GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 20 Menit 44 Detik 

Starter-Pack Belajar Data Science Secara Otodidak

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/64aa0308c4e616bd05ed25372b91759f_x_Thumbnail800.jpg

Banyak diantara sahabat data mungkin bertanya-tanya, apakah bisa belajar data science secara otodidak? Pertanyaan ini tentunya muncul sebuah kekhawatiran sekaligus keraguan di benak sahabat data semua. Tapi kalian tidak perlu khawatir, jawabannya adalah bisa banget sahabat data untuk belajar data science secara otodidak. Jika kamu adalah seorang yang memiliki latar belakang pendidikan non IT atau STEM, justru tidak perlu menjadi masalah loh sahabat data. Bisa dibilang ilmu data science ini dapat dipelajari oleh semua kalangan dan semua memiliki kesempatan yang sama untuk belajar bersama-sama. Era teknologi saat ini justru lebih memudahkan kita untuk bisa belajar banyak hal seputar data science secara mandiri dan otodidak. Apalagi sekarang banyak sekali referensi-referensi dan website dari lembaga penyedia kursus yang menyediakan kursus secara online untuk memperdalam skill dan meningkatkan ilmu pengetahuan mengenai data science yang bisa sahabat data akses kapan saja dan dimana saja dengan hanya bermodalkan koneksi internet. Mengutip sebuah pepatah bahwa "Sometimes I don't really care how things work, I care more on how those things could help me do my things". 


Sebagai contoh, kita mungkin sedang mempersiapkan presentasi menggunakan aplikasi PowerPoint, tidak menjadi hal penting bagi kita bagaimana PowerPoint memproses semua teks, grafik, dan gambar yang kita muat, bukan? yang penting bagi kita adalah PowerPoint bisa menampilkan presentasi sesuai dengan yang kita mau. Itu saja. Belajar Data Science secara otodidak saya asumsikan berarti anda bukan orang dengan domain knowledge background di Data Science tapi mau mendalami Data Science. Justru ini adalah langkah awal yang tepat untuk kalian bisa mendalami secara otodidak dan mandiri loh sebagai bekal meniti karir di ranah industri data. Lalu, kira-kira apa yang perlu kita persiapkan untuk bisa belajar data science secara otodidak agar belajarnya semakin intens? Kamu juga bisa lakukan ini dirumah loh sahabat data. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana belajar data science secara otodidak dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mempelajari data science secara otodidak. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data maupun data enthusiast utamanya kalian yang memiliki background non IT atau STEM. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1.Kenali Lebih Dulu Core Utama Ilmu Data Science 

Untuk menjadi seorang Data Scientist, kamu harus memiliki kemampuan di bidang computer science sebab untuk meminta mesin menjalankan perintah yang kamu inginkan, tentunya kamu harus memberitahu mesin dalam bahasa mereka. Maka dari itu, skill coding wajib dikuasai Data Scientist. Selain itu, kemampuan math & statistics juga harus kamu kuasai, sebab seluruh algoritma machine learning didasari oleh materi matematika dan statistik. Terakhir, kamu juga harus menguasai domain expertise. Misalnya, bila bekerja sebagai Data Scientist di industri kesehatan, maka kamu harus tau ilmu kesehatan agar bisa membuat model yang sesuai dengan kebutuhan industri. 


Cari tahu ilmu apa yang belum kamu kuasai dan perdalam ilmu tersebut, bisa dikatakan, bayar lah "hutangmu" untuk ilmu yang kamu belum kuasai tersebut. Contoh, bila Background kamu adalah dari Bidang Statistik atau Matematika, maka pelajarilah Ilmu Coding atau Computer Science. Begitu pula sebaliknya, bila kamu sudah memiliki domain expertise (misalkan ilmu perbankan untuk membuat Credit Scoring) maka kamu perlu pelajari ilmu math dan statistik serta computer science


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2.Ketekunan, Keseriusan dan Banyak Berlatih dengan Berbagai Dataset

Ketekunan dan keseriusan merupakan kunci utama dalam belajar data science. Ada tiga hal yang harus dipegang ketika sahabat data ingin belajar data science secara otodidak. Tiga hal tersebut yakni mental (cara berpikir saat belajar atau menerima materi), strategi (cara belajar yang efisien dan mudah) dan materi dan case terkait data science yang tentunya harus disesuaikan dengan kurikulum data science yang berlaku. Pada fase belajar ini, saya sarankan jangan mengkonsumsi terlalu banyak materi karena tujuan awalnya adalah untuk memberikan fast reward/progress ke diri sendiri. 


Ketika memaksakan untuk belajar semua materi sekaligus, apalagi langsung dari yang sulit, kemungkinan besar kamu akan merasa bingung, lelah, dan merasa tidak ada progress. Yang ada, kamu malah de-motivasi untuk terus belajar. Mulailah dari dasar dan peganglah mental model "setiap progress adalah kemajuan". Untuk menjadi Data Scientist, kamu harus paham materi dasar statistik dan matematik. Maka, mulailah belajar materi probabilitas dan statistik. Jangan langsung mengambil kelas yang susah di Youtube, yang ada kamu malah gak paham, dan terkesan tidak ada progress. Kalian juga bisa mengaplikasikan berbagai dataset sebagai uji coba dalam menerapkan ilmu data science melalui berbagai website untuk melakukan pengolahan data


3.Banyak Membaca Berbagai Sumber Referensi Terkait Data Science 

Sebagai pemula yang ingin belajar dalam bidang data, kalian juga bisa memanfaatkan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran. Sumber-sumber yang bisa kalian dapatkan yakni video, buku maupun kursus-kursus online salah satunya DQLab. Mengikuti kursus online melalui website yang menyediakan konten video serta latihan berupa coding, seperti datacamp.com, coursera.org, dan udemy.com. Kemudian, membaca buku data science yang direkomendasikan bagi pemula seperti An Introduction to Statistical Learning: With Applications in R. Untuk saat ini, buku tersebut tersedia dalam versi pdf secara gratis. Selain itu, kalian juga bisa menonton video di Youtube yang memuat konten edukasi seperti Khan Academy, 3Blue1Brown dan StatQuest with Josh Stamer. Kalian juga bisa mengasah kemampuan data analysis dengan mengakses dataset-dataset salah satunya Kaggle.


4.Aplikasikan dan Bangun Portofolio Sebagai Nilai Jual Kepada Recruiter

Setelah kalian mempelajari data science, inilah saatnya kalian mengaplikasikan hasil belajar kalian dalam bentuk portofolio. Sebagai seorang calon praktisi data, tentunya membangun portofolio  merupakan suatu prasyarat sebelum kalian terjun memasuki ranah industri data. Sederhananya, portofolio data mengisyaratkan bahwa pelamar telah memiliki pengalaman dalam mengerjakan suatu proyek atau challenge yang diberikan oleh kursus data analyst. Pelamar biasanya mencantumkan situs web/blog atau melalui sebuah laman tertentu seperti GitHub yang biasanya dicantumkan ke dalam CV anda. Selain sebagai unjuk kemampuan dalam bidang data analyst, portofolio sangatlah penting bagi fresh graduate maupun experience. Hal tersebut diibaratkan sebagai "pintu gerbang" untuk bisa meraih pekerjaan idaman di industri data. Tidak heran, jika portofolio ini kerap kali digunakan sebagai bukti pengakuan atas keterampilan pelamar dalam menyelesaikan suatu proyek dari kursus data science. Kalian bisa melampirkannya baik dalam bentuk artikel, postingan instagram maupun link building untuk membangun portfolio.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5.Belajar Data Science Di Rumah Aja Yuk Bersama DQLab!

Tidak memiliki background di bidang IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa untuk mendapatkan kesempatan untuk menguasai ilmu data science secara otodidak di rumah aja. Data science identik dengan ilmu yang paling "hot" di industri data. Dengan mempelajari Data Science, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah dan insight yang valuable. Apalagi sekarang ini, profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang termasuk kedalam "Sexiest job of the 21st century" versi Harvard Business Review. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara otodidak, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id/signup. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan cobain free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!