TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 42 Menit 41 Detik 

Statistik vs Statistika, Kenali Perbedaannya Sebelum Melakukan Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 07-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c9b5ba16135ac7659e4e171d7285ddc7_x_Thumbnail800.jpg

Tanpa kita sadari, teknologi kini telah menjamah di berbagai industri hingga instansi pemerintahan. Semua aktivitas menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi. Misalnya kegiatan berbelanja sekarang bisa melalui smartphone dengan mengunjungi e-commerce favorit. 


Dalam pelayanan perbankan juga sekarang kita bisa membuka rekening tanpa harus mendatangi bank terkait. Instansi pemerintahan juga memanfaatkan teknologi dalam pelayanannya seperti mendaftar wajib pajak via website, kita tinggal menunggu kartu fisik wajib pajak sampai di alamat rumah. 


Aktivitas tersebut bisa menyebabkan penumpukan data yang sangat banyak yang jika dibiarkan hanya akan sia-sia. Padahal dari data kita bisa mendapatkan informasi yang berguna jika diolah dengan metode atau teknik yang tepat. 


Bagaimana menerapkan metode statistik yang tepat? Nah, seorang peneliti wajib tahu metode apa yang tepat untuk mengolah datanya, yang pertama pahami dulu macam-macam metodenya. Penelitian statistik menggunakan metode statistik dalam pengolahan datanya. Ada juga software yang bisa digunakan untuk penelitian statistik tersebut, paling umum adalah Excel. 


Namun untuk big data, Excel tidak cukup kuat sehingga perlu software yang memang mampu mengolah big data seperti SPSS. Bagaimana dengan statistika? Nah, kali ini kita akan bahas perbedaan statistik dan statistika. Penasaran? Simak artikel ini sampai akhir, ya!


1. Pengertian Statistika

statistik

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari statistik yang mencakup bagaimana melakukan pengumpulan data, mengolah data, melakukan analisis data, hingga menyajikan hasil pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang lain. Hasil pengolahan data yang disajikan tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan selanjutnya. Ilmu statistika ini mempelajari data yang ada di masa lalu dalam menentukan langkah kedepannya. Data-data bisa kita dapatkan misalnya dari Badan Pusat Statistik yang menyediakan website dengan berbagai macam data yang dapat diakses siapa saja seperti data ekspor impor, data kondisi ekonomi, dan sebagainya. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Pengertian Statistik

statistik

Menurut Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc. statistik adalah suatu pengetahuan yang berhubungan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, dan juga penarikan kesimpulan dengan berdasarkan kumpulan data serta penganalisisan yang dilaksanakan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah data berupa angka-angka yang dikumpulkan, dikelompokkan, serta ditabulasi sehingga menunjukkan informasi atau kesimpulan terkait persoalan. Dari pengertian-pengertian diatas, bisa disimpulkan bahwa statistik merupakan data yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan untuk memperoleh informasi yang berguna. Jadi perbedaannya dengan statistika yaitu statistika merupakan ilmunya dan statistik merupakan datanya. 


3. Metode Statistika

statistik

Statistika menyediakan metode yang lebih mengacu pada analisis matematis yang digunakan dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data yang terbatas seperti regresi, mean, median, korelasi, analisis frekuensi, dan sebagainya. Karena Ketika statistika lebih menjurus pada perhitungan matematis maka wajib memahami dan menggunakan rumus dan logika. Metode ini bisa kamu temukan di tool seperti Excel. Ada banyak fungsi dan formula yang berkaitan dengan statistika. Statistika ini juga termasuk dalam ilmu yang menjadi bagian terbentuknya data science, loh. Metode statistika dapat digunakan tergantung pada karakteristik data. Pemilihan metode yang sesuai akan mempengaruhi pengambilan kesimpulan yang tepat.


4. Metode Statistik

statistik

Analisis deskriptif merupakan salah satu metode statistik yang sering digunakan dalam penelitian. Metode analisis deskriptif adalah metode statistik yang digunakan untuk menyajikan data secara deskriptif atau narasi dengan apa adanya. Metode ini termasuk dalam jenis pengolahan data kuantitatif. Metode analisis deskriptif akan memberikan gambaran terhadap suatu kumpulan data. Adapun teknik statistik yang diterapkan dalam analisis deskriptif yaitu mean, median, modus, minimum, maksimum, skewness, dan varians. Metode analisis deskriptif dapat dibagi kedalam empat jenis utama yaitu sebagai berikut:

  • Ukuran frekuensi untuk menunjukkan seberapa sering suatu kejadian terjadi.

  • Ukuran tendensi sentral untuk menunjukkan bagaimana respon rata-rata atau yang paling umum ditunjukkan dari suatu data.

  • Ukuran dispersi atau variasi untuk mengetahui penyebaran suatu data.

  • Ukuran posisi untuk membandingkan antar nilai yang dinormalisasi.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Statistik untuk Data Science untuk Bekal Karir Data

Perlu diketahui bahwa data science merupakan ilmu yang terdiri dari bidang ilmu matematika, statistik, dan pemrograman. Pada dasarnya data science ini mempermudah kita dalam mengolah berbagai jenis data dengan menggabungkan ilmu statistik dan teknologi. 


Software yang digunakan antara lain ada SPSS, Python, dan R. Kamu bisa belajar mengolah data dengan menggunakan Python dan R secara gratis. Caranya pun mudah, cukup mendaftar di DQLab.id untuk akses modul gratisnya dan dapatkan sertifikat setelah penyelesaian modul. Materinya juga mudah dipahami oleh pemula tanpa background STEM. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!