SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 4 Menit 8 Detik

Skill Data Engineer Favorit di Tahun 2023

Belajar Data Science di Rumah 21-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e6708e2d-e65f-484a-9c62-0e7b1b9d794e-2023-06-21-171356_x_Thumbnail800.jpeg

Perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat, terlebih lagi banyak profesi yang bersangkutan dengan teknologi seperti praktisi data yang sekarang menjadi primadonanya sekarang. Beberapa praktisi data menjadi primadona seperti Data Engineer, data scientist, dan juga data analyst. Kita masuk ke dalam materi data engineer, karena masih banyak yang belum mengerti apa itu data engineer, tugasnya, dan juga tanggung jawabnya sampai dengan skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang data engineer. 


Data Engineer adalah salah satu profesi praktisi data yang memiliki tanggung jawab terhadap infrastruktur data, mengumpulkan data, mengembangkan data sampai dengan memelihara data. Data engineer ini juga bekerja sama dengan profesi lainnya seperti data analyst dan juga data scientist. Untuk mengetahui skill apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi data engineer, DQLab sudah merangkumnya di artikel di bawah ini jadiu simak terus ya!


1. Bahasa Pemrograman

Data engineer dapat dikatakan adalah sebuah karir spesialis dari software engineering, yang diharuskan menguasai skill programming yang umum dipakai di dalam software engineering. Untuk bahasa pemrograman yang harus dimiliki adalah seperti SQL, Python, Java, dan lain sebagainya. Skill programming ini diperlukan untuk bisa mengakses, mengambil data, menjalankan query, dan juga menghapus data yang ada di dalam database. Selain hal itu data engineer juga harus memiliki skill system scripting, 


Dengan memiliki skill ini, data yang dimiliki akan lebih mudah terbaca dan juga diproses, yang nantinya kode yang dibuat akan bisa langsung dijalankan sebagai program.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Cloud Computing

Cloud computing atau dalam bahasa indonesianya adalah komputasi awan adalah suatu metode layanan melalui internet. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa data engineer akan bertanggung jawab atas data mentah dari menyimpan sampai mengelolanya. Maka dari itu, data engineer akan menyimpan dan juga mengakses data dari berbagai platform lalu di query yang nantinya akan dianalisis.


3. API

API adalah interface perantara yang biasa menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya untuk bisa mengakses data. Contohnya seperti perusahaan ingin membuat sebuah aplikasi yang membutuhkan sebuah kamera untuk mengambil dokumentasi. Dengan menggunakan API, developer tidak memerlukan coding atau membuat program baru dari nol lagi. 


Fungsi dari API ini memungkinkan developer untuk mengakses kamera tersebut langsung di aplikasi, tanpa perlu repot membuat software baru untuk kamera dan lainnya.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Machine Learning

Machine learning adalah sesuatu hal yang harus dipahami oleh praktisi data. Machine learning ini juga salah satu bagian dari AI atau artificial intelligence yang dikembangkan untuk bisa belajar dengan sendirinya tanpa ada campur tangan dari manusia. Machine learning ini juga perlu dikenali oleh data engineer untuk memudahkan data scientist dalam menganalisis data dengan menggunakan algoritma-algoritma machine learning yang sudah ada dan tersedia dengan library yang cukup banyak. 


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. 


DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu, DQLab juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab menerapkan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah pemula sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! 


Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login