PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 40 Menit 15 Detik 

Statistika dan Data Science, Apa bedanya?

Belajar Data Science di Rumah 22-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/235972105da397e3339e2be49f3a252d_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi yang canggih pada masa kini mendorong perkembangan informasi yang cepat pula. Informasi atau data saat ini sangat mudah didapatkan dan cepat diakses. Hal ini lah yang menjadi salah satu pencetus munculnya istilah big data. Big data merupakan suatu kumpulan data yang sangat besar dan perlunya proses analisis agar big data tersebut menjadi informasi yang berguna. Dalam menganalisis data seringkali kita mendengar dua istilah, yaitu statistika dan data science. Namun kita perlu mengetahui juga apakah perbedaan antara data science dengan statistika.


Data science dan statistika merupakan sama-sama cabang ilmu dari matematika. Secara umum statistika dikenal sebagai ilmu tentang data serta tentang peluang atau probabilitas. Sedangkan istilah data science pada umumnya dikenal sebagai ilmu data namun disertai dengan pengerjaan pemrograman di dalamnya. Di dalam data science pun juga mempelajari ilmu statistika. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan statistika dan data science, yuk simak artikel di bawah ini!


1. Pengertian Statistika

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai statistika, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian statistik. Statistik dan statistika memiliki pengertian yang berbeda. Statistik adalah kumpulan data yang dapat memberikan gambaran sampel. Sedangkan statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang statistik, mulai dari cara mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, menyajikan data sampai dengan menarik kesimpulan.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Pengertian Data Science

Secara umum pengertian data science adalah ilmu yang mempelajari tentang data. Namun tidak hanya sampai situ saja, data science memiliki cakupan yang lebih luas dari statistika. Data science merupakan kombinasi dari beberapa bidang ilmu seperti statistika, matematika, manajemen bisnis, sistem informasi, dan lain-lain. Data science biasanya diterapkan pada big data dengan menggunakan algoritma yang sesuai dengan keadaan data tersebut.  Seseorang yang memahami data science disebut dengan data scientist.


3. Perbedaan Data Science dan Statistika

Setelah kita mengetahui masing-masing pengertian dari statistika dan data science, tentunya beberapa dari kita ada yang bertanya. Kira-kira apakah perbedaan di antara keduanya? Perbedaannya adalah pada data science perlu memiliki kemampuan programming yang cukup serta memiliki keahlian tambahan di bidang-bidang tertentu seperti bisnis, finance, psikologi, dan lain-lain. Serta secara umum alur kerja data science adalah sebagai berikut : 1) data collection, 2) data exploration, 3) model training dan testing, 4) visualisasi dan interpretasi, dan 5) model implementasi.

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Tahu Kah Sahabat DQ Bahwa Statistika juga Berkorelasi dengan Machine Learning?

Dari penjabaran diatas Statistika tidak hanya digunakan untuk mengolah data, statistika juga diimplementasikan dalam beberapa proses dalam data science lho, diantaranya adalah :

  • Proses Data Cleansing
  • Proses Exploratory Data Analysis
  • Pemodelan Machine Learning
  • Pembuatan Visualisasi Data
“Dalam mengambil kesimpulan dari sebuah data, tentunya membutuhkan metode dan perhitungan yang tepat. Metode tersebut adalah statistika. Sehingga dengan mempelajari statistika, tentunya pengambilan keputusan akan lebih matang." Shella Theresya P. selaku Data Scientist di Astra Heavy Equipment Group
Ingin tahu lebih lanjut mengenai statistika dan Machine Learning? Yuk pelajari lebih dalam mentang Statistika dan korelasinya dengan Machine Learning lewat Free Talkshow DQLab!


Klik button dibawah untuk join Free Talkshownya ya!


Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!