MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 32 Menit 20 Detik 

Statistik vs Statistika, Simak Perbedaannya!

Belajar Data Science di Rumah 07-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eb19dcb0c161cc4347e396dcf29a0c7a_x_Thumbnail800.jpg

Statistika mulai diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia sejak sebelum masehi dan berkembang seiring dengan berkembangnya peradaban manusia. Mulai dari pencatatan kelahiran, kematian, serta pernikahan. Selain itu, pemanfaatan teori probabilitas juga menjadi hal yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun pada saat itu, mereka yang menggunakannya belum menyadari bahwa yang sedang digunakan itu adalah bagian dari ilmu statistika.


Statistika pertama kali disebut oleh seorang Matematikawan asal Jerman, Gottfried Achenwall (1719-1772). Baru lah kemudian mulai dipopulerkan oleh John Sinclair (1791-1799) pada buku karangannya, yaitu Statistical Account of Scotland pada abad ke 18. Dalam ilmu statistika, kita juga mengenal istilah statistik. Bagi sebagian orang yang masih awam, statistik dan statistika kerap kali dianggap sama, namun sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda. Kira-kira apa saja sih perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya!


1.Hubungan Probabilitas dan Statistika

Statistik

Berbicara tentang statistik dan statistika, tentu akan sangat erat kaitannya dengan probabilitas. Statistika mulai dibutuhkan ketika adanya ketidakpastian dan adanya variasi. Sementara probabilitas berhubungan erat dengan peristiwa yang tidak pasti. Hal inilah yang kemudian membuat probabilitas atau peluang memegang peranan penting dalam statistika. Setiap pengukuran atau pengumpulan data yang sama dilakukan belum tentu akan menghasilkan hasil yang sama. Dalam statistika, nilai peluang berada di antara 0-1, semakin besar angka probabilitas yang ada, maka peluang suatu kejadian akan terjadi juga akan semakin besar. Begitu pun sebaliknya, semakin kecil nilai probabilitas, maka peluang untuk terjadinya suatu kejadian akan semakin kecil.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Sampel dan Populasi

Statistik

Proses pengumpulan data juga akan berkaitan dengan sampel dan populasi. Jumlah orang yang dijadikan responden dalam penelitian juga akan mempengaruhi metode yang dipilih juga hasil dari penelitian. Populasi sendiri merupakan sekumpulan data yang memiliki karakteristik yang sama, sementara sampel sendiri merupakan bagian dari populasi. Antara populasi dan sampel akan memiliki karakteristik yang berbeda. Jika kita menggunakan sampel dalam penelitian, maka kita harus mencari estimasi untuk populasi dengan memanfaatkan data dari sampel.


3.Pengertian Statistik

Statistik

Statistik sendiri merupakan karakteristik yang dimiliki oleh sampel. Misalkan peneliti memiliki sedikit informasi dari sekumpulan data, itu bisa disebut sebagai statistik, atau jika seandainya kita hanya mengetahui sesuatu dari 10% orang, itu juga bisa dinamakan sebagai statistik. Statistik akan berlawanan dengan parameter, karena parameter merupakan karakteristik dari populasi. Menurut Sutrisno Hadi, statistik merupakan teknik mengolah data dan menarik kesimpulan dan keputusan yang logis dari pengolahan data.


4.Sekilas Tentang Statistika

Berbeda dengan statistik, statistika sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang data dan statistik, mulai dari tahap awal hingga akhir. Tahap awal dimulai dari proses perencanaan data, kemudian dilanjutkan dengan proses mengumpulkan data, menganalisis data, menyimpulkan, menyajikan, hingga menginterpretasikan data. Statistik dan statistika merupakan suatu hal yang berbeda, meskipun saling berkaitan. Perbedaan antara statistik dan statistika dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya adalah:

Statistik


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Analisis Data di DQLab, Yuk!

Setelah membaca pemaparan di atas, kamu tidak boleh salah lagi menyebut statistika dan statistik ya! Kamu juga bisa mempelajari proses analisis data lebih lanjut di DQLab, loh. Nah, DQLab sendiri merupakan lembaga kursus khusus untuk bidang Data Science yang dilakukan secara online. 


Ada banyak modul yang ditulis dalam bahasa yang ringan dan menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, seperti R, Python, dan SQL. Selain modul premium, kamu juga bisa menikmati free modul, loh. Yuk, tunggu apalagi, daftar di DQLab dan nikmati semua modul yang ada!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!