BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 40 Menit 23 Detik 

Statistik vs Statistika Serupa Tapi Tak Sama

Belajar Data Science di Rumah 13-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2b7960e6135e86fd17d20c647f4b1d53_x_Thumbnail800.jpg

Statistik vs Statistika? Memang apa perbedaannya? Meski terlihat sama, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang wajib kamu ketahui. Statistik dan statistika memang lazim digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Terutama berkaitan dengan data, namun sesungguhnya orang-orang jarang menyadari bahwa keduanya memiliki makna yang berbeda. Masih ada yang salah tentang memahami kedua istilah tersebut. Untuk itu, agar tidak salah lagi penting untuk memahami perbedaan statistik dan statistika lebih lanjut. 

 

Sederhananya statistik adalah bagian dari data suatu populasi berupa angka yang dikumpulkan dan diolah agar menjadi suatu informasi yang dapat bermanfaat. Sementara statistika adalah ilmu yang  dapat merealisasikan statistik itu sendiri. Untuk lebih lanjut akan kami bahas dalam artikel ini. Jadi, jangan beranjak dan langsung saja baca artikel ini sampai selesai ya!


1. Mengenal Statistik VS Statistika

statistik

Sebelum pembahasan lebih dalam, mari kita mengenal makna atau pengertian antara statistik dan statistika itu sendiri. Mari mulai dari pengertian statistik terlebih dahulu, statistik adalah hasil data yang ditampilkan dalam bentuk tabel hingga grafik. Berdasarkan KBBI statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikelompokkan, dikumpulkan serta di tabulasi. Sehingga akan didapatkan informasi yang berkaitan dengan masalah tertentu. 


Data dan informasi tersebut biasanya diperoleh dari pengumpulan data melalui wawancara maupun metode pengumpulan data lainnya. Adapun pengertian statistika adalah metode atau sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, merencanakan, menginterpretasi dan menganalisa data. Tujuannya untuk mempresentasikan hasil data yang diperoleh. Sederhananya, statistik adalah hasil datanya sedangkan statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang proses mendapatkan hasil data statistik itu tadi.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Tujuan Statistik VS Statistika

Setelah kamu memahami perbedaan statistik dan statistika berdasarkan pengertiannya. Selanjutnya kamu bisa melihat perbedaan kedua istilah tersebut berdasarkan tujuannya. Meskipun kedua istilah tersebut saling berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan serta interpretasi data. Namun sebenarnya tujuan statistik dan statistika itu berbeda. Seperti dijelaskan sebelumnya, statistik merupakan hasil data yang ditampilkan dalam bentuk tabel hingga grafik. 


Tujuan statistik adalah untuk mendapatkan gambaran data yang telah dikumpulkan dan dikaji sebelumnya agar bisa ditarik kesimpulannya. Sedangkan statistika memiliki tujuan untuk mengubah data serta informasi acak menjadi sebuah data statistik yang bisa dipahami.


statistik


3. Metode Statistik VS Statistika

Selain pengertian dan tujuan statistik vs statistika adalah dengan melihat metode yang digunakan. Dalam statistik metode yang digunakan adalah dengan memperoleh data-data terlebih dahulu yang didapat dan diolah pada proses statistika. Singkatnya, metode yang digunakan pada statistik lebih banyak bersifat interpretatif atas statistik apa yang telah dikeluarkan dari pengolahan dengan menggunakan metode statistika. 


Sementara itu statistika menggunakan metode penelitian survei dan eksperimen. Kedua metode ini mempelajari perilaku respon yang diakibatkan oleh perubahan penjelas maupun pengaruhnya. Perbedaannya hanya dalam pelaksanaan dari proses kajian itu, metode yang digunakan pada statistika lebih berfokus pada pengolahan serta pengolahan data yang sudah dikumpulkan. Hasil data ini nantinya akan dikeluarkan menjadi statistik.


4. Contoh Statistik VS Statistika

statistik

Yang terakhir kamu harus memahami contoh penerapannya antara statistik dan statistika. Agar kamu bisa semakin paham terhadap konsep kedua istilah tersebut. Adapun contoh statistik pada kehidupan sehari-hari:

  • Data kepemilikan kendaraan bermotor di wilayah tertentu

  • Data kependudukan dan perekonomian miliki BPS

  • Data kependudukan suatu desa melalui survei

  • Data guna lahan kabupaten tertentu yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanahan

Adapun contoh statistika pada kehidupan sehari-hari:

  • Pengolahan data kependudukan kawasan tertentu untuk menentukan transisi demografi

  • Menemukan median usia penduduk pada suatu desa

  • Prediksi penduduk dimasa depan dengan memanfaatkan proyeksi penduduk aritmatik

  • Menemukan rata-rata serta standar deviasi atas nilai ujian mahasiswa


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Statistik dan Persiapkan Karir Sebagai Data Scientist, Yuk!

Gimana sahabat DQ, setelah membaca artikel diatas jangan sampai salah lagi ya untuk membedakan antara statistik dengan statistika. Memilih statistik sebagai langkah awal untuk belajar data science adalah langkah yang tepat. 


Kini belajar otodidak bisa lebih terstruktur dan terarah bersama DQLab. Tanpa perlu takut overdosis informasi dan kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :