FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 24 Menit 59 Detik 

Statistik vs Statistika, Kenali Perbedaan Hingga Tujuan Penggunaannya

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c9510d11afe82382d8858e0de64137af_x_Thumbnail800.jpg

Statistik dan statistika merupakan dua istilah yang sama, namun secara pengertian sangat berbeda. Beberapa orang masih salah mengartikan statistik dan statistika, bahkan tidak jarang mereka menganggap statistik dan statistika sama. Namun ternyata, statistik dan statistika memiliki fungsi yang berbeda. Walaupun demikian, namun kedua istilah ini sama-sama digunakan dalam kesempatan yang sama. Statistik dan statistika diibaratkan sebagai yin dan yang dimana sangat berbeda namun saling melengkapi. 


Setiap ada statistik, maka di situ ada statistika. Kedua istilah ini saling berkaitan erat maupun sangat berbeda. Pada prakteknya sangat sulit untuk membedakan statistik dan statistika. Salah satu penyebabnya adalah karena namanya yang mirip. Bahkan tidak jarang statistika disebut dengan statistika, meskipun keduanya sangat berbeda. 


Lalu bagaimana cara membedakan statistik dan statistika selain huruf terakhirnya? Pada artikel kali ini DQLab akan membahas cara mudah membedakan statistik dan statistika supaya kamu tidak salah menyebutnya lagi. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Pengertian Statistik

Statistik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai angka atau catatan yang dikelompokkan, dikumpulkan, dan disusun dalam bentuk tabel yang berisi suatu informasi tertentu yang berkaitan dengan suatu topik. Namun demikian, angka atau catatan ini tidak hanya berbentuk tabel, namun juga bisa berbentuk chart atau grafik. Selain itu, statistik juga didefinisikan dengan kumpulan data yang dihasilkan oleh pengolahan yang dilakukan menggunakan suatu metode. Metode inilah yang disebut dengan statistika.

statistik


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Pengertian Statistika

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, mengubah data menjadi tabel, menganalisis,, dan menemukan insight atau informasi dari data. Sebagian besar data yang dikumpulkan berbentuk angka, namun tidak menutup kemungkinan ada data yang berbentuk gambar, video, bahkan audio. Dari pengertian KBBI sudah jelas kan perbedaan statistik dan statistika?


Seperti yang telah dijelaskan pada poin satu, statistika merupakan metode atau ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data. Tujuan dari statistika adalah mendapatkan insight yang bermanfaat yang bisa menjawab suatu permasalahan. Singkatnya, statistika adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan data dan cara mengumpulkannya.


3. Tujuan Statistik

Selain dari pengertiannya, statistik dan statistika juga bisa dilihat dari tujuannya. Kedua istilah ini memang sangat berkaitan dengan data, namun sebenarnya tujuannya berbeda. Data yang diolah serta dipresentasikan menggunakan suatu metode disebut dengan statistik. Tujuan dari statistik adalah untuk mendapat gambaran mengenai data yang telah dikumpulkan dan dianalisis sebelumnya. Dengan demikian, hasil analisis yang disebut statistik ini bisa digunakan untuk menarik suatu kesimpulan dan menyelesaikan suatu permasalahan.

statistik


4. Tujuan Statistika

Jika statistik merupakan data yang didapatkan dari hasil pengolahan menggunakan suatu metode, maka statistika merupakan metode yang digunakan untuk mengolah suatu data hingga menghasilkan statistik. Dengan bantuan metode statistika, data bisa diolah, diinterpretasikan, dan digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Oleh karena itu, tujuan dari statistika adalah untuk mengolah data menjadi informasi yang dikenal dengan statistik yang mudah dipahami oleh semua orang.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Statistika dengan R dan Python Bersama DQLab

Metode statistika dapat digunakan di berbagai tools, bahkan di Microsoft Excel. Selain itu, untuk penggunaan yang kompleks statistika bisa digunakan dengan R dan Python. Ingin coba belajar mengoperasikan R dan Python dengan statistika? Yuk belajar dengan modul DQLab! Klik button di bawah ini untuk signup atau melalui DQLab.id dan nikmati modul gratis "Introduce to Data Science" dengan R dan Python sebagai permulaan bagi kamu yang masih asing dengan bahasa pemrograman R dan Python. Selamat belajar!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :