PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 39 Menit 49 Detik 

SQL dan Data Science, Apa Keterkaitannya?

Belajar Data Science di Rumah 12-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5ee3c966a3e5ab1230f783436a945b73_x_Thumbnail800.png

Bagi kalian yang sedang dalam proses mempelajari Data Science, pasti kalian akan beririsan atau bertemu dengan materi mengenai bahasa pemrograman. Ada delapan bahasa pemrograman yang digunakan dalam Data Science, yaitu Python, R, SQL, Scala, Julia, JavaScript, MATLAB, dan C/C++.


Dari kedelapan bahasa pemrograman, terdapat tiga bahasa terpopuler atau yang sering digunakan dalam Data Science, bahasanya antara lain Python, R, dan SQL. Karena masih banyak dari kalian yang ingin belajar Data Science, namun tidak terlalu paham mengenai bahasa pemrograman, DQLab akan memberikan kalian informasi seputar itu. Yuk, simak bersama jangan sampai ketinggalan.


1. Pengertian Data Science

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari penggabungan antara ilmu komputer, matematika, dan statistika dengan tujuan untuk menganalisa data dengan volume yang besar dalam suatu perusahaan, organisasi atau lembaga. Selain itu, dalam Data Science juga terdapat beberapa profesi turunan yang sedang digemari oleh masyarakat luas.


Pada umumnya, profesi yang didasari oleh Data Science dapat menggunakan bahasa pemrograman untuk memanipulasi atau merancang suatu database. Profesi yang mempelajari ilmu Data Science juga dapat memahami machine learning yang berguna untuk mengolah teks, gambar, video, dan lainnya untuk menghasilkan artificial intelligence atau sistem kecerdasan buatan.


Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Pengertian SQL

Bahasa pemrograman yang akan menjadi topik utama dalam artikel ini adalah SQL, SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk membantu dalam pengambilan dan pengelolaan informasi dalam sebuah database. SQL sangat sering digunakan oleh profesi data untuk membuat sistem database dan merancang kebutuhan basis data pada suatu aplikasi.


SQL juga memiliki beberapa jenis perintah yang seringkali digunakan untuk membangun suatu database, perintah-perintahnya adalah definition, manipulation, query, control, dan transaction control. Kelima perintah tersebut dapat kalian pelajari dan aplikasikan dalam suatu database. SQL sangat digunakan oleh profesi Data Scientist dan Developer.


3. Mengapa Belajar SQL?

Jika kalian sudah memutuskan akan mendalami ilmu Data Science, maka kalian juga akan mempelajari SQL. Mungkin beberapa dari kalian masih belum menemukan alasan mengapa harus belajar SQL, tetapi DQLab dapat memberikan kalian alasan untuk itu. Alasan pertama adalah meskipun SQL terbilang rumit, namun sesungguhnya SQL mudah dipelajari dan digunakan, lho!


Alasan kedua adalah SQL dapat membantu kalian dalam memahami dataset, alasan yang ketiga adalah SQL terintegrasi dengan bahasa scripting, seperti R dan Python sehingga kalian dapat bekerja dengan nyaman. Alasan keempat adalah SQL dapat kalian gunakan untuk mengelola data dalam volume yang besar. Dan alasan terakhir adalah SQL adalah pintu menuju profesi Data Science.


4. Keterkaitan SQL dan Python

Ketika kalian sudah bekerja dalam industri data, kalian akan menemukan banyak kasus atau senior dalam bidang sama yang menghubungkan Python dengan SQL. Profesi Data, khususnya Data Scientist perlu menghubungkan SQL agar data yang berasal dari aplikasi web dapat tersimpan dengan baik.


Hal tersebut juga membantu dalam hal berkomunikasi dengan sumber data yang berbeda-beda. Dengan penggunaan Python dan SQL secara bersamaan lebih memudahkan profesi data dalam bekerja dengan lebih nyaman karena mereka tetap dapat memanipulasi data dalam SQL tanpa memerlukan file CSV.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Kuasai Kedua Materi Data Bersama DQLab

Belajar kedua materi memang terbilang rumit, namun dapat kalian mudahkan dengan sesi belajar bersama DQLab. Dalam DQLab, kalian dapat mengembangkan skill yang dibutuhkan seraya memperbanyak pengalaman praktik data kalian. Jika kalian tertarik, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program belajar seperti apa yang ditawarkan oleh DQLab. Ayo, jadi bagian dari DQLab.id dan pelajari keseluruhan ilmu Data Science!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :