DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 29 Menit 7 Detik 

Step Teknik Analisis Data Penelitian Deskriptif Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 09-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cde3cf7422ab0de0e4d301425819fa56_x_Thumbnail800.jpg

Kegiatan penelitian merupakan sesuatu yang tidak asing lagi pada zaman ini, baik itu penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Kegiatan penelitian pun pasti melalui proses analisis data yang menggunakan teknik analisis data, salah satu yang sering digunakan dalam penelitian kualitatif adalah teknik analisis data deskriptif. Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah teknik analisis data yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap fenomena atau kejadian yang sedang diteliti baik berupa perilaku, persepsi, tindakan, motivasi, atau lainnya.


Teknik analisis data deskriptif tidak hanya dilaksanakan pada penelitian kualitatif saja, akan tetapi dapat diterapkan juga pada penelitian kuantitatif. Perbedaan dari keduanya adalah jika pada penelitian kualitatif lebih menggambarkan fenomena atau kejadian yang diteliti, sedangkan pada penelitian kuantitatif analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui gambaran keseluruhan data seperti nilai rata-rata, nilai tengah dan lainnya tanpa menarik kesimpulan secara umum. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengetahui langkah-langkah penelitian deskriptif.


1. Merumuskan Masalah

Rumusan masalah merupakan tulisan singkat yang berisi pertanyaan spesifik terkait topik atau tema yang diangkat oleh peneliti. Jawaban dari rumusan masalah ini yang akan  menjadi hasil penelitian. Rumusan masalah terbagi menjadi tiga jenis yaitu deskriptif (menanyakan suatu hal), komparatif (membandingkan dua hal atau lebih) dan asosiatif (menanyakan hubungan antara dua hal). Rumusan masalah perlu dibuat dengan baik dan benar. Terdapat beberapa cara membuat rumusan masalah yang baik, yaitu dapat dilihat pada gambar berikut.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Teknik Analisis Data yang Pemula Wajib Coba


2. Memilih Data

Data merupakan salah satu komponen penting dalam penelitian. Data berisi informasi terkait sesuatu hal yang berkaitan dengan penelitian. Dalam memilih data penelitian perlu diketahui terlebih dahulu jenis data apa yang digunakan apakah data kualitatif atau data kuantitatif. Sesuai dengan jenis datanya, data kualitatif digunakan pada penelitian kualitatif. Dan data kuantitatif digunakan pada penelitian kuantitatif. Data pada penelitian akan membantu dalam menjawab rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya.  

Teknik Analisis Data


3. Memilih Teknik Pengumpulan Data

Data yang digunakan dalam penelitian haruslah data yang berkualitas. Data yang baik atau berkualitas ini dapat diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang sesuai, apakah dengan cara wawancara, menyebarkan kuesioner, studi dokumen, studi pustaka dan lain-lain. Selain itu pada pengumpulan data pun dapat dilaksanakan dengan mengambil data sendiri secara langsung atau mengambil data melalui pihak yang telah mengumpulkannya sebelumnya baik lembaga swasta maupun lembaga pemerintahan.

Teknik Analisis Data


4. Kesimpulan Penelitian

Kesimpulan penelitian dapat dikatakan sebagai tahapan terakhir sebelum presentasi atau visualisasi data. Pada bagian ini peneliti akan menarik kesimpulan dari penelitian deskriptif. Adapun cara pelaksanaannya dapat dengan menggabungkan dari setiap jawaban yang telah didapatkan kemudian diringkas dalam satu kesimpulan. Dengan cara seperti itu maka kesimpulan akan bisa dirinci secara sederhana dan menyeluruh. Lalu setelah menarik kesimpulan selanjutnya hasil kesimpulan dapat dipresentasikan dan disampaikan dengan singkat, padat dan jelas.

Teknik Analisis Data


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Kenali Dasar Teknik Analisis Data bersama DQLab!


Teknik analisis data merupakan langkah penting dalam kegiatan penelitian, terdapat beberapa teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Untuk mengenali dasar-dasar teknik analisis data kita bisa sama-sama belajar di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :