LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 1 Jam 41 Menit 32 Detik

SQL Group BY dengan Fungsi EOMONTH

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-06-2024-03-16-133318_x_Thumbnail800.jpg

SQL memiliki berbagai fungsi yang dapat dipakai dalam melakukan pengolahan data berderet waktu. Misalnya dalam bentuk harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Salah satu fungsi yang dapat digunakan dalam mengambil data bulanan melalui SQL adalah EOMONTH. EOMONTH atau End of Month merupakan fungsi yang digunakan untuk mengembalikan tanggal terakhir dari bulan yang ditentukan. Fungsi ini sangat berguna dalam situasi di mana Anda perlu menghitung tanggal akhir dari bulan untuk tujuan tertentu, seperti perencanaan keuangan, pembuatan laporan, atau pemrosesan data berdasarkan periode bulanan.


Fungsi EOMONTH memiliki keterkaitan dengan GROUP BY pada SQL. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan EOMONTH untuk menghitung tanggal akhir bulan dan kemudian menggunakan GROUP BY untuk mengelompokkan data berdasarkan bulan tersebut, sehingga kamu dapat melakukan analisis per bulan dalam data penjualan atau data berdasarkan tanggal.


Jika kamu penasaran lebih lanjut tentang fungsi EOMONTH yang diterapkan dalam bahasa pemrograman SQL, ada baiknya kamu simak dulu ya penjelasan berikut ini!


1. Fungsi EOMONTH dalam SQL

Fungsi EOMONTH dalam SQL adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengembalikan tanggal terakhir (akhir bulan) dari bulan yang diberikan. Biasanya, kamu memberikan tanggal sebagai argumen, dan fungsi ini akan mengembalikan tanggal terakhir dari bulan yang sesuai dengan tanggal tersebut. Fungsi ini berguna dalam berbagai kasus, terutama ketika kamu perlu menghitung tanggal akhir bulan untuk tujuan penghitungan atau pelaporan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Sintaks Fungsi EOMONTH

Berikut adalah sintaks fungsi EOMONTH:

SQL

Keterangan:

  • date_expression adalah argumen yang berisi nilai tanggal atau ekspresi yang menghasilkan nilai tanggal. Ini adalah tanggal yang akan digunakan sebagai referensi untuk mencari akhir bulan.

  • [month_to_add] adalah argumen opsional yang digunakan untuk menentukan seberapa banyak bulan yang akan ditambahkan ke date_expression sebelum mencari tanggal akhir bulan. Ini dapat digunakan jika Anda ingin mencari tanggal akhir bulan di masa depan atau di masa lalu.


3. Pentingnya Penggunaan Fungsi EOMONTH

Fungsi EOMONTH dalam SQL memiliki beberapa kegunaan penting dalam pengelolaan data dan pengembangan aplikasi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa fungsi ini penting:

  • Perhitungan Tanggal Akhir Bulan: EOMONTH memudahkan perhitungan tanggal akhir bulan, yang sering diperlukan dalam berbagai aplikasi bisnis, seperti perencanaan sumber daya manusia, akuntansi, dan perhitungan bunga.

  • Laporan Bulanan: Dalam pengembangan aplikasi yang melibatkan laporan bulanan, EOMONTH sangat berguna untuk menentukan tanggal akhir bulan dalam filter data, perhitungan total bulanan, dan lainnya.

  • Perencanaan Waktu: Ketika kamu perlu menghitung jangka waktu atau menghitung berapa bulan yang berlalu antara dua tanggal, EOMONTH dapat membantu menentukan tanggal akhir bulan dalam perhitungan ini.

  • Pembayaran Bulanan dan Bunga: Dalam aplikasi perbankan dan keuangan, kamu sering perlu menghitung pembayaran bulanan atau bunga berdasarkan tanggal akhir bulan.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Contoh Penerapan Fungsi EOMONTH SQL

Berikut beberapa contoh penggunaan fungsi EOMONTH:

  • Mengambil tanggal akhir bulan dari tanggal tertentu:

SQL

  • Mengambil tanggal akhir bulan 3 bulan setelah tanggal tertentu

SQL

  • Mengambil tanggal akhir bulan 2 bulan sebelum tanggal tertentu

SQL


Dari ketiga sintaks diatas kita bisa melihat bahwa sintaks pertama didahului dengan tanggal yang diberikan sehingga sintaks pertama dapat diambil tanggal terakhir untuk dicari End of Monthnya. Selanjutnya pada contoh kedua, kita menambahkan angka 3 setelah tanggal yang ditentukan untuk mencari tanggal akhir bulan.


3 disini berarti 3 bulan setelah tanggal acuan. Berbeda pada sintaks ketiga, dimana ada tanda minus didepan angka 2 sebab dihitung mundur dari 2 bulan sebelum tanggal diberikan. Jadi untuk sintaks yang ketiga digunakan untuk mencari tanggal akhir bulan dari 2 bulan ke belakang.


Penggunaan SQL GROUP BY merupakan salah satu fungsi yang banyak dibutuhkan untuk proses pengelolaan database.Kita dapat mempelajari dasar-dasar bahasa SQL di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login