data yang berlaku. Hal ini juga mencakup kepatuhan terhadap undang-undang privasi data, standar keamanan industri, dan regulasi lain yang mungkin berlaku pada sektor atau wilayah tertentu.


Mereka harus bisa memastikan bahwa sistem dan proses yang dibangun sesuai dengan persyaratan kepatuhan. Ini bertujuan untuk mencegah sanksi dan menjaga kepercayaan pelanggan terhadap keamanan data.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Dalam menghadapi tantangan kompleks keamanan data, seorang Data Engineer memiliki peran strategis dalam melindungi informasi berharga perusahaan. Mereka akan menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan data yang menjadi tulang punggung keberhasilan perusahaan di era digital ini.


Menjadi seorang data engineer yang sukses membutuhkan kombinasi keterampilan teknis dan pemahaman tentang konsep data engineering. Penguasaan tools dalam pekerjaan Data Engineer bisa membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login