GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 58 Menit 43 Detik 

Starter Pack Kursus Belajar Data Yang Wajib Kamu Punya

Belajar Data Science di Rumah 15-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1d859144157bd0196fafc1794f2e41b5_x_Thumbnail800.jpg

Ketika sahabat data memutuskan untuk mengikuti pelatihan data science mulai dari bentuk workshop, training atau pelatihan, kursus data secara online bahkan beasiswa untuk mengikuti bootcamp pasti yang terpikirkan di benak kalian adalah gimana caranya dan darimana saya harus memulai program tersebut. Tentunya persiapan merupakan hal yang paling penting dan paling utama untuk mengikuti kegiatan tersebut. Seperti misalnya, ketika kalian ingin meluangkan waktu dan menginvestasikan uang untuk mendapatkan sebuah pengalaman pastinya kalian sudah siap dengan segala konsekuensi yang dihadapi. Mulai dari waktu yang kalian luangkan untuk belajar, mengerjakan proyek atau tugas-tugas harian maupun kesulitan-kesulitan yang kalian temui saat mengikuti program. Oleh karena itu, kalian perlu menanamkan mindset untuk melakukan apapun kegiatannya dengan senang hati dan dibawa enjoy. Dengan demikian, kalian dapat mempelajari, membangun dan memahami modul-modul dan ilmu yang diterapkan dalam bidang data science khususnya tidak merasakan ketakutan dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi. 


Berbicara mengenai kursus belajar data, terlebih di kondisi saat ini kita sangat diuntungkan dengan menjamurnya kursus belajar data secara online. Hal ini membuat kita bisa menyesuaikan waktu luang kita berapa jam untuk belajar materi dan mengerjakan studi kasus untuk dijadikan sebagai bahan portfolio. Melihat bahwa kondisi saat ini, banyak orang berkeinginan untuk menjadi praktisi data. Hal ini dikarenakan kebutuhan industri akan Data Scientist semakin hari semakin meningkat. Perannya dalam mengolah data hingga proses pengambilan keputusan menjadi hal penting bagi sebuah perusahaan. Selain itu, praktisi data juga bertanggung jawab penuh untuk mengumpulkan, menganalisis, hingga memvisualisasikan data dalam meningkatkan kebutuhan industri. Oleh karena itu, sangat penting bagi sahabat data yang ingin mendalami skill baru khususnya data science untuk mempersiapkan sedini mungkin starter pack apa saja yang harus disiapkan. Dengan begitu, kamu juga memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan kemampuan dan mengasah skill set data science demi menjadi seorang praktisi data yang kompeten. Tapi, sebelum itu kali ini DQLab akan memberikan kamu informasi khusus terkait apa saja starter pack yang harus dipersiapkan ketika kamu mengikuti kursus belajar data. Yuk simak penjelasannya dan pastikan simak baik-baik so keep scrolling on this article guys!


1.Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Data Science 

Data science adalah salah satu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari soal data terutama data kuantitatif atau data numerik. Saat ini, ilmu yang satu ini mulai menjelma menjadi suatu profesi baru di bidang teknologi yang banyak dicari oleh berbagai jenis perusahaan. Menariknya lagi, data science atau ilmu data ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu untuk bisa mempelajarinya. Secara umum data science adalah penggalian atau bisa juga disebut mengekstrak data agar dapat difilter serta didapatkan data yang benar untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya. Banyak yang tidak mengetahui bahwa data science merupakan suatu hal yang dipekerjakan dan banyak pula perusahaan yang mencari orang dengan kemampuan ini. Data science adalah ilmu yang bisa dipelajari seseorang dengan disiplin ilmu umum sekalipun. Namun, meskipun secara umum bisa dilakukan oleh orang dari latar belakang pendidikan apa pun, kemampuan dasar pemrograman, matematika dan statistik akan sangat membantu dalam menjalankan data science ini.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2.Selalu Belajar dan Aplikasikan Python

Berikut adalah saran terbaik untuk meningkatkan keterampilan data science yakni temukan "hal" yang memotivasi Anda untuk mempraktikkan apa yang Anda pelajari dan untuk mempelajari lebih lanjut, lalu lakukan hal itu. Itu bisa berupa proyek ilmu data pribadi, kompetisi Kaggle, kursus online, membaca buku, membaca blog, menghadiri pertemuan atau konferensi, atau yang lainnya. Salah satu pilihan bahasa pemrograman yang bisa dipilih untuk belajar data adalah Menguasai bahasa pemrograman Python merupakan salah satu skill yang harus dikuasai untuk berkarir di bidang Data Science. Pada tahun 2016, Phyton mengambil alih posisi R di Kaggle, platform utama untuk kompetisi Data Science. Pada tahun 2017, Python melampaui R dalam jajak pendapat tahunan KDNuggets tentang tools yang paling banyak digunakan oleh para ilmuwan data. Setahun kemudian, 66% Data Scientist mengklaim telah menggunakan Python setiap hari, menjadikannya bahasa nomor satu untuk para analis profesional.


3.Baca Blog atau Artikel Seputar Data Science 

Saat ini tersedia banyak sekali blog yang menyediakan materi-materi mengenai Data Science mulai dari level beginner hingga advanced. Kamu yang suka membaca, bisa mengunjungi berbagai blog seperti Towards Data Science, Data Science Central, KDnuggets, DataCamp, hingga InsideBIGDATA. Berbagai blog ini menyediakan banyak sekali tulisan terkait data, big data maupun Data Science dengan gaya bahasa yang berbeda, namun tetap mudah dipahami oleh pemula. Kamu juga bisa berlangganan newsletter mereka agar lebih tertib membaca artikel yang dikirimkan ke email secara rutin.


4.Disiplin Berlatih dengan Dataset

Data science adalah ilmu teknis, kemahirannya ditentukan dari seberapa sering ilmunya dipraktekkan.  Membaca buku dan mengikuti kursus adalah awal yang bagus untuk mulai belajar, namun tanpa disiplin untuk secara rutin mempraktekkan sobat tak akan bisa berkembang, apalagi mahir. Data yang tersebar di internet adalah data yang seringkali tidak terstruktur atau berantakan. Belajar menghadapi berbagai data macam ini secara mandiri akan sangat membantu memperkaya pengalaman sobat menjadi mahir data science. Perusahaan juga umumnya menilai seorang data scientist berdasarkan jumlah proyek yang telah ia kerjakan. Semakin banyak proyek yang ia kerjakan semakin bernilai ia di mata perekrut. Jika sobat adalah data scientist pemula, rajin-rajinlah membuat proyek mandiri, dan perkaya portofolio sobat dengan pengalaman menghadapi berbagai dataset. Jangan lupa untuk gunakan github dan kaitkan dengan akun media sosial profesionalmu agar bisa dinilai calon perekrut


Baca juga : Kumpulan Modul Favorit Kursus Data Science Online DQLab


5.Kapan Lagi Belajar Data Science di DQLab? Ayo Persiapkan Dirimu Menghadapi Rekrutmen Industri Data dan Praktisi Data yang Kompeten!

DQLab sebagai salah satu online learning data science yang diinisiasi oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic menyediakan pembelajaran secara online dengan metode live code editor yang bisa diakses secara langsung oleh peserta. Selain itu, peserta kursus tidak perlu repot mengunduh instalasi software tambahan selama belajar di DQLab. DQLab juga melaksanakan event webinar bagi para member maupun umum, secara rutin dengan praktisi data dan perusahaan data membahas topik-topik menarik seputar data & teknologi dengan penerapan di Industri nyata. Mulai dari penggunaan algoritma machine learning untuk menyelesaikan permasalahan preferensi konsumen, membangun portofolio data, workshop dasar pemrograman menggunakan Python, data analyst dan tips interview untuk melamar kerja di industri data, dan topik insightful lainnya. Narasumber yang dihadirkan tentunya berasal dari data expert yang sangat berpengalaman dan mumpuni di bidang data. 


Jika kamu penasaran dengan data science serta ingin belajar secara langsung, DQLab solusinya. Caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id/signup atau bisa klik button dibawah untuk mulai belajar. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor anti ribet. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengunduh software tambahan saat belajar di DQLab. Kamu juga bisa cobain free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry yang berhubungan dengan Machine Learning. Ayo persiapkan dirimu untuk menghadapi rekrutmen industri data dan berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! 


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!