Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Skill Powerful Python untuk Persiapan Karir

Belajar Data Science di Rumah 06-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-01-2024-05-04-115038_x_Thumbnail800.jpg

Di antara bahasa-bahasa pemrograman yang ada, Python memiliki ‘tempat istimewa’ sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati di dunia. Popularitasnya yang terus meningkat tidaklah tanpa alasan yang kuat. Dengan keunggulan serbaguna dan fleksibilitas yang luar biasa, Python telah menjadi bahasa yang tak tergantikan bagi siapa pun yang tertarik untuk membangun karir di dunia teknologi.


Dibalik fiturnya yang sangat powerful, Python menawarkan kombinasi fitur yang menjadikan bahasa pemrograman ini menjadi pilihan utama para software developer dan scientist. Salah satu alasan mengapa Python sangat diandalkan oleh banyak profesi adalah karena kemampuannya yang serbaguna. Dari pengembangan aplikasi web hingga analisis data, Python mampu menangani berbagai tugas dengan cepat dan efisien. Bahkan dalam bidang artificial intelligence dan machine learning, Python menjadi tonggak utama yang menggerakkan inovasi dan perkembangan teknologi. 


Tak heran jika penguasaan Python dianggap sebagai ‘investasi’ karir yang menjanjikan. DQLab telah merangkum empat alasan mengapa Python penting untuk persiapan karir. Apa saja kah itu? Yuk kita simak bersama!


1. Permintaan Tinggi di Pasar Kerja

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling dicari di pasar kerja saat ini. Banyak perusahaan teknologi besar seperti Google, Facebook, Amazon, dan Netflix menggunakan Python dalam berbagai aspek pengembangan perangkat lunak mereka.


Selain itu, banyak perusahaan di luar industri teknologi juga mulai mengadopsi Python untuk berbagai keperluan, termasuk analisis data, kecerdasan buatan, dan pengembangan web. Dengan menguasai Python, kita akan memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Python

Source: data bridge market research


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Serbaguna dan Mudah Dipelajari

Salah satu keunggulan Python adalah kemampuannya yang serbaguna. Python digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pengembangan perangkat lunak, data science, artificial intelligence, pengembangan web, dan banyak lagi. Selain itu, Python dikenal sebagai bahasa yang mudah dipelajari, bahkan bagi pemula sekalipun. Dengan sintaks yang bersifat intuitif dan dokumentasi yang luas, Python memungkinkan untuk mulai membuat kode yang berguna dengan cepat.


3. Mendukung Pengembangan Cepat

Python menawarkan berbagai library dan framework yang mempercepat pengembangan perangkat lunak. Misalnya, Flask dan Django adalah framework yang populer untuk pengembangan web dengan Python, sementara Pandas dan NumPy adalah library yang sering digunakan untuk analisis data. Dengan menggunakan alat-alat ini, kita dapat menghemat waktu dan usaha dalam mengembangkan solusi perangkat lunak yang kompleks.

Python

Source: learn python


4. Memungkinkan Inovasi dan Kreativitas

Kemampuan Python untuk menangani berbagai jenis tugas membuatnya menjadi alat yang sangat kuat untuk inovasi dan kreativitas. Dengan Python, kita dapat dengan mudah mengembangkan prototipe, bereksperimen dengan ide baru, dan membangun solusi yang inovatif untuk masalah yang ada. Selain itu, Python juga memiliki komunitas yang besar dan aktif, yang berarti kita dapat dengan mudah menemukan dukungan dan sumber daya untuk proyek.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Saat ini bahasa pemrograman seperti Python, R, Java, dan lain sebagainya menjadi tools yang akan sangat dihargai. Seseorang yang menguasai tools ini relatif lebih banyak dicari karena tuntutan pengolahan data dengan skala besar. Yuk perdalam bahasa pemrograman untuk persiapan berkarir di berbagai industri bersama DQLab!


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login