TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 40 Menit 47 Detik

SQL Group By, Cara Mudah untuk Mengelompokkan Data

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/27bd4788d9abfc70a5379ad1ead36fa5_x_Thumbnail800.jpeg

Data adalah bagian penting dalam kegiatan penelitian. Data perlu dianalisis lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang dapat dibuat sebagai pengambil keputusan. Seorang analis data perlu mempelajari banyak hal salah satunya adalah bahasa pemrograman SQL. SQL ini akan membantu dalam menganalisis data perusahaan, seperti mengolah data menjadi berbentuk agregasi. Salah satu fungsi yang sering digunakan adalah SQL Group By.  


SQL merupakan suatu bahasa yang digunakan untuk mengakses database relasional. SQL ini dapat digunakan pula untuk mengubah data, memanipulasi data, dan lainnya. SQL ini sangat membantu dalam dunia kerja terutama dalam proses pengelolaan dan pengolahan data sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses data tersebut. Berbagai pekerjaan milenial yang berhubungan dengan data sangat membutuhkan skill SQL seperti data scientist, data analyst, database administrator, big data architect, dan masih banyak lainnya.


1. Fungsi di SQL

Fungsi adalah metode yang digunakan untuk melakukan operasi data di database. Operasi ini bisa berupa kalkulasi numerik seperti sum, count, avg, dll atau operasi non numerik seperti string concatenations dan sub-string. Fungsi SQL terbagi menjadi dua yaitu fungsi skalar dan fungsi aggregate. Fungsi skalar merupakan fungsi dalam SQL yang digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal dari suatu nilai input yang diberikan. Sedangkan fungsi agregat adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai dan kemudian mengembalikan nilai tunggal.


SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi Skalar

Fungsi skalar terbagi menjadi dua jenis yaitu fungsi skalar untuk numerik value yang biasa digunakan untuk melakukan operasi matematik di SQL secara cepat dan efektif. Beberapa fungsi skalar matematika yang sering digunakan antara lain adalah abs(), ceiling(), floor(), round(), sqrt(), mod(), dan exp(). 


SQL


Jenis yang kedua adalah fungsi skalar text untuk string value. Fungsi ini digunakan untuk melakukan operasi pada text atau karakter di SQL. Beberapa contoh fungsi text yang dapat digunakan antara lain concat(), split_part(), substr(), length(), replace(), trim(), upper(), lower(), dll. 


SQL


3. Fungsi Agregate

Fungsi agregate digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai. Berbagai fungsi agregate yang sering digunakan adalah : 

  • SUM(), untuk menjumlahkan sekelompok nilai (baris) dalam satu kolom

  • COUNT(), untuk menghitung jumlah baris

  • AVG(), untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu kolom

  • MIN(), untuk menghitung nilai minimum dari suatu kolom

  • MAX(), untuk menghitung nilai maximum dari suatu kolom

  • FIRST(), untuk mengembalikan nilai pada baris pertama dari suatu kolom

  • LAST(), untuk mengembalikan nilai pada baris terakhir dari suatu kolom.

SQL


4. Group By 

SQL group by merupakan suatu statement yang digunakan untuk mengelompokkan data yang bernilai sama ke dalam satu grup. Dengan menggunakan fungsi agregate seperti (COUNT, MAX, MIN, SUM, AVG) kita juga bisa melakukan agregasi untuk setiap grup atau kelompok yang terbentuk. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu 1) group by digunakan dengan select, yang artinya kolom yang digunakan di GROUP BY statement juga perlu ditempatkan di SELECT; 2) GROUP BY ditempatkan setelah WHERE, jika tidak menggunakan WHERE maka langsung ditempatkan setelah FROM; 3) jika menggunakan ORDER BY maka GROUP BY ditempatkan sebelum ORDER BY. Berikut ini syntax penggunaan GROUP BY

SQL



Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penguasaan bahasa SQL merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki, terutama kamu yang lebih bertanggung jawab terhadap data. Untuk memudahkan pekerjaan seperti mengakses dan memanipulasi data, pelajarilah SQL yang bisa kamu coba di DQLab yang juga menyediakan modul sebagai tempat belajar dari dasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :