Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

SQL Injection, Ketahui Cara Kerja & Pencegahannya

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/44d55b68ac2f6f0f2d52665d4b778259_x_Thumbnail800.jpeg

Dalam dunia teknologi saat ini kita semakin dipermudah dengan berbagai kecanggihan yang ada. Segala sesuatu dapat dilaksanakan dengan lebih efisien dengan menggunakan proses digital. Namun perlu diketahui pula bahwa dalam proses digital juga terdapat berbagai ancaman kejahatan cyber atau biasa dikenal pula dengan cyber crime. Salah satu cyber crime yang perlu diketahui para praktisi data adalah SQL injection.


SQL injection ini merupakan salah satu bentuk dari kejahatan cyber dimana peretas menyalahgunakan celah keamanan yang ada di lapisan SQL berbasis data suatu aplikasi. Mudahnya segala sesuatu dikerjakan secara online juga memberi kesempatan pada para hacker untuk dapat meretas dan mengakses database yang bersifat rahasia. Hal ini jika tidak ditangani lebih lanjut tentu bisa merugikan dan berakibat fatal bagi pengguna atau pemilik data. Yuk simak beberapa hal terkait SQL Injection di artikel berikut ini!


1. Pengertian SQL Injection

SQL injection merupakan suatu teknik penyalahgunaan celah keamanan pada aplikasi. Biasanya SQL injection ini digunakan untuk mencari celah pada data yang tidak seharusnya diketahui oleh peretas. Pada umumnya, peretas menggunakan query SQL dengan tools tertentu untuk mengakses data sehingga mereka dapat masuk tanpa melalui proses otentikasi. SQL injection ini dapat meretas berbagai website yang menggunakan SQL seperti MySQL, Oracle, SQL Server, dan sebagainya.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Cara Kerja SQL Injection

SQL injection kini masih menjadi salah satu teknik peretasan yang sering digunakan oleh para hacker. Setiap teknik peretasan memiliki cara kerja masing-masing. Beberapa cara kerja SQL injection yang perlu diketahui adalah sebagai berikut

  • hacker mengidentifikasi celah keamanan pada input/login website/aplikasi lalu memasukkan query SQL yang berbahaya.

  • query SQL divalidasi dan perintah dieksekusi oleh database

  • hacker mendapatkan akses pada database dan bertindak sebagai site administrator


3. Cara mencegah SQL Injection

Seperti yang telah diketahui bahwa SQL injection adalah salah satu teknik peretasan yang sering digunakan dan perlu dicegah agar data yang dimiliki tidak diambil hak aksesnya oleh peretas. Berikut beberapa cara mencegah SQL Injection

  • Mengatur input validation, proses ini bertujuan untuk memverifikasi jenis input yang dikirimkan oleh pengguna diperbolehkan atau tidak

  • Menggunakan parameterized queries, yaitu sarana untuk melakukan pra kompilasi statement SQL. Dengan menggunakan metode ini database kemungkinan akan mengenali kode dan membedakannya dari data input.

  • Memisahkan database username dan password, cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi serangan SQL injection pada aplikasi  dengan melakukan proses ini maka pelaku akan lebih membutuhkan usaha yang lebih karena harus memahami struktur database.

  • Memasang filter untuk input metakarakter

  • Memasang WAF dan IPS

SQL


4. Contoh Kasus

Pada beberapa bagian di atas kita telah mengenal apa itu SQL injection, cara kerja dan cara mencegahnya. Untuk mengenali lebih lanjut terkait SQL injection, berikut beberapa contoh kasus serangan SQL injection:

  • classical SQL injection, dengan cara menggunakan metode UNION dalam menggabungkan dua query untuk menampilkan informasi penting dari database

  • blind SQL injection, dimana ketika injeksi dilakukan berhasil namun tidak menampilkan pesan error kepada attacker

  • pencurian informasi

  • otentikasi bypass, penyerang masuk ke dalam aplikasi dengan hak akses administrator tanpa menggunakan username dan password yang valid


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Cyber crime merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dan diatasi dengan sedini mungkin. Namun sebelumnya tentunya kita juga harus mengerti penggunaan bahasa pemrograman.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login