FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 46 Menit 47 Detik 

Spoiler! Job Description Data Scientist 2022

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cfb7eb2033ed253b0a8197f7eaff33b0_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi Data Scientist saat ini sangat menarik perhatian dari berbagai kalangan. Tidak heran jika ada beberapa orang pun memilih untuk alih profesi menjadi Data Scientist. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan profesi ini merupakan profesi terkini, bergaji fantastis, memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan serta masih sedikit yang benar-benar berminat walaupun sebenarnya sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan masa kini.


Memahami job description dari seorang Data Scientist tentunya sangat krusial sebelum kita memutuskan untuk menjadi seorang Data Scientist. Agar meminimalisir terjadinya miskonsepsi, pastikan kalian perlu tahu terlebih dahulu mengenai job description dari Data Scientist ini.


Di artikel ini, kita akan mengulas lebih jauh tentang job description dari profesi Data Scientist. Ikuti dan simak selengkapnya pada postingan ini ya!


1. Job Description Seorang Data Scientist

Job description seorang Data Scientist adalah mengambil informasi dari berbagai sumber dan menganalisis data tersebut untuk mendapatkan insight yang jelas mengenai kinerja dan performa suatu perusahaan.


Data Scientist menggunakan metode statistik dan analisis tambahan seperti artificial intelligence tools untuk mengotomatisasi proses tertentu dan mengembangkan solusi cerdas untuk mengatasi tantangan bisnis.


Selain menganalisis data, seorang Data Scientist juga harus menyajikan hasil dengan cara yang jelas dan menarik. Tujuannya adalah untuk membantu perusahaan menganalisis trend dan membantu stakeholder untuk membuat keputusan yang lebih baik.


Oleh karena itu, seorang Data Scientist harus memiliki kombinasi keterampilan teknis, analitis, dan komunikasi yang baik.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Riset

Tugas yang pertama yang harus kalian lakukan jika kalian sudah masuk menjadi seorang Data Scientist adalah melakukan sebuah riset. Hal ini diperlukan karena pekerjaan ini melibatkan banyak sekali data di dalamnya. Jadi kalian haruslah mampu dalam mengidentifikasikan sebuah data sebelum masuk ke tahapan selanjutnya yaitu tahap analisis.


Data Scientist


Selain hal itu, riset ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk memastikan apakah data yang diambil kredibel ataukah tidak. Tahap riset juga sangat berguna untuk dapat mengetahui peluang dari suatu perusahaan untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang perusahaan hadapi. Riset akan sangat mendukung dalam pengambilan sebuah keputusan yang tepat.


3. Melakukan Analisis Data Perusahaan

Analisis data tentu menjadi sesuatu yang familiar dilakukan oleh Data Scientist. Biasanya pada perusahaan skala menengah, Data Scientist melakukan eksplorasi data dengan mengambil data dari database dengan menggunakan query SQL.


Data Scientist


Tidak hanya itu, terkadang Data Scientist juga menggunakan Microsoft Excel untuk membuat pivot table. Selain itu, pemilihan model juga perlu diperhatikan untuk meminimalkan risiko kesalahan atau error yang terjadi pada data.


Secara umum, Data Scientist adalah seseorang yang tahu cara mengekstrak makna dan menafsirkan data, yang membutuhkan alat dan metode dari statistik dan Machine Learning, serta manusia.


Terkadang, beberapa perusahaan memberikan sebuah penugasan terkait analisis data karena data sudah terkoneksi langsung sehingga mempermudah untuk perlakuan analisis. Dengan kegiatan seperti ini sangat sesuai bagi kalian yang ingin berkarir di industri data sebagai Data Scientist.


4. Mempresentasikan Hasil Analisisnya

Tugas yang tidak kalah penting dari seorang Data Scientist adalah mempresentasikan hasil analisis yang didapatkannya. Penyampaian hasil analisis ini bisa dilengkapi dengan data visualisasi, sehingga audience dapat lebih mudah untuk memahami keadaan yang terjadi.


Data Scientist


Umumnya hasil temuan tersebut akan disampaikan ke orang yang memiliki jabatan dan yang berhak mengambil keputusan atau biasanya dikenal dengan sebutan stakeholder. Proses mempresentasikan hasil analisis ini tentunya harus disampaikan secara lengkap dan jelas agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan.


Itulah mengapa seorang Data Scientist juga dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni.


5. Berkolaborasi dengan Tim Lain

Data Scientist dianggap sebagai posisi yang merupakan tombak dari perusahaan. Sehingga analisis yang dilakukan oleh Data Scientist pasti akan berhubungan dengan berbagai bidang yang ada di perusahaan.


Data Scientist sering kali harus melakukan kolaborasi dan bekerja sama dengan tim lain yang ada di perusahaan, karena sudah pasti tim yang berada di bidang tersebut akan sangat mengerti bidang nya sendiri. Sehingga keputusan yang akan dibuat benar benar sesuai dengan kebutuhan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab.


Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara Sign Up di DQLab.id kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”.


Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2023.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :