PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 41 Menit 59 Detik

Skill Excel : Pondasi Utama dalam Pengembangan Karir

Belajar Data Science di Rumah 21-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c2161ddd-b552-48ad-bacb-43b5de8e4157-2023-06-21-161919_x_Thumbnail800.jpeg

Setiap perusahaan haruslah melakukan sebuah evolusi dan juga mendorong kemajuan untuk terus berkompetisi di dunia bisnis saat ini. Salah satu cara yang cukup ampuh dalam meningkatkan profitabilitas adalah dengan cara mengimplementasikan program development sehingga untuk para karyawannya bisa terus untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terbarukan dan dapat bekerja seefisien mungkin.


Para pebisnis juga harus memanfaatkan derasnya arus data pada saat ini. Dengan cara mengolah dan juga menganalisis data-data tersebut agar memiliki nilai yang berguna untuk memajukan bisnis perusahaan. Salah satu tools populer untuk menganalisis data yang user friendly dan juga cocok digunakan oleh para pemula adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel ini sangat membantu dalam proses pengolahan data dan juga analisis data, walaupun kalian belum pernah mempelajari coding sebelumnya. 


Mungkin Microsoft Excel ini seringkali dianggap sebagai suatu software yang hanya digunakan untuk membantu perhitungan data agar lebih cepat dan efisien. Padahal masih banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh Excel ini. Dengan begitu banyaknya manfaat yang ditimbulkan oleh software ini, kira-kira apa saja ya alasan dibalik pentingnya menguasai microsoft Excel untuk pondasi karir? Maka dari itu simak artikel di bawah ini ya!


1. Fungsi Excel dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika pekerjaan atau aktivitasmu sehari-hari berhubungan dengan angka atau numerik, maka Excel akan banyak membantu untuk mempermudah kegiatanmu. Tidak hanya dalam bentuk data yang kecil, bahkan data berskala besar sekalipun dapat diterapkan menggunakan Excel.


Membantu menyelesaikan soal matematika dan logika.

Tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi pengolah data, fitur-fitur Microsoft Excel juga bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan soal matematika dan logika. Tidak heran lagi, software ini sangat direkomendasikan sebagai tools dalam membantu tugas di sekolah/universitas.


Membuat catatan anggaran keuangan harian/bulanan.

Dengan bantuan Excel, anggaran keuangan yang dikeluarkan dalam sehari/sebulan bisa lebih tersusun. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur pengurangan, penambahan, perkalian dan lain-lain untuk memperkirakan anggaran rata-rata tiap bulannya.


Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran harian/bulanan.

Sama pentingnya dengan anggaran, membuat catatan pemasukan dan pengeluaran akan membantu kamu untuk mengelola keuangan lebih bijak. Fitur-fitur Excel mampu membuat catatan pemasukan dan pengeluaran kamu terlihat lebih rapi dan tertata.

 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja 


2. Fungsi Excel dalam Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan

Penyusunan laporan keuangan sangatlah penting untuk memastikan biaya perusahaan keluar kemana saja dan untuk apa saja. Microsoft Excel bisa menjadi salah satu alternatif software laporan keuangan yang banyak digunakan perusahaan di berbagai bidang. Dengan sifat software nya yang terdiri dari kumpulan baris dan kolom, akan memudahkan perancangan laporan keuangan berupa angka dengan fasilitas rumus perhitungan yang lengkap.


Selain untuk laporan keuangan perusahaan, contoh lainnya dari penggunaan Excel adalah dalam bidang akuntansi. Pada bidang akuntansi, Excel menjadi tools perusahaan untuk menghitung pendapatan maupun pengeluaran dalam bentuk laba/rugi, menghitung gaji karyawan hingga utang/piutang perusahaan dengan rumus perhitungan yang cepat dan tepat.


3. Fungsi Excel dalam Pengolahan Data Statistika

Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan analisa, penyajian serta kesimpulan suatu data. Statistika sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan atau sebuah penelitian untuk pembuktian hasil riset.


Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data statistika yaitu untuk pengelolaan data berbasis statistik seperti mencari nilai tengah, rata-rata, varian dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.


Biasanya, hasil pengolahan data statistika divisualisasikan dalam bentuk diagram atau dalam bentuk lingkaran. Contoh penerapan riil-nya yaitu untuk membuat diagram hasil riset minat beli customer terhadap suatu produk.

 

4. Fungsi Excel dalam Pembuatan Tabel, Grafik dan Chart

Berdasarkan dengan fungsi utamanya, Microsoft Excel akan membantumu dalam membuat dan menyusun sebuah tabel. Excel sendiri memiliki sekitar 1.084.576 jumlah baris dan 16.384 jumlah kolom yang dapat digunakan untuk menginput data dengan jumlah yang besar. Data yang telah diinput, pastinya dibutuhkan sebuah visualisasi agar pembaca lebih mudah untuk memahami data tersebut.


Disinilah fungsi Excel untuk membuat sebuah grafik atau plot, dengan bantuan chart wizard yang akan membantu pembuatan grafik lebih cepat dan mudah. Selain itu ada juga fitur Power View yang juga digunakan untuk menyajikan data namun dalam bentuk yang lebih menarik dan interaktif. Hal ini akan mendukung pengambilan keputusan dalam proses bisnis.


Ada banyak pilihan bentuk grafik seperti Pie Chart, Bar Chart, Column Chart, Line Chart, Scatter Chart, Bubble Chart, Radar Chart, dan lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan data yang kamu miliki. Contoh grafik yang bisa kita temukan seperti grafik perkembangan jumlah penduduk di suatu daerah tertentu selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Belajar Excel banyak memberikan banyak manfaat tidak hanya yang ingin bekerja di bidang data, tapi juga profesi atau orang umum yang butuh software untuk mengorganisir datanya. Fungsi dan fitur yang ditawarkan Excel sudah cukup lengkap untuk memudahkan pengolahan data. Bagi kamu yang ingin memulai karir menjadi seorang Data Scientist, perlu banget untuk mempersiapkan kemampuan serta skill Excel ini loh!


Yuk asah skill Excel kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai Data Science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal Data Science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login