BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 9 Jam 55 Menit 37 Detik 

Statistika Menurut Ahli, Skala Data, dan Jenis Analisis

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/70122f42dcc62061cbae64a1b2bb09da_x_Thumbnail800.jpg

Statistika merupakan satu-satunya ilmu yang berhubungan erat dengan data. Data adalah segala sesuatu yang memuat informasi. Seiring perkembangan teknologi digital yang melahirkan banyak data, jenis data yang bisa dimanfaatkan tidak lagi berbentuk angka saja. Secara garis besar, data yang ada dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu data terstruktur, data semi terstruktur, dan data tidak terstruktur. Meskipun datanya berupa gambar, video, atau data lainnya yang berbentuk non angka, dalam proses perhitungannya, komputer juga akan mengkonversi data tersebut menjadi bentuk-bentuk angka yang bisa merepresentasikan setiap bagian. 


Begitu kamu memutuskan untuk mempelajari tentang statistika, maka kamu pasti akan belajar tentang data dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan, pengumpulan, melakukan analisis data, menyajikan data, hingga menginterpretasikan data. Setiap tahapan pemrosesan data tersebut pasti akan melibatkan ilmu statistika. Nah, agar kamu lebih mengenal statistika, dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian statistika menurut para ahli, tujuan, skala data yang ada dalam statistika, serta jenis analisis data. Penasaran? Yuk, simak artikelnya!


1. Pengertian Statistika Menurut Ahli

Statistik

Setelah memahami pengertian statistika secara umum, kita juga perlu mengetahui pengertian statistika menurut para ahli, beberapa ahli yang mengeluarkan pendapatnya mengenai pengertian statistika adalah:

  • Anderson dan Bancroft

    Statistik merupakan ilmu serta seni dalam mengembangkan metode yang paling efektif untuk mengumpulkan, mentabulasi, dan menafsirkan data kuantitatif sedemikian rupa sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan menggunakan penalaran induktif berdasarkan probabilitas matematika (peluang).

  • Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc.

    Statistik merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, serta penarikan kesimpulan dengan berdasarkan kumpulan data serta penganalisisan yang dilaksanakan.

  • Prof. Dr. H. Agus Irianto

    Statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

 

Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Tujuan Statistika

statistik

Penggunaan statistika tentu memiliki tujuan tertentu, beberapa tujuan tersebut adalah:

  • Digunakan untuk mendeskripsikan data atau populasi yang sedang diteliti. Hal ini bisa memanfaatkan analisis statistik yang paling sederhana.

  • Mengestimasi nilai untuk populasi, berdasarkan data sampel yang akan dianalisis.

  • Estimasi yang telah dibuat akan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan, namun harus tetap melewati proses pengujian hipotesis.

  • Untuk mempermudah mendapatkan kesimpulan bagi populasi hanya dengan memanfaatkan data sampel yang kecil.


3. Skala Data dalam Statistika

statistik

Dalam statistika, terdapat 4 skala data yang tersedia, yaitu:

  • Nominal, merupakan skala data yang digunakan untuk membedakan data saja tanpa melihat adanya tingkatan di dalam data, misalnya data berupa warna. Skala data ini merupakan data kategorik.

  • Ordinal, merupakan skala data yang digunakan untuk membedakan data dan juga memperhatikan tingkatan dari data. Misalnya tingkat pendidikan seseorang (SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi). Skala data ini juga termasuk ke dalam kategori data kategorik.

  • Interval, merupakan skala data yang digunakan untuk membedakan dan memiliki tingkatan, serta datanya berbentuk interval. Biasanya data ini merupakan data numerik. Contohnya adalah data pengukuran tinggi badan.

  • Rasio, merupakan skala data yang paling lengkap, dimana skala data ini bersifat membedakan, memiliki urutan, datanya berupa interval, serta memiliki nilai nol mutlak. Artinya angka nol dianggap sebagai data yang berarti. Misalnya, suhu 0 derajat artinya dingin sekali.


4. Jenis Analisis Statistika

statistik

Berdasarkan jenis data yang ada, jenis analisis statistika bisa dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu:

  • Analisis Data Kuantitatif, merupakan jenis analisis data yang memanfaatkan data yang berbentuk kuantitatif atau berupa angka. Data kuantitatif merupakan data yang berfokus pada jumlah data yang dimiliki. Semakin banyak data yang ada, maka hasil penelitian yang didapatkan akan semakin lengkap. Karena berfokus pada kuantitas, sehingga peneliti yang mengumpulkan data ini tidak akan menanyakan alasan responden dalam memilih pilihan yang ada.

  • Analisis Data Kualitatif, merupakan jenis analisis data yang menggunakan data non numerik atau data yang sulit untuk diterjemahkan ke dalam data numerik. Biasanya analisis data kualitatif akan banyak digunakan dalam penelitian sosial. Penelitian ini lebih berfokus pada kualitas dibandingkan kuantitas. Semakin dalam peneliti bisa mengorek informasi dari respondennya, maka datanya akan semakin lengkap.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Pelajari Ilmu Statistika di DQLab, Yuk!

Jika kamu bingung mencari tempat untuk mempelajari Statistika, kamu bisa memilih DQLab. DQLab merupakan lembaga kursus yang mempelajari tentang Data Science. Karena Data Science berhubungan erat dengan Statistika, sehingga kamu juga bisa menikmati modul Statistika juga setelah bergabung menjadi premium member. Modul tersebut berjudul œStatistics using R for Data Science yang ada di modul R dan œStatistics using Python for Data Science part 1 serta œStatistics using Python for Data Science part 2 yang ada di modul Python.


Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati free modul bahasa R dan juga Python loh. Caranya gampang banget, kamu isi form dibawah ini, lalu pilih modul yang memilih label œGratis.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :