GRAB IT FAST! Belajar Data Science 6 Bulan Hanya Rp. 149.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQCEPATBerakhir 2 Days 6 Jam : 7 Menit : 21 Detik

Statistika dan Data Science, Apa bedanya?

Statistika dan Data Science, Apa bedanya?

Belajar Data Science di Rumah 22-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/235972105da397e3339e2be49f3a252d_100_persen.jpg

Perkembangan teknologi yang canggih pada masa kini mendorong perkembangan informasi yang cepat pula. Informasi atau data saat ini sangat mudah didapatkan dan cepat diakses. Hal ini lah yang menjadi salah satu pencetus munculnya istilah big data. Big data merupakan suatu kumpulan data yang sangat besar dan perlunya proses analisis agar big data tersebut menjadi informasi yang berguna. Dalam menganalisis data seringkali kita mendengar dua istilah, yaitu statistika dan data science. Namun kita perlu mengetahui juga apakah perbedaan antara data science dengan statistika.


Data science dan statistika merupakan sama-sama cabang ilmu dari matematika. Secara umum statistika dikenal sebagai ilmu tentang data serta tentang peluang atau probabilitas. Sedangkan istilah data science pada umumnya dikenal sebagai ilmu data namun disertai dengan pengerjaan pemrograman di dalamnya. Di dalam data science pun juga mempelajari ilmu statistika. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan statistika dan data science, yuk simak artikel di bawah ini!


1. Pengertian Statistika

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai statistika, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian statistik. Statistik dan statistika memiliki pengertian yang berbeda. Statistik adalah kumpulan data yang dapat memberikan gambaran sampel. Sedangkan statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang statistik, mulai dari cara mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, menyajikan data sampai dengan menarik kesimpulan.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Pengertian Data Science

Secara umum pengertian data science adalah ilmu yang mempelajari tentang data. Namun tidak hanya sampai situ saja, data science memiliki cakupan yang lebih luas dari statistika. Data science merupakan kombinasi dari beberapa bidang ilmu seperti statistika, matematika, manajemen bisnis, sistem informasi, dan lain-lain. Data science biasanya diterapkan pada big data dengan menggunakan algoritma yang sesuai dengan keadaan data tersebut.  Seseorang yang memahami data science disebut dengan data scientist.


3. Perbedaan Data Science dan Statistika

Setelah kita mengetahui masing-masing pengertian dari statistika dan data science, tentunya beberapa dari kita ada yang bertanya. Kira-kira apakah perbedaan di antara keduanya? Perbedaannya adalah pada data science perlu memiliki kemampuan programming yang cukup serta memiliki keahlian tambahan di bidang-bidang tertentu seperti bisnis, finance, psikologi, dan lain-lain. Serta secara umum alur kerja data science adalah sebagai berikut : 1) data collection, 2) data exploration, 3) model training dan testing, 4) visualisasi dan interpretasi, dan 5) model implementasi.

Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!