Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

SQL untuk Data Analyst: Gali Data dengan Lebih Efisien

Belajar Data Science di Rumah 28-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-06-2024-04-26-194011_x_Thumbnail800.jpg

Pernahkah Anda mendengar tentang SQL? Singkatnya, SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Tetapi apa hubungannya dengan data science? Nah, mari kita jelasin. Bayangkan SQL seperti bahasa rahasia yang membuka pintu besar ke dunia data. Jika Anda tertarik dengan data science, memahami SQL adalah kunci untuk membuka berbagai kesempatan dan menjelajahi lebih dalam di dalam dunia data.


Banyak orang berpikir bahwa data science hanya tentang model matematika yang rumit dan visualisasi data yang keren. Namun, di balik layar, ada proses penting yang disebut ekstraksi, transformasi, dan pengambilan data (ETL). Dan SQL adalah bintang utamanya! Mari kita lihat bagaimana SQL digunakan dalam praktik data science dan bagaimana Anda bisa mulai memanfaatkannya untuk memperkaya keterampilan Anda dalam analisis data. 



1. Menggali Data dari Database

SQL

Salah satu tugas utama seorang data analyst adalah menggali data dari database. Inilah dimulainya petualangan data science! Dengan SQL, Anda dapat menulis query sederhana untuk mengambil data dari database. Misalnya, Anda dapat menulis query untuk mengambil semua data pelanggan dari tabel "pelanggan". Kemudian, data ini dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut, seperti mencari pola pembelian atau membuat laporan penjualan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python 


2. Persiapan Data yang Efisien

SQL


Setelah data diambil, langkah selanjutnya adalah mempersiapkannya untuk analisis. Ini adalah tahap yang penting dan seringkali memakan waktu. Dengan SQL, Anda dapat melakukan berbagai transformasi data seperti filtering, sorting, dan aggregating dengan cepat dan mudah. Misalnya, Anda dapat menggunakan query SQL untuk menghapus data yang tidak valid atau menggabungkan beberapa tabel menjadi satu untuk analisis yang lebih holistik.


3. Pengambilan Informasi untuk Analisis Lebih Lanjut

Sekarang, setelah data siap, saatnya untuk mulai menganalisis! SQL tidak hanya membantu Anda dalam mengambil data, tetapi juga dalam mengambil informasi yang spesifik yang Anda butuhkan untuk analisis lebih lanjut. Misalnya, Anda dapat menulis query untuk menghitung jumlah pelanggan baru per bulan atau mencari rata-rata harga produk dalam kategori tertentu. Dengan SQL, Anda memiliki kontrol penuh atas data Anda!


4. Kustomisasi Analisis dengan SQL

SQL

Salah satu hal yang hebat tentang SQL adalah fleksibilitasnya. Anda dapat menyesuaikan query Anda sesuai dengan kebutuhan analisis Anda. Misalnya, jika Anda ingin melihat tren penjualan hanya untuk wilayah tertentu, Anda dapat menambahkan kondisi WHERE dalam query Anda. Ini memungkinkan Anda untuk membuat analisis yang sangat khusus dan relevan untuk bisnis Anda.


5. Pengembangan Karir dalam Data Science

Memahami SQL adalah keterampilan penting dalam dunia data science dan dapat membuka banyak peluang karir. Jika Anda ingin memperdalam pemahaman Anda tentang SQL dan meningkatkan keterampilan Anda dalam analisis data, bergabunglah dengan kursus Data Science di DQLab! Kami menawarkan berbagai kursus yang dirancang untuk membantu Anda menjadi ahli dalam SQL dan data science secara keseluruhan.


 Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data 


Salah satu bootcamp yang bisa diikuti oleh pemula yang tertarik menjadi Data Analyst adalah bootcamp Data Analyst with Python & SQL. Dalam pekerjaan seorang Data Analyst, bahasa pemrograman seperti Python dan SQL akan sangat membantu untuk memproses data yang ada.


Nah, kita akan diajarkan mengenai Python dan SQL dari basic hingga level medium selama 17 kali live class di bootcamp ini. tentu saja mentornya adalah orang yang sudah benar-benar ahli di bidangnya. Lihat Detail Bootcamp Data Analyst SQL & Python DQLab.


DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login